Jangan Terburu-buru untuk Mengambil Kesimpulan, Jika Tak Mau Mengalami 4 Hal ini, Apa Saja?
Ilustrasi orang yang mengambil kesimpulan terburu-buru. (foto : freepik.com/azerbajianstockers)
13:52
17 Oktober 2024

Jangan Terburu-buru untuk Mengambil Kesimpulan, Jika Tak Mau Mengalami 4 Hal ini, Apa Saja?

- Banyak konflik terjadi dalam hidup kita yang sering disebabkan karena terburu-buru untuk mengambil kesimpulan, padahal belum tentu benar dan akhirnya jadi salah sangka.

Sebagaimana manusia adalah makhluk sosial yang selalu berhubungan dengan orang lain dalam urusan sekecil apapun. Jadi kita perlu memahami dasar-dasar berperilaku yang baik, sopan, serta jangan terburu-buru untuk mengambil kesimpulan.

Mengutip dari laman Ge Editing pada (17/10) psikologi menyarankan bahwa sebaiknya jangan terburu-buru untuk mengambil kesimpulan karena bisa menyebabkan kesalahpahaman yang tidak perlu.

Melansir dari laman Very Well Mind, kamu harus menjaga sikap tersebut jika tak mau mengalami 4 hal ini, diantaranya adalah :

1. Keyakinan Negatif

Meskipun memiliki hubungan baik dengan rekan kerja, seseorang akan mudah percaya bahwa mereka tidak menganggapnya pintar atau cakap seperti karyawan lainnya.

Bahkan ketika ia ini diberi tugas untuk sebuah proyek penting yang sangat ingin dikerjakan, dengan mudahnya berkata pada dirinya sendiri, "Mereka semua menganggap saya bodoh. Saya hanya tahu bahwa saya akan membuat kesalahan dan merusak keseluruhan proyek ini."

2. Membuat Asumsi Sendiri

Ketika seseorang mengalami serangan panik saat bekerja di depan beberapa rekan kerjanya, dia akan mudah berasumsi bahwa rekan kerjanya berpikir negatif tentang dirinya karena kecemasan.

3. Memprediksi Tanggapan

Contohnya jika seorang pria ingin mengajak perempuan berkencan tetapi berasumsi bahwa mereka akan mengatakan tidak, dan pada akhirnya dia tidak pernah bertanya bersedia atau tidak.

4. Menyabotase Kesuksesan

Ketika kamu pernah merasa akan gagal dalam ujian matematika sebesar apapun upaya yang lakukan untuk mempersiapkannya, hal tersebut akibat dari pikiran mereka bahwa kegagalan itu tidak dapat dihindari, hingga pada tidak belajar dan tidak memberikan upaya penuh selama ujian.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk komunikasikan segala hal yang ada dihati atau pikiran. Jangan sampai terus menerus berpikiran negatif dan akhirnya diri sendiri yang kewalahan.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #jangan #terburu #buru #untuk #mengambil #kesimpulan #jika #mengalami #saja

KOMENTAR