5 Tips Aman Naik Bus Umum, Kenali Protokol Keselamatan dan Cara Efektif Hindari Risiko Perjalanan
Ilustrasi suasana di dalam bus umum (freepik.com)
18:00
11 Januari 2024

5 Tips Aman Naik Bus Umum, Kenali Protokol Keselamatan dan Cara Efektif Hindari Risiko Perjalanan

- Naik bus umum merupakan moda transportasi yang cukup populer dan nyaman, asalkan diikuti dengan protokol keselamatan untuk menghindari risiko perjalanan.

Dilansir dari dishub.kaltimprov.go.id, menyatakan bahwa bus merupakan salah satu transportasi umum yang paling sering digunakan oleh masyarakat.

Naik bus umum di tengah padatnya mobilitas perkotaan, penting bagi penumpang untuk memahami protokol keselamatan dan mengetahui langkah pencegahan.

Berikut 5 tips aman naik bus umum, untuk memastikan perjalanan tetap nyaman, aman, dan selamat sampai tujuan.

1. Kenali Trayek dan Jadwal Bus

Pastikan sebelum naik bus, paham mengenai trayek dan jadwal keberangkatan bus yang akan dinaiki. Rencanakan perjalanan dan perhatikan jadwal keberangkatan dan kedatangan.

Hal tersebut dimaksud untuk menghindari lamanya menunggu bus dan membuat kerumunan di antara calon penumpang, yang memungkinkan untuk terjadi pencurian di tengah keramaian.

Oleh karena itu, untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan, penting untuk merencanakan perjalanan dan memperhatikan keberangkatan maupun kedatangan bus.

2. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Salah satu aspek terpenting agar aman saat naik bus yaitu dengan menggunakan pakaian yang nyaman, agar perjalanan lebih menyenangkan dan bebas bergerak jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Pemilihan pakaian yang nyaman bisa dengan mempertimbangkan ukuran yang tidak terlalu ketat, pilih pakaian dengan bahan yang nyaman sesuai dengan musim, pemilihan sepatu maupun kaus kaki yang sesuai dengan ukuran kaki, hingga aksesoris.

3. Memilih Tempat untuk Barang Bawaan

Pemilihan tempat untuk barang bawaan pada saat di dalam bus, adalah langkah penting agar terhindar dari kehilangan akibat pencurian.

Sebaiknya, hal yang penting untuk diperhatikan yaitu, memilih tempat yang dapat dijangkau penglihatan dan menggunakan rak bagasi jika masih tersedia

Usahakan cari tempat duduk yang dekat dengan barang bawaan, dan hindari meletakan barang di dekat pintu bus.

4. Menjaga Barang Bawaan

Membawa barang ketika naik bus umum memerlukan perhatian khusus agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

Memilih tas yang nyaman dan sesuai dengan barang bawaan akan memudahkan saat perjalanan.

Barang bawaan perlu dirapikan agar tidak ada ruang yang tersisa dan tas yang digunakan, terisi secara maksimal.

Sistem pengaman tas seperti gembok kecil juga disarankan agar tas maupun barang bawaan terlindungi secara optimal.

Selain itu, pemberian label dan meletakkan barang, menjadi solusi agar barang bawaan tidak tertukar dan masih berada di jangkauan mata.

5. Cek Barang Bawaan secara Berkala

Agar memberikan tingkat keamanan yang maksimal, disarankan untuk mengecek barang secara berulang.

Waktu yang tepat untuk melakukan pengecekan barang, biasanya dilakukan pada saat sebelum halte atau terminal pemberhentian bus.

Selain itu, pada saat turun, periksa kembali barang bawaan untuk menghindari kejadian barang yang tertukar atau ketinggalan.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #tips #aman #naik #umum #kenali #protokol #keselamatan #cara #efektif #hindari #risiko #perjalanan

KOMENTAR