Annisa Pohan Ungkap Perjuangan AHY Raih Gelar Doktor, Netizen Bandingkan dengan Raffi Ahmad
Sidang doktor terbuka AHY, Senin (7/10) [Instagram]
16:51
9 Oktober 2024

Annisa Pohan Ungkap Perjuangan AHY Raih Gelar Doktor, Netizen Bandingkan dengan Raffi Ahmad

Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY baru saja menyandang gelar doktor usai menyelesaikan kuliah S-3 program studi Pengembangan Sumber Daya Manusia di di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Jawa Timur.

Gelar tersebut didapatkan usai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) itu menjalani ujian doktor terbuka dan dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude.

Pencapaian tersebut tentu saja membuat sang istri, Annisa Pohan merasa bangga. Ikut mendampingi suaminya, ibu satu anak tersebut membagikan potret hingga perjuangan AHY demi bisa menyelesaikan program S3 selama tiga tahun ke belakang. 

Menurut Annisa Pohan, dirinya begitu takjub dengan energi dan kapasitas otak AHY yang bisa menyelesaikan pendidikannya dengan begitu cepat di tengah kesibukan padatnya. Apalagi, kuliah AHY juga sempat tertunda pandemi hingga cuti Pemilu. 

Baca Juga: Gelar Honoris Causa Raffi Ahmad Tak Diakui Negara, Ini Alasan di Baliknya

"Alhamdulillah suamiku Dr. Agus H. Yudhoyono meraih gelar doktor dalam waktu 3 tahun ditengah-tengah segala kesibukannya menjadi Ketua Umum Partai, menghadapi pandemi, menghadapi Pemilu, menghadapi KLB dan segala urusan hukumnya, kemudian menjadi Menteri," kata menantu Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyon (SBY) ini seperti Suara.com kutip pada Rabu (9/10/2024).

Sidang doktor terbuka AHY, Senin (7/10)Sidang doktor terbuka AHY, Senin (7/10) [Instagram]

"Alhamdulillah manusia yang di mata saya masyaAllah banget ini energi dan kapasitas otak beliau, bisa menyelesaikan program S3 dengan cepat, padahal itu juga dirinya merasa sudah ketunda satu semester karena harus pemilu, sehingga cuti selama pemilu," katanya lagi.

Lebih lanjut, Annisa Pohan juga membanggakan nilai suaminya yang nyaris sempurna karena mendapat skor cumlaude. Padahal ia mengerjakan disertasi berjudul "Transformational Leadership and Human Resources Orchestration towards Indonesia Emas 2045" itu di tengah kesibukan yang ada.

"Udah sesibuk itu saja bisa cepat dan cum laude! Sungguh ajaib memang suamiku ini, tapi semua tentu karena kebesaran Allah SWT yang menganugerahi itu semua," tambahnya.

Gelar doktor yang diraih AHY ini lantas membuat netizen membandingkan dengan gelar doktor honoris causa yang diterima Raffi Ahmad dari Universal Institute of Professional Management (UIPM). 

Baca Juga: Alasan Menyentuh AHY Kejar Gelar Doktor: Bukan Hanya Sebuah Pencapaian Akademik

Hal tersebut memang sempat memunculkan kontroversi, sebab kampus yang disebut berlokasi di Thailand ini tidak diakui Ditjen Pendidikan Tinggi, Kemendikubudristek.

"Nah gini donk. gelar doktor dengan perjuangan belajar sesunggunya. Semoga banyak para anak muda yg bs menjadi anak bangsa yang membanggakan," kata @das***.

"Ni baru doktor hasil belajar sungguh2 bukan doktor2an," ucap @arm***.

"Bukan hanya doktor hadiah. tapi Bener2 punya keilmuan yang dipelajari," ungkap @pur***.

"Kalu ini jelas kampusnya dan yakin memang no tipu2," tambah @sur***.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #annisa #pohan #ungkap #perjuangan #raih #gelar #doktor #netizen #bandingkan #dengan #raffi #ahmad

KOMENTAR