Rahasia Malam Isra Miraj, Ini Doa dan Amalan untuk Mendapatkan Syafaat Nabi
Ilustrasi Doa dan Amalan saat Isra Miraj (Freepik)
19:11
7 Pebruari 2024

Rahasia Malam Isra Miraj, Ini Doa dan Amalan untuk Mendapatkan Syafaat Nabi

Isra Miraj menjadi peristiwa peting bagi umat Islam, karena merupakan peringatan akan perjalanan bersejarah Nabi Muhammad SAW. Pada perjalanan ini, Nabi Muhammad SAW menerima perintah salat dari Allah SWT.

Terdapat keistimewaan dalam peringatan Isra Miraj yang tahun ini jatuh pada tanggal 27 Rajab atau 8 Februari. Dikatakan, mereka yang membaca doa saat Isra Miraj akan dipenuji kebutuhan atas izin Allah SWT.

“Barang siapa yang membaca doa ini pada malam 27 Rajab, kemudian meminta kepada Allah (untuk dipenuhi) kebutuhannya, maka akan dipenuhi kebutuhannya dengan izin Allah.” (Abdullah al-Halabi, Nurul Anwar wa Kanzul Abrar fi Dzikris Shalati ‘alan Nabi al-Mukhtar, [Beirut, Darul Kutub Ilmiah: tt], halaman 38).

Lalu, bagaimana tata cara membaca doa saat Isra Miraj? Berikut langkah-langkahnya.

1. Sebelum membaca doa, seseorang dianjurkan untuk melaksanakan salat sunah dua rakaat. Saat salat, disarankan membaca surat Al-Ikhlas setelah membaca surat Al-Fatihah di rakaat pertama dan kedua.

2. Usai salat, disarankan membaca salawat kepada Nabi Muhammad SAW sebanyak 10 kali.

3. Membaca doa Isra Miraj sebagai berikut:

Allhumma inn as’aluka bi musyhadati asrril muhibbn, wa bil khalwatil lat khashshashta bih sayyidal mursaln hna asraita bih lailatas sbi’i wal ‘isyrn an tarhama qalbiyal hazna wa tujba da‘wat y akramal akramn.

Artinya: “Ya Allah, dengan keagungan diperlihatkannya rahasia-rahasia orang-orang pecinta, dan dengan kemuliaan khalwat (menyendiri) yang hanya Engkau khususkan kepada pimpinan para rasul, ketika Engkau memperjalankannya pada malam 27 Rajab, sungguh aku memohon kepada-Mu agar Kau merahmati hatiku yang sedih dan Kau mengabulkan doa-doaku, wahai Yang Maha Memiliki kedermawanan.”

Selain membaca doa, terdapat juga beberapa amalan yang dianjurkan dilakukan saat Isra Miraj, di antara adalah sebagai berikut.

1. Memperbanyak amalan sunah

Saat Isra Miraj, umat muslim disarankan untuk menjalankan ibadah sunah. Hal ini dapat memberikan pahala yang banyak bagi mereka yang melaksanakannya.

2. Membaca Al-Qur'an

Membaca Al-Qur'an akan menenangkan hati dan pikiran kita. Selain itu, hal ini juga akan megingatkan kita dengan peristiwa Isra Miraj, karena peristiwa itu juga tertulis dalam Al-Qur'an surah Al-Isra ayat 1.

3. Memperbanyak Istigfar

Saat Isra Miraj, umat muslim dapat memperbanyak membaca istighfar sebagai tanda dirinya ingin kembali ke jalan Allah dan menyesali perbuatan dosa yang telah ia lakukan.

4. Salawat

Membaca salawat untuk Rasulullah SAW juga menjadi amalan yang dianjurkan. Dengan bersalawat, berarti kita akan mendoakan nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan juga para sahabatnya.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #rahasia #malam #isra #miraj #amalan #untuk #mendapatkan #syafaat #nabi

KOMENTAR