Biodata dan Profil Mensos Risma: Miris, Tak Diajak Jokowi Bagi-bagi Bansos
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharani. [Dok. Humas Surabaya]
13:08
30 Januari 2024

Biodata dan Profil Mensos Risma: Miris, Tak Diajak Jokowi Bagi-bagi Bansos

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini tengah menjadi sorotan. Pasalnya, Mensos Risma kerap tidak hadir saat Presiden Jokowi membagi-bagikan bansos kepada masyarakat kurang mampu di berbagai daerah Indonesia. Padahal sudah menjadi tugas Risma sebagai Mensos untuk mengontrol pembagian bansos kepada warga.

Sementara itu, Presiden Jokowi terpantau baru saja menyerahkan bantuan pangan kepada warga yang tinggal di sekitar Gudang Bulog Purwomartani, Sleman, DIY pada Senin (29/1/2024).

Namun dalam pembagian bansos tersebut, tidak tampak batang hidung Risma. Absennya Risma dalam beberapa kesempatan pembagian bansos oleh Presiden Jokowi pun menjadi pertanyaan besar. Termasuk muncul isu keretakan hubungan Presiden Jokowi dengan Mensos Risma karena partai politik.

Kendati demikian, pihak Istana langsung memberikan klafirikasi terkait ketidakhadiran Risma dalam pembagian bansos. Alasannya, pembagian bansos oleh Jokowi melibatkan Bulog dan Badan Pangan.

"Mungkin karena pembagian bansos ini terkait dengan cadangan pangan ya. Kita sudah libatkan Bulog dan Badan Pangan," kata Koordinator Stafsus Presiden Ari Dwipayana saat ditemui awak media di kantor Kemensesneg, Senin (29/1/2024).

"Jadi lebih kepada hal tersebut, termasuk juga dengan mengecek mengenai keberadaan pangan di setiap daerah yang berpotensi krisis. Jadi yang diajak (untuk bagi bansos) tentu pihak-pihak yang berkaitan dengan itu," sambungnya.

Dalam kesempatan ini, pihak Istana juga membantah hubungan Risma dan Jokowi retak karena partai politik.

"Oh kalau itu enggak, enggak ada hubungannya kesana (partai politik)," tegas Ari.

Lalu, seperti apa sosok dari Ibu Risma ini? Simak inilah biodata dan profil sang Mensos RI.

Profil Tri Rismaharini

Menteri Sosial atau Ketua DPP PDIP Tri Rismaharini atau Risma di sela-sela Rakernas kedua PDIP di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Rabu (22/6/2022). (Suara.com/Bagaskara)Menteri Sosial atau Ketua DPP PDIP Tri Rismaharini atau Risma di sela-sela Rakernas kedua PDIP di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Rabu (22/6/2022). (Suara.com/Bagaskara)

Dr. (H.C.) Ir. Hj. Tri Rismaharini, M.T. atau akrab disapa dengan nama Ibu Risma, saat ini masih aktif menjabat sebagai Menteri Sosial di Kabinet Indonesia Maju.

Perempuan kelahiran Kediri, 20 November 1961 ini menghabiskan masa kecilnya di Kediri. Risma dan keluarganya kemudian pindah ke Surabaya, Jawa Timur, saat mau masuk SMP.

Risma berhasil lulus dari SMP Negeri 10 Surabaya dan SMA N 5 Surabaya, di mana kedua sekolah itu adalah sekolah negeri favorit di Surabaya.

Selanjutnya, Risma mengambil jurusan Arsitektur di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan berhasil lulus pada tahun 1987 silam. Ia mengawali kariernya sebagai pegawai negeri sipil (PNS) Kota Surabaya pada awal tahun 1990-an.

Sosoknya kemudian memutuskan untuk melanjutkan pendidikan magisternya di ITS. Di sana ia mengambil jurusan Manajemen Pembangunan Kota dan berhasil lulus pada 2002. Risma juga menerima penghargaan doktor honoris causa dari almamaternya tersebut.

Selama menjadi PNS, Risma menunjukkan performa yang cemerlang. Terbukti, usai 7 tahun berkiprah sebagai PNS biasa, Risma diangkat menjadi Kasi Tata Ruang dan Tata Guna Tanah Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya pada tahun 1997.

Sosoknya kemudian menjadi salah satu PNS berprestasi yang berhasil menduduki beberapa jabatan strategis di pemerintahan Kota Surabaya, seperti :

  • Kasi Pendataan dan Penyuluhan Dinas Bangunan Kota Surabaya tahun 2001
  • Kacab Dinas Pertamanan Kota Surabaya tahun 2001
  • Kabag Bina Pembangunan Kota Surabaya tahun 2002
  • Kabag Penelitian dan Pengembangan tahun 2005
  • Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya tahun 2008
  • Kadin Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya tahun 2010

Kinerja Risma sebagai Kadin Kebersihan dan Pertamanan Surabaya ternyata membuatnya masuk dalam jajaran calon Wali Kota Surabaya periode 2010 - 2015. Ia pun berhasil menjabat sebagai Wali Kota Surabaya selama dua periode, yaitu 2010 - 2015 dan  2016 - 2020.

Selama menjabat sebagai Wali Kota Surabaya, Risma kerap menuai kontroversi lantaran sikapnya yang cukup keras dengan bawahannya. Ia juga selalu tegas dalam menjalankan setiap kebijakan di Pemerintah Kota Surabaya.

Adapun Risma berhasil menjadi Wali Kota Surabaya setelah bergabung dengan PDI Perjuangan. Namanya tercatat sebagai perempuan pertama yang terpilih menjadi Wali Kota Surabaya. Ia juga berhasil membawa namanya menjadi salah satu pemimpin perempuan paling berpengaruh di dunia.

Pada 2020, Risma dipanggil oleh Presiden Jokowi dan ditunjuk menjadi Menteri Sosial RI periode 2020-2024. Ia menggantikan Mensos sebelumnya, Juliari Batubara, yang menjadi tersangka kasus korupsi bansos.

Biodata Tri Rismaharini

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini.[Instagram]Menteri Sosial RI Tri Rismaharini.[Instagram]

Nama lengkap: Dr. (H.C.) Ir. Hj. Tri Rismaharini, M.T. 

Nama panggilan: Risma, Ibu Risma

Pasangan: Djoko Saptoadji

Tempat, tanggal lahir: Kediri, 20 November 1961

Agama: Islam

Pendidikan: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) 

Jabatan: Menteri Sosial RI

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #biodata #profil #mensos #risma #miris #diajak #jokowi #bagi #bagi #bansos

KOMENTAR