Dianggap Sebagai Tipe Kepribadian Langka, Simak 10 Kelebihan INFJ Menurut Psikiater
Dianggap Sebagai Tipe Kepribadian Langka, Simak 10 Kelebihan INFJ Menurut Psikiater (The Art of Michelle)
08:52
9 Pebruari 2024

Dianggap Sebagai Tipe Kepribadian Langka, Simak 10 Kelebihan INFJ Menurut Psikiater

- INFJ merupakan sebuah tipe kepribadian pada seseorang yaitu Introverted, Intuitive, Feeling, Judging.

Tapi apakah pernah kalian mengidentifikasikan seperti apa kelebihan dari tipe kepribadian yang dianggap langka ini?

Tipe kepribadian INFJ ini adalah tipe kepribadian yang paling langka. Menurut Very Well Mind (4/8/2022) hanya ada 1% hingga 3% dari populasi Amerika Serikat yang memiliki kepribadian INFJ.

Namun apakah di Indonesia juga ada tipe kepribadian INFJ? Kemungkinan dari total penduduk di Indonesia orang dengan tipe kepribadian ini jarang ditemui.

Dibalik kelangkaan tipe kepribadian itu, ternyata tipe kepribadian INFJ ini memiliki kelebihan.

Dilansir dari artikel The Pleasant Personality (22/2/2023) oleh Dr. Nereida Gonzalez-Berrios, MD , Psikiater Bersertifikat, berikut 10 tipe kepribadian INFJ:

1. Kelompok kreatif

Menjadi seorang introvert yang intuitif, INFJ memiliki dunia batin yang kaya dan penuh warna, unik dan baru.

Mereka lebih suka menggunakan ide dan imajinasi terbaiknya setiap kali diberi kesempatan. Kebanyakan INFJ pandai mendesain interior, menulis, mencoret-coret, dan membuat sketsa.

2. Diberikan kejernihan pikiran dan pemahaman

INFJ sangat jelas tentang apa yang mereka pikirkan dan visualisasikan untuk masa depan. Orang dengan tipe kepribadian ini adalah orang yang kreatif, analitis, dan mampu memunculkan ide-ide baru dan inovatif.

Mereka lebih suka memikirkan topik-topik ambigu yang dapat mengarah pada pengembangan strategi pemecahan masalah baru.

INFJ juga pandai mengembangkan strategi praktis untuk pemecahan masalah. Hal ini dimungkinkan karena mereka berpikir jernih dan jernih.

3. Banyak kasih sayang

Sebagai tipe kepribadian yang penuh perasaan, INFJ memiliki kasih sayang mendalam yang juga memiliki keunggulan intuitif.

Ini berarti mereka cepat menyadari rasa sakit emosional dan penderitaan orang lain.

4. Cinta damai seperti biasa

INFJ pandai membantu orang menyelesaikan masalah dan perpecahan pribadi. Orang-orang ini bukanlah orang yang memendam rasa frustasi dan tidak pernah memaafkan orang lain.

Sebaliknya, INFJ akan selalu menengahi perselisihan dan membantu masyarakat mengatasi perbedaan mereka dan berjalan di jalur perdamaian dan kemakmuran.

5. Tegas

Sifat tegas mereka membantu mereka untuk tetap fokus dalam proyek dan menyelesaikannya sampai akhir.

Sebagai orang yang terorganisir, mereka akan mengikuti rencana kerja yang sistematis dan menyelesaikan segala sesuatunya dengan cara terbaik.

6. Bersifat prinsip

INFJ memiliki nilai-nilai tinggi yang membimbing mereka menuju kehidupan yang benar. Keyakinan dan nilai-nilai mereka yang kuat membantu mereka mengatasi segala rintangan dalam hidup.

Hal ini membuat mereka tetap berada di jalur yang benar dan sepertinya mereka tidak pernah gagal memenuhi standar etika mereka.

7. Memiliki tujuan yang kuat

INFJ memiliki tujuan hidup yang kuat. Para advokat lebih memilih mengejar impiannya berdasarkan idealisme dan kreativitas. Mereka tidak suka duduk santai dan tidak melakukan hal produktif.

8. Berbekal altruisme

INFJ adalah orang yang suka membantu. Mereka akan menggunakan kekuatan mereka untuk kebaikan yang lebih besar yang dapat bermanfaat bagi semua orang di masyarakat.

Mereka waspada terhadap bagaimana kata-kata, tindakan, dan perilaku mereka dapat berdampak baik pada orang lain.

9. Memperhatikan detail

INFJ sangat waspada dan dapat melihat detailnya jauh lebih baik daripada tipe intuitif lainnya. Orang dengan preferensi INFJ memiliki rentang perhatian yang panjang.

Mereka mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk mendengarkan detail dari apa yang orang lain coba sampaikan kepada mereka.

10. Berkorban dan memaafkan

INFJ sensitif dan lembut. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika mereka pada dasarnya sama-sama pemaaf. Mereka tidak akan pernah menyimpan dendam dan cenderung bersimpati pada semua orang.

Orang-orang ini rela berkorban. Mereka cenderung menekankan pada pemuasan kebutuhan orang lain dan bukan kebutuhannya sendiri.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #dianggap #sebagai #tipe #kepribadian #langka #simak #kelebihan #infj #menurut #psikiater

KOMENTAR