Nggak Lagi Ngidam Makanan Favorit: 5 Cara Efektif untuk Hentikan Keinginan Makan Biar Intermittent Fasting Berhasil
Ilustrasi 5 cara efektif untuk hentikan keinginan makan selama intermittent fasting. (Foto: Pexels/Andres Ayrton)
15:02
13 Oktober 2024

Nggak Lagi Ngidam Makanan Favorit: 5 Cara Efektif untuk Hentikan Keinginan Makan Biar Intermittent Fasting Berhasil

- Dengan tren diet, banyak orang yang melakukan intermittent fasting untuk menurunkan berat badan. Terutama untuk pekerja kantoran yang tidak memiliki banyak waktu untuk olahraga atau menyiapkan makanan yang tepat untuk diet.

Meskipun hasilnya baik, tetapi ada sebagian orang yang merasa terjebak dalam jadwal makan dan jendela makan, terutama saat mereka ingin makan sesuatu. Salah satunya adalah ngidam saat puasa intermiten.

Dilansir dari Health Shots, intermittent fasting adalah jenis diet puasa yang mengharuskan seseorang tidak mengonsumsi makanan dalam jangka waktu tertentu, terutama untuk menurunkan berat badan atau melawan masalah kesehatan lainnya.

Jika kalian mempertimbangkan untuk melakukan intermittent fasting, kalian harus dapat mengontrol rasa lapar agar dapat melakukannya dengan sukses. Dari laman Health Shots, inilah 5 cara efektif untuk hentikan keinginan makan selama intermittent fasting.

1. Meningkatkan asupan air

Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, air dapat membantu seseorang untuk mengatur siklus rasa lapar. Adakalanya ketika merasa lapar, bukanlah benar-benar lapar. Tetapi hanya karena tubuh merasa kekurangan air.

Orang yang cenderung minum lebih banyak sepanjang hari akan mengaku tidak terlalu lapar. Tak hanya itu, air dapat membantu penyerapan makanan dengan lebih baik.

2. Konsumsi makanan kaya protein

Makanan yang kaya protein membantu menormalkan kadar gula darah dan mengendalikan hormon nafsu makan. Dengan begitu, seseorang yang menjalani diet if akan merasa tidak terlalu lapar dan membantu mengurangi ngidam makanan favorit.

Protein juga membantu mereka untuk mempertahankan otot ramping yang penting untuk menurunkan berat badan. Maka nggak heran banyak orang yang mengonsumsi lebih banyak protein ketika melakukan diet.

3. Meningkatkan asupan serat

Serat dikenal dapat membantu pencernaan. Makanan yang kaya serta akan menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Makanan ini juga menyediakan nutrisi baik dalam usus yang membantu menyerap nutrisi dari makanan.

Dengan meningkatkan asupan dari makanan yang penuh serat, kalian tidak lagi merasa lapar dan dapat menahan keinginan untuk makan selama periode puasa. Dengan begitu, maka diet if akan lebih efektif dan berhasil.

4. Makan perlahan

Ada dua tipe orang saat makan, cepat dan lambat. Bila kalian makan terlalu cepat, otak akan butuh waktu untuk menyadari bahwa perut merasa sudah penuh.

Akibatnya kebanyakan orang cenderung makan lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh tubuhnya dan menyerah pada keinginannya. Sebaiknya, makanlah dengan perlahan dan fokus pada setiap gigitan. Dengan begitu, kalian dapat membantu mengendalikan asupan makanan.

5. Tetaplah sibuk

Sering kali, seseorang mengalami rasa lapar bukan karena dia beneran lapar. Tapi hanya karena bosan dan ingin makan karena tidak ada kegiatan atau kesibukan lainnya.

Untuk itu, saat menjalani diet if, ada baiknya tetap sibuk dan lakukan banyak hal untuk mengalihkan perhatian pada makanan dan rasa lapar yang hadir pada periode puasa.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #nggak #lagi #ngidam #makanan #favorit #cara #efektif #untuk #hentikan #keinginan #makan #biar #intermittent #fasting #berhasil

KOMENTAR