5 Hal yang Paling Ditakuti oleh Seorang INFJ, Tipe Kepribadian MBTI Paling Langka
5 hal yang paling ditakuti oleh seorang INFJ. (Foto : calmsage.com)
08:12
26 Februari 2024

5 Hal yang Paling Ditakuti oleh Seorang INFJ, Tipe Kepribadian MBTI Paling Langka

INFJ adalah salah satu dari 16 Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), yang jumlahnya sekitar 1 hingga 2 persen saja dari seluruh populasi.

INFJ merupakan singkatan dari empat karakteristik inti yakni Introversion (I), Intuition (N), Feeling (F) dan Judgement (J).

Keempat karakteristik inti ini menggambarkan fungsi kognitif yang paling sering digunakan oleh seorang yang berkepribadian INFJ untuk menjalani kehidupan.

Sama seperti tipe kepribadian lainnya, INFJ berjuang keras untuk mengatasi kekurangan dan ketakutan mereka akan sesuatu dalam diri mereka.

Lalu, apa saja hal-hal yang umumnya ditakuti oleh seorang INFJ?

Dilansir dari infjmalepsychology.com, Senin (26/2), berikut 5 hal yang paling ditakuti oleh seorang INFJ.

1. INFJ takut tidak memiliki cukup waktu untuk mencapai potensi maksimalnya

Konsep waktu adalah sesuatu yang tampaknya sangat penting bagi INFJ. Sebagai seorang idealis, INFJ cenderung menetapkan tujuan hidup ketat bagi diri mereka sendiri dan dengan penuh semangat berani mengejarnya.

Mereka mempunyai kesadaran yang kuat bahwa merupakan kewajiban moral mereka untuk mengembangkan dan mewujudkan sebanyak mungkin kualitas-kualitas yang ada pada diri mereka untuk memenuhi peran mereka sebagai kontributor bagi dunia yang lebih baik.

INFJ juga mengejar tujuan hidup ini demi kesejahteraan mereka sendiri dan untuk melindungi diri mereka dari kesulitan. Namun, untuk mencapainya mungkin memerlukan waktu seumur hidup.

Mereka takut tidak memiliki cukup waktu untuk mencapai potensi penuh dalam hidup mereka dan mereka terlalu takut untuk menjalani kehidupan yang membosankan, tidak berarti dan penuh penderitaan.

2. INFJ takut akan konflik

Sensitivitas INFJ dapat menjadi beban ketika mereka menghadapi suatu konflik. Sebagai orang yang sensitif, sistem saraf INFJ akan menyerap energi emosional yang muncul seperti spons.

Sensitivitas ini dapat menyebabkan kondisi yang sangat melelahkan untuk INFJ ketika mereka menghadapi sebuah konflik. Mereka mungkin akan mengalami serangan stres ketika menghadapi orang yang sedang marah atau putus asa.

INFJ takut emosi negatif orang - orang itu menular kepada mereka karena mereka terlalu sensitif. Selain itu, mereka juga takut terlibat konflik. Karena, mereka biasanya akan merasa bersalah jika membuat seseorang kesal.

3. INFJ takut akan pengkhianatan, pengabaian, dan kehilangan

Jika Anda seorang INFJ, pengabaian dari orang yang Anda cintai atau rusaknya hubungan yang berarti akan sangat terasa menyakitkan bagi Anda.

Bahkan, kepekaan INFJ membuat rasa sakit akan kehilangan sesuatu atau seseorang dalam hidup mereka menjadi semakin parah. Sehingga, hal itu dengan mudah akan menjadi pengalaman traumatis bagi mereka.

Karena tidak ingin merasakan sakit yang menyayat hati itu lagi, INFJ biasanya mengambil risiko untuk menjalani hidup dengan rasa takut. Mereka juga cenderung sangat menghindari hubungan dengan seseorang.

4. INFJ takut akan pikiran dan imajinasi gelapnya sendiri

INFJ memiliki imajinasi yang sangat gelap yang mungkin mereka takuti. Bagi seorang INFJ, satu pemikiran traumatis dapat memicu reaksi berantai terhadap pemikiran-pemikiran traumatis mereka lainnya.

Misalnya, mereka memikirkan ketakutan tentang kejadian paling menyiksa yang bisa menimpa orang yang dicintainya.

Pikiran-pikiran gelap yang menakutkan itu akan semakin besar dan sangat jelas di mata pikiran mereka hingga menyebabkan serangan stres dan kecemasan yang menyiksa.

5. INFJ takut dicap narsistik

Prototipe INFJ yang sangat perfectionist mungkin akan membuat mereka cenderung menjadi orang yang narsis. INFJ sangat menghargai integritas, kejujuran, saling menghormati, dan kesetiaan dalam hubungan.

Sehingga, saat mereka tidak memiliki semua itu, mereka akan merasa kurang. Atau saat mereka menjadi hubungan dengan orang yang tidak memiliki nilai - nilai idealis yang diimpikan seorang INFJ, mungkin mereka akan merasa sedih.

Biasanya, hal itulah yang tercermin dari seorang yang narsis secara patologis.

Narsis bentuk ini ditandai dengan rasa percaya diri yang berlebihan, egoisme, manipulasi, kurangnya empati, ketidakstabilan emosi, dan penghinaan terhadap orang lain.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #yang #paling #ditakuti #oleh #seorang #infj #tipe #kepribadian #mbti #paling #langka

KOMENTAR