6 Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala di Malam Hari, Begini Menurut Penelitian
Ilustrasi seorang perempuan yang sedang tertidur lelap di malam hari (nih.gov)
13:04
25 Oktober 2024

6 Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala di Malam Hari, Begini Menurut Penelitian

- Banyak cara seseorang untuk berada pada fase tidur nyenyak. Kadang orang tidak dapat tidur dengan lampu mati, atau mereka tidak bisa tidur lelap dengan lampu menyala.

Namun menurut penelitian, tidur dengan lampu mati memberikan efek nyeyak daripada tidur dengan lampu menyala. Selain itu tidur dengan lampu menyala juga memiliki dampak yang bahaya.

Dilansir dari healthline.com dan sleepfoundation.org tedapat 6 bahayanya tidur dengan lampu menyala, simak apa aja:

1. Mata tegang
Tingkat cahaya sekitar yang rendah saat tidur telah dikaitkan dengan ketegangan mata, yang mengakibatkan rasa nyeri, lelah, dan tidak nyaman pada mata, serta kesulitan berkonsentrasi.

2. Obesitas
Menyalakan lampu saat tidur tampaknya memengaruhi pengaturan metabolisme sirkadian, sehingga meningkatkan risiko kenaikan berat badan meskipun tidur itu sendiri tidak terganggu.

Dalam sebuah penelitian selama lima tahun, perempuan yang tidur dengan lampu atau TV menyala cenderung mengalami kenaikan berat badan 10 pon atau lebih, bahkan setelah mengendalikan faktor-faktor yang berkaitan dengan pola makan dan kebiasaan olahraga mereka.

3. Resiko kanker
Sebuah studi observasional menemukan adanya hubungan antara orang-orang yang rumahnya memiliki tingkat cahaya buatan yang tinggi di malam hari dan risiko kanker payudara dan prostat.

Studi ini tidak menunjukkan hubungan sebab akibat, dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami korelasi ini.

4. Depresi
Tidur dengan lampu menyala telah dikaitkan dengan depresi. Cahaya biru dari perangkat elektronik mungkin memiliki efek terburuk pada suasana hati Anda.

Kurang tidur juga dapat menyebabkan suasana hati yang buruk dan mudah tersinggung. Anak-anak yang tidak cukup tidur mungkin lebih hiperaktif.

5. Gangguan jantung
Penelitian awal menunjukkan bahwa bahkan cahaya redup saat tidur dapat memengaruhi fungsi jantung.

Tidur dengan lampu menyala terbukti dapat meningkatkan denyut jantung dan risiko tekanan darah tinggi pada beberapa kelompok. Perubahan ini meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Dokter menyarankan orang-orang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan meminimalkan atau menghilangkan paparan cahaya di malam hari dan meningkatkan paparan cahaya alami di siang hari.

6. Diabetes
Para ahli juga menemukan hubungan antara tidur dengan lampu menyala dan diabetes.

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa resistensi insulin dapat meningkat saat orang tidur dengan lampu menyala.

Resistensi insulin merupakan kondisi saat tubuh tidak memproses gula secara efektif dan merupakan faktor risiko diabetes.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #bahaya #tidur #dengan #lampu #menyala #malam #hari #begini #menurut #penelitian

KOMENTAR