Menurut Psikolog, 7 Frasa Ini Sering Digunakan Orang dengan Kecerdasan Emosional Rendah Setiap Harinya
7 frasa orang dengan kecerdasan emosional rendah (Freepik)
17:24
18 Oktober 2024

Menurut Psikolog, 7 Frasa Ini Sering Digunakan Orang dengan Kecerdasan Emosional Rendah Setiap Harinya

 

Kecerdasan emosional berarti mampu mengatur emosi dan menyadari emosi orang-orang di sekitar Anda.

Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi akan memunculkan kesadaran diri dan empati, sedangkan mereka yang memiliki kecerdasan emosional rendah tidak memiliki empati.

Dilansir dari laman Your Tango oleh JawaPos.com, Jumat (18/10), berikut 7 frasa yang sering digunakan orang dengan kecerdasan emosional rendah setiap harinya:

  1.   "Saya tidak akan berubah. Inilah saya"   Jika ini adalah cara Anda menanggapi seseorang yang mengomunikasikan kelemahan Anda, maka Anda mungkin tidak memiliki kemampuan untuk keluar dari pikiran Anda dan mengevaluasi bagaimana perilaku Anda memengaruhi orang lain.

Dr. Warren menyarankan untuk mengatakan hal ini sebagai gantinya, "Saya perlu lebih memikirkan apa yang Anda katakan. Saya ingin terbuka terhadap masukan tentang diri saya, bahkan ketika masukan itu sulit untuk didengar."

  2.   "Aku tidak peduli bagaimana perasaanmu"   Jika Anda terang-terangan mengatakan kepada seseorang bahwa Anda tidak peduli dengan perasaannya, itu berarti Anda sama sekali tidak peduli dengan mereka.

Dengan mengucapkan kalimat ini, Anda  menunjukkan perilaku egois dan tidak memiliki empati untuk menempatkan diri pada posisi orang lain. Hal ini membuat sulit untuk mengembangkan hubungan yang kuat.

  3.   "Ini salahmu kalau aku merasa seperti ini"   Orang yang cerdas secara emosional memahami bahwa tidak ada orang lain yang dapat disalahkan atas perasaan mereka sendiri.

Anda bertanggung jawab atas perasaan Anda, yang didasarkan pada persepsi internal Anda tentang kehidupan Anda. Menyalahkan orang lain atas perasaan Anda adalah tanda ketidakdewasaan. 

  4.   "Kamu salah besar"   Mereka yang memiliki kecerdasan emosional rendah akan menolak untuk percaya bahwa mereka salah.

Saat menghadapi konflik dengan orang lain, penting untuk melihat kedua sisi mata uang. Tidak ada yang hitam atau putih, selalu ada area abu-abu di antaranya. Biarkan diri Anda memperluas perspektif untuk mendengarkan orang lain.

  5.   "Jangan jadi gila"   Tidak peduli seberapa tidak rasional tindakan seseorang, tindakan tersebut, lebih sering berasal dari rasa sakit hati dan emosi yang tidak didengar. 

  6.   "Aku tidak bisa memaafkanmu"   Beberapa tindakan memang sulit dimaafkan, tetapi orang yang cerdas secara emosional dapat berempati dengan orang lain yang berperilaku salah. Menolak memaafkan adalah tanda ketidakdewasaan.

Menyimpan dendam dan kemarahan dapat menguras emosi. Akan jauh lebih bermanfaat bagi Anda dalam jangka panjang jika Anda menanggapinya dengan integritas dan memilih untuk menjadi orang yang lebih dewasa.

  7.   "Perasaanmu tidak rasional"   Tidak adil dan tidak masuk akal untuk percaya bahwa perasaan orang lain tidak valid.

Beberapa orang merasakan sesuatu lebih dalam daripada yang lain, dan penting untuk membiarkan orang-orang ini merasa didengarkan.

Tidak ada perasaan yang tidak rasional. Bahkan ketika perasaan berakar dari trauma masa lalu dan pengalaman yang menyakitkan.    ***  

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #menurut #psikolog #frasa #sering #digunakan #orang #dengan #kecerdasan #emosional #rendah #setiap #harinya

KOMENTAR