Viral Renungan dari Sharukh Khan Jelang Pencoblosan: Isinya Daging Semua, Penuh Luapan Emosi!
Shah Rukh Khan (Instagram/@iamsrk)
12:41
13 Februari 2024

Viral Renungan dari Sharukh Khan Jelang Pencoblosan: Isinya Daging Semua, Penuh Luapan Emosi!

Aktor Bollywood Shah Rukh Khan sempat memberikan renungan bagi warga India jelang pemilihan suara di negaranya. Ia mengajak rakyat untuk mempertanyakan segala hal kepada calon pemimpin sebelum memberikan suara.

Hal ini diungkapkan Shah Rukh Khan dalam film action berjudul "Jawan". Potongan film ini pun menjadi viral jelang Pemilu 2024 di Indonesia. Akun media sosial Netflix Indonesia contohnya membagikan potongan video yang berisi pesan Shah Rukh Khan dalam film tersebut.

"Abangku Shah Rukh Khan mau kasih renungan, biar besok kamu nyoblos nggak asal-asalan," tulis akun X Netlfix Indonesia pada Selasa (13/2/2024).

Dalam potongan video itu, Shah Rukh Khan meminta kepada rakyat untuk melakukan kebiasaan bertanya. Khususnya bertanya tentang sistem-sistem pemerintahan yang masih bobrok sebelum memilih calon pemimpin ataupun wakil rakyat.

"Inilah permintaan terakhir dan terpenting. Hanya satu. Aku berbicara tentang kebiasaanmu. Kau punya kebiasaan mempertanyakan segalanya. Saat kau membeli bahan makanan, kau mempertanyakan apa yang kau beli. Apakah tepung ini murni? Apakah ada batu di dalam nasi? Apakah sabun ini berbusa banyak?" ucap Shah Rukh Khan.

"Jika membeli sepeda motor, kau bertanya kecepatannya. Apakah harga jualnya bagus? Bahkan ketika kau membeli pena, kau tidak mempermasalahkan apapun. Kau mempertanyakan setiap hal sepanjang waktu! Kecuali satu hal: ketika kau memilih pemerintahanmu," sambungnya.

Menurut Shah Rukh Khan, rakyat sering tidak mempertanyakan alasan mengapa memilih capres. Karena itu, ia mengajak semua calon memilih untuk bertanya segala permasalahan yang ada di negaranya, mulai dari sistem pendidikan hingga kesehatan.

"Lima jam. Kau banyak bertanya tentang obat nyamuk yang tahan lima jam. Apakah asapnya terlalu banyak? Atau baunya tidak enak? Apakah akan membunuh nyamuk? Tapi ketika kau memilih pemerintahan untuk lima tahun, kau tidak bertanya. Tidak bertanya sama sekali. Itulah mengapa permintaanku adalah pertanyakan pilihanmu," pesan Shah Rukh Khan.

Aktor Bollywood Shah Rukh Khan (Twitter/ismailfahmi)Aktor Bollywood Shah Rukh Khan (Twitter/ismailfahmi)

"Jangan memilih karena ketakutan, imbalan, atau kasta, agama atau komunitas. Pertanyakan orang-orang yang mencari suaramu. Tanyakan apa yang akan mereka lakukan dalam lima tahun ke depan. Bagaimana dengan pendidikan anakku? Bagaimana mereka membantuku mendapatkan pekerjaan? Jika aku jatuh sakit, apa yang terjadi pada keluargaku? Bagaimana mereka akan memajukan negara kita dalam lima tahun ke depan? Tanyakan... sebelum kau memilih," tegasnya.

Shah Rukh Khan melanjutkan, setiap orang memiliki kuasa untuk mewujudkan pemerintahan yang baik. Ia pun meminta masyarakat agar bijak dalam memilih calon pemimpin. Sikap itu, katanya, bisa membuat akses kesehatan menjadi lebih baik dan pemerintah bebas dari korupsi.

"Jari yang kau gunakan untuk memilih, arahkan pada mereka dan ajukan pertanyaan. Jika kau melakukan itu, sistem kesehatan kita akan membaik. Untuk membantu petani miskin, kau tidak memerlukan Vikram Rathore atau Azad. Karena suaramu sudah cukup," ucapnya.

"Kau memiliki kekuatan di ujung jarimu. Tahu siapa yang akan mendapatkan kebebasan jika kau memenuhi permintaanku? Kau. Kau. Kau. Kalian semua. Bebas dari kemiskinan. Bebas dari ketidakadilan. Bebas dari korupsi. Percayalah pada jarimu. Manfaatkan itu. Itu saja," pungkas Shah Rukh Khan.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #viral #renungan #dari #sharukh #khan #jelang #pencoblosan #isinya #daging #semua #penuh #luapan #emosi

KOMENTAR