6 Kebiasaan yang Harus Dilakukan Setiap Minggu agar Rumah Terlihat Lebih Bersih
ilustrasi mengganti seprai. Sumber foto: Freepik
08:06
4 Februari 2024

6 Kebiasaan yang Harus Dilakukan Setiap Minggu agar Rumah Terlihat Lebih Bersih

– Pulang ke rumah yang apik memang menenangkan, meski kamu mungkin tidak punya waktu untuk membersihkan rumah setiap minggu, ada 6 kebiasaan yang bisa dilakukan agar tempat tinggal terlihat lebih nyaman secara keseluruhan.

Bahkan hanya dengan menerapkan satu atau dua hal berikut ke dalam rutinitas, justru bisa meningkatkan kualitas dan suasana rumah:

Membuat jadwal juga membantu, sehingga kamu dapat mengikuti rutinitas. Misalnya, cobalah merapikan dapur pada hari Jumat pertama dan gudang pada hari Minggu ketiga setiap bulan.

Kamu juga harus merapikan rumah ketika hendak bepergian. Contoh, jika kamu menyadari beberapa obat telah kedaluwarsa, segera dibuang. Luangkan waktu lima menit untuk memilah-milah persediaan saat itu juga.

Mengepel permukaan keras

Meskipun mengepel tidak terlalu menyenangkan, Lake mengatakan hal itu sangat penting untuk menjaga kebersihan di rumah, terutama jika kamu memiliki anak atau bayi.

“Mengepel permukaan yang keras seperti lantai dapur dan kamar mandi sangatlah penting,” katanya.

“Bisa juga menerapkan aturan dilarang memakai sepatu di dalam ruangan yang nantinya akan membuat perbedaan besar,” tambah Lake.

Ganti seprai

Mengganti seprai tempat tidur mungkin terasa seperti pekerjaan yang berat, tetapi melakukan rutinitas konsisten dapat membuat perbedaan besar.

“Mengganti seprai setiap minggu adalah kebiasaan yang meningkatkan kebersihan tidur kita dan menambah kesegaran rumah secara keseluruhan. Tidur di atas seprai bersih sungguh tiada bandingnya,” ungkap Lake.

Bersihkan debu

Menurut Lake, sangat penting untuk membersihkan dan menyedot debu setiap minggu terutama di area dengan banyak furniture. Ini bukan hanya soal kebersihan, tetapi juga memperpanjang umur karpet dan lantai.

Jika kamu tidak punya waktu untuk menyedot debu, pertimbangkan untuk memiliki alat penyedot debu dan bisa dilakukan setiap malam, menghemat banyak waktu dan tenaga.

Bersihkan kamar mandi

Lake mengatakan menggosok toilet, wastafel, pancuran atau bak mandi, serta membersihkan cermin dan perlengkapan rumah setiap minggu menjadi hal bermanfaat.

Bersihkan dan rapikan dapur

“Jangan lupakan dapur. Membersihkan peralatan masak, wastafel, dan memeriksa lemari es untuk mencari barang-barang kedaluwarsa akan menjaga dapur tetap higienis dan menyenangkan,” jelas Lake.

Ingat, kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu di dapur. Bahkan hanya dengan mengelap sebentar di area tersebut setelah membersihkan sisa makan malam akan meningkatkan kebersihan rumah secara keseluruhan.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #kebiasaan #yang #harus #dilakukan #setiap #minggu #agar #rumah #terlihat #lebih #bersih

KOMENTAR