Heboh Kunto Aji Jadi Linmas Pemilu 2024, Berapa Sih Gajinya?
Kunto Aji jadi linmas di TPS (Twitter/@KuntoAjiW)
11:36
15 Februari 2024

Heboh Kunto Aji Jadi Linmas Pemilu 2024, Berapa Sih Gajinya?

Banyak momen menarik yang dialami selebriti saat pelaksanaan Pemilu 2024 pada Rabu (14/2/2024). Salah satunya adalah momen Kunto Aji menjadi petugas Linmas di TPS di komplek rumahnya.

Untuk diketahui, Satlinmas (Satuan Perlindungan Masyarakat) termasuk badan Ad Hoc Pemilu. KPU menjelaskan bahwa Ad Hoc merupakan panitia khusus yang bersifat sementara dan/atau sebelum ada situasi normal.

Cerita menjadi Satlinmas Pemilu 2024 dibagikan secara lengkap oleh Kunto Aji melalui unggahan media sosial. Hal itu termasuk awal mula dirinya ditunjuk sebagai Satlinmas.

Rupanya Kunto Aji berpartisipasi menjadi petugas Pemilu 2024 oleh Ibu RT di komplek rumahnya. Karena kebetulan sedang libur, dia pun meminta posisi dengan tugas paling mudah dan akhirnya ditunjuk sebagai Satlinmas.

"Awal ceritanya aku itu jarang ikut kegiatan di komplek, gak pernah bisa. Nah ini mumpung libur, mau ikut pas diajak Bu RT," cerita Kunto Aji dikutip dari Instagram Story pada Kamis (15/2/2024).

"Dengan syarat minta yang tugasnya paling mudah karena belum pernah jadi anggota KPPS. Ya udah, ditunjuk jadi Linmas. Jadi ini beneran hahahaha," imbuhnya.

Linmas atau Satlinmas sendiri memiliki tugas terkait pengamanan pada saat hari pemungutan dan penghitungan suara dalam penyelenggaraan Pemilu di TPS. Lantas, berapa gaji Satlinmas Pemilu 2024?

Gaji Satlinmas Pemilu 2024

Besaran gaji atau honor petugas Satlinmas Pemilu 2024 tercantum dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Keuangan (Menkeu) Nomor S-647/MK.02/2022 tertanggal 5 Agustus 2022 perihal Satuan Biaya Masukan Lainnya (SBML) untuk Tahapan Pemilihan Umum dan Tahapan Pemilihan.

Berdasarkan SK tersebut, gaji Satlinmas dalam negeri di Pemilu 2024 adalah sebesar Rp700 ribu. Sementara gaji Saltinmas luar negeri adalah Rp4,5 juta. Gaji ini akan diberikan KPU setelah masa kerja mereka selesai.

Sementara itu, Kunto Aji nampak sangat antusias menjalankan tugasnya sebagai Satlinmas Pemilu 2024 kemarin. Bahkan dia sampai membeli seragam Linmas sendiri meski tidak digunakan ketika bertugas.

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #heboh #kunto #jadi #linmas #pemilu #2024 #berapa #gajinya

KOMENTAR