4 Kebiasaan Sehari-hari Orang Tidak Sukses yang Tidak Bisa Lepas dari Kesulitan dalam Hidup
Ilustrasi: Orang yang Tidak Sukses (Freepik)
08:40
16 Oktober 2024

4 Kebiasaan Sehari-hari Orang Tidak Sukses yang Tidak Bisa Lepas dari Kesulitan dalam Hidup

- Definisi sukses setiap orang berbeda-beda. Beberapa orang mengukur kesuksesan mereka berdasarkan standar hidup, pendapatan, dan status profesional mereka. Orang lain melihat kesuksesan melalui lensa tentang apa yang membuat mereka merasa puas dan terpenuhi.

Tidak peduli bagaimana seseorang melihat kesuksesan, kebiasaan sehari-hari seseorang memiliki dampak besar pada tingkat kesuksesan mereka. Orang yang tidak sukses yang tampaknya tidak bisa lepas dari kesulitan dalam hidup, sering kali tidak menyadari bagaimana rutinitas mereka menghambat mereka. 

Jika seseorang memiliki sikap dan perilaku negatif, mereka biasanya merasa bahwa hidup mereka tidak bergerak maju seperti yang mereka inginkan. Meskipun kebiasaan sehari-hari sering kali menghambat mereka, namun tidak mustahil bagi mereka untuk mengubah rutinitas mereka, selama mereka mau berusaha untuk mengubah pola pikir mereka.

Dikutip dari yourtango, berikut adalah 4 kebiasaan sehari-hari dari orang-orang yang tidak sukses yang tampaknya tidak bisa lepas dari kesulitan dalam hidup.

  1. Menunda-nunda

Salah satu kebiasaan sehari-hari yang signifikan dari orang-orang yang tidak berhasil, yang tampaknya tidak dapat melepaskan diri dari kesulitan dalam hidup, adalah menunda-nunda. Menurut Association for Psychological Science, menunda-nunda bukanlah tentang memiliki keterampilan manajemen waktu yang buruk, melainkan, “Penundaan yang sebenarnya adalah kegagalan pengaturan diri yang rumit.”

APS mendefinisikan penundaan sebagai “penundaan secara sukarela terhadap suatu tugas penting yang ingin kita lakukan, meskipun kita tahu bahwa kita akan menderita sebagai akibatnya.” Berbagai penelitian telah mencatat dampak emosional yang menyertai tindakan menunda-nunda, termasuk perasaan malu, bersalah, atau cemas. 

Psikolog Dr. Joseph Ferrari menjelaskan bahwa “Menunda-nunda bukanlah menunggu dan lebih dari sekadar menunda. Ini adalah keputusan untuk tidak bertindak.”

Sementara beberapa orang adalah penunda situasional, yang berarti mereka menunda tugas-tugas tertentu yang tidak ingin mereka lakukan, yang lain adalah penunda kronis, yang berarti mereka menunda di semua bidang kehidupan mereka, mulai dari pekerjaan dan sekolah hingga tanggung jawab rumah tangga dan hubungan pribadi. Dr. Ferrari mencatat, “Bagi para penunda kronis, ini bukan masalah manajemen waktu. Ini adalah gaya hidup yang maladaptif.”

Dengan menunda pekerjaan yang perlu dilakukan dan gagal memprioritaskan tugas dengan cara yang efektif, para penunda sering kali melewatkan kesempatan dan menunda tenggat waktu. Mereka tidak bekerja dengan potensi penuh mereka, yang membuat mereka merasa tidak berhasil dan stagnan.

  1. Menyalahkan orang lain atas masalah mereka

Orang yang tidak berhasil dan terjebak dalam hidup, cenderung menyalahkan orang lain atas masalah mereka. Meskipun terlihat berlawanan dengan intuisi, orang-orang yang sukses mengakui kesalahan mereka. Dengan mengakui kesalahan mereka, mereka menempatkan diri mereka dalam pola pikir yang berkembang, yang berarti mereka dapat belajar dari kesalahan yang mereka lakukan dan mengubah perilaku mereka untuk masa depan.

Sebaliknya, orang yang tidak berhasil melempar kesalahan, sehingga kesalahan mereka selalu menjadi kesalahan orang lain. Keengganan mereka untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka sendiri membuat mereka beroperasi dari pola pikir yang tetap, yang berarti mereka berjuang untuk melihat diri mereka sendiri, sebagai seseorang yang mampu berubah. Karena mereka tidak bertanggung jawab atas keputusan yang telah mereka buat, mereka tidak bisa lepas dari kehidupan.

  1. Berfokus pada apa yang bisa salah

Orang yang tidak sukses dan tidak bisa lepas dari masalah dalam hidup, memiliki perspektif yang lebih pesimis terhadap dunia daripada orang yang sukses. Mereka lebih fokus pada apa yang mungkin salah, daripada mencari solusi untuk masalah yang mungkin terjadi. Karena pandangan negatif mereka, mereka sering tidak menyadari ketika ada kesempatan baru yang muncul. Bahkan jika mereka melihat adanya peluang, mereka jarang mengambil tindakan, karena mereka terlalu khawatir dengan cara-cara yang bisa membuat mereka gagal.

Pelatih bersertifikat Gretchen Hydo mencatat bahwa orang-orang yang paling sukses dalam hidup memupuk rasa ketangguhan mereka. “Orang-orang yang tangguh memiliki kemampuan untuk mengakui masalah dan melakukan apa pun yang diperlukan untuk mengatasi rintangan,” jelasnya. “Namun, selain jatuh dan bangkit kembali, orang-orang yang tangguh juga menerima kemunduran tersebut dan beradaptasi dengannya, menggunakannya sebagai cara untuk melewati rintangan apa pun yang menghadang.” 

Dengan menghabiskan seluruh energi mental mereka untuk berfokus pada apa yang mungkin salah, orang-orang yang tidak berhasil mengabaikan ketangguhan mereka sendiri, dan sebaliknya, tetap terjebak di tempat.

  1. Menolak kritik yang membangun 

Mengabaikan umpan balik yang dimaksudkan untuk membantu mereka adalah kebiasaan lain dari orang-orang yang tidak berhasil, yang tampaknya tidak bisa lepas dari kesulitan hidup. Mereka bahkan tidak dapat menangani kritik yang lembut, yang berarti mereka tidak tahu bagaimana cara menerima nasihat yang bermaksud baik. Akibatnya, mereka tidak belajar dari kesalahan mereka, sehingga mereka tetap terjebak dalam pola perilaku berulang yang sama yang menghambat mereka sejak awal. 

Mengetahui cara mendengarkan bimbingan orang lain dengan lapang dada adalah ciri khas seseorang yang sukses dalam hidup. Alih-alih berpegang teguh pada perilaku yang tidak lagi bermanfaat bagi mereka, mereka sangat mudah beradaptasi dan bersedia untuk berubah. 

Kemampuan mereka untuk menerima kritik yang membangun adalah bagian utama dari kesuksesan mereka, karena hal ini memungkinkan mereka untuk memulai kembali perjalanan mereka ketika segala sesuatunya tidak berjalan, seperti yang mereka harapkan. Sebaliknya, orang yang tidak berhasil menolak bimbingan yang ditawarkan orang lain, yang membuat mereka terjebak dalam kehidupan.

 

Editor: Kuswandi

Tag:  #kebiasaan #sehari #hari #orang #tidak #sukses #yang #tidak #bisa #lepas #dari #kesulitan #dalam #hidup

KOMENTAR