Bebas Was-Was Saat Nonton Konser di Luar Negeri, Pastikan 5 Hal Ini Sudah Dipersiapkan
Ilustrasi Nonton Konser di Luar Negeri (Pixabay/StockSnap)
13:18
11 Januari 2024

Bebas Was-Was Saat Nonton Konser di Luar Negeri, Pastikan 5 Hal Ini Sudah Dipersiapkan

Tertarik untuk nonton konser di luar negeri? Tahun 2024 ini, sederet artis dan musisi luar negeri telah mengumumkan jadwal konsernya di beberapa negara tetangga Indonesia.

Misalnya saja Ed Sheeran, Taylor Swift, dan Coldplay yang akan tampil dalam waktu dekat di Singapura. Kemudian ada pula Bruno Mars yang akan konser di Singapura dan Bangkok di bulan Maret dan April, serta grup band legendaris Queen dan Adam Lambert yang akan menggelar konsernya di Jepang bulan Februari mendatang.

Meski terlihat mahal dan menghabiskan uang banyak, beberapa orang memilih nonton konser di luar negeri karena alasan vibes yang berbeda dibandingkan menontonnya di dalam negeri. Atau, bisa juga karena artis tersebut memang tidak punya jadwal konser di Indonesia.

Nah, buat kamu yang ingin mencicipi pengalaman nonton konser di luar negeri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mariani Solihah, Chief Distribution Officer Allianz Utama Indonesia, memberikan beberapa tips agar uang yang kamu keluarkan untuk tiket konser dan biaya akomodasi sebanding dengan pengalaman yang didapat.

1. Cermat menyiapkan anggaran perjalanan

Hal pertama yang perlu disiapkan adalah menyiapkan anggaran perjalanan secara keseluruhan. Ini mencakup biaya tiket pesawat, akomodasi, transportasi lokal, makanan, dan pengeluaran lainnya.

Buat daftar rinci semua biaya yang mungkin akan dikeluarkan dan tetapkan anggaran yang realistis. Jangan lupa, pertimbangkan juga fluktuasi mata uang dan perbedaan harga di negara yang akan kamu kunjungi.

2. Tiket konser

Pastikan kamu sudah membeli atau memiliki tiket konser yang akan ditonton, serta telah memilih area tempat duduk sesuai budget dan preferensi kamu. Jangan pernah berpikir untuk membeli tiket konser di tempat pada hari H dengan harapan mendapat harga yang lebih murah.

3. Pilih tempat penginapan yang dekat lokasi konser

Meski kamu berencana untuk sekalian liburan atau jalan-jalan, pilihlah tempat penginapan yang dekat dari venue atau lokasi konser. Pertimbangannya, di hari konser, kondisi lalu lintas di sekitar lokasi mungkin akan lebih padat daripada biasanya. Untuk menghindari risiko terjebak macet atau terlambat, jauh lebih aman kalau kamu bisa berjalan kaki santai dari penginapan ke lokasi konser.

Terlebih lagi, biasanya acara musik selesai mendekati tengah malam, dimana pilihan transportasi semakin sedikit. Jadi, jika lokasi penginapan dekat dengan vanue, kamu bisa pulang dengan berjalan kaki.

4. Pastikan paspor masih aktif

Selanjutnya, periksa persyaratan paspor, juga visa jika dibutuhkan, dan dokumen perjalanan untuk negara yang akan dikunjungi.
Untuk negara di ASEAN seperti Singapura dan Thailand, memang tidak diperlukan visa. Namun, beberapa negara seperti Jepang, memerlukan visa sebelum kamu masuk.

Sempatkan waktu untuk memeriksa persyaratan ini dan memprosesnya sesuai dengan jangka waktu yang diperlukan. Jika negara tujuan membutuhkan visa, biasanya melibatkan biaya tambahan. Jadi pastikan untuk menganggarkan dananya juga.

5. Asuransi perjalanan

Tahukah kamu, suasana konser musik yang riuh dan ramai menyimpan beberapa macam risiko yang perlu diperhatikan. Misalnya saja pencurian, kerusuhan, hingga dehidrasi yang bisa mengakibatkan kamu pingsan dan harus mendapat pertolongan medis.

Itu sebabnya, penting untuk memiliki asuransi perjalanan yang mencakup perlindungan terhadap penundaan perjalanan, pembatalan perjalanan, perlindungan bagasi/barang, hingga kecelakaan. Dengan memliki proteksi, kamu dapat menjaga keseruan nonton konser sehingga tidak menjadi keribetan saat terjadinya risiko.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #bebas #saat #nonton #konser #luar #negeri #pastikan #sudah #dipersiapkan

KOMENTAR