6 Fakta Menarik Tentang Kopi Toraja, Mengenal Lebih Dalam Rasa Khas Salah Satu Jenis Kopi Nusantara
Ilustrasi tumbuhan kopi di perkebunan (freepik.com)
15:24
29 Januari 2024

6 Fakta Menarik Tentang Kopi Toraja, Mengenal Lebih Dalam Rasa Khas Salah Satu Jenis Kopi Nusantara

 

 

Kopi Toraja telah lama menjadi ikon kopi Nusantara yang terkenal di berbagai daerah di Indonesia maupun dunia. 

Dilansir dari ottencoffee.co.id, Senin (29/1), daerah dengan dataran tinggi, bagus untuk tanaman kopi agar mampu menghasilkan karakter biji kopi khas 

Serperi di daerah Toraja Sapan, yang dianugerahkan sebagai lokasi untuk tanaman kopi yang menghasilkan biji kopi yang berkualitas. . 

Jenis kopi yang satu ini memang berasal dari Toraja di Sulawesi Selatan. Tidak hanya rasa yang khas, kopi ini memiliki sejumlah fakta menarik yang membedakannya dari jenis kopi lainnya. 

Berikut 6 fakta menarik Kopi Toraja sebagai upaya mengenal kekhasan dari kekayaan alam melalui salah satu jenis kopi di Indonesia tersebut. 

1. Warisan Budaya yang Kaya

Kopi toraja bukan sekadar minuman, tetapi telah menjadi bagian dari warisan budaya yang kaya dari masyarakat di Toraja. 

Mulai dari proses penanaman, perawatan, panen, pengolahan, hingga penyajian kopi ini, telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat setempat. 

2. Tempat Tumbuh yang Ideal

Salah satu faktor yang dapat memengaruhi, keistimewaan dari Kopi Toraja adalah tempat atau lokasi ditanamnya tumbuhan kopi ini.

Kopi Toraja biasanya ditanam di lereng pegunungan dengan ketinggian 1.000 hingga 1.800 meter di atas permukaan air laut. 

Kondisi geografis tersebut akan memberikan karakteristik unik pada biji Kopi Toraja. Misalnya yang terkenal biji Kopi Toraja dari daerah Toraja Sapan di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan air laut. 

3. Pengolahan yang  Tradisional

Pengolahan Kopi Toraja di daerah asalnya, masih dilakukan secara tradisional, mulai dari pemetikan buah kopi hingga pengeringan.

Semua proses pembuatan Kopi Toraja dilakukan secara manual dengan tujuan untuk menjaga kualitas kopi agar tetap autentik dan alami.  

4. Keberlanjutan Lingkungan

Petani kopi di Toraja banyak yang memahami pentingnya menjaga lingkungan tempat menanam kopi. 

Kebanyakan dari pertani telah menerapkan praktik pertanian organik yang berkelanjutan, untuk menjaga ekosistem alam serta kualitas tanah untuk generasi yang akan datang.

5. Penghargaan Internasional

Kopi Toraja telah meraih beberapa penghargaan internasional. Pada tahun 2015 Kopi Toraja meraih penghargaan sebagai kopi terbaik pada ajang Specialty Coffee Association of America (SCAA) yang berlangsung di Seattle, Amerika Serikat. 

Di ajang yang sama, pada tahun 2017, Kopi Toraja kembali meraih penghargaan yang sama yaitu kopi terbaik di ajang SCAA tersebut.

Tahun 2016 dan 2019, Kopi Toraja meraih penghargaan sebagai kopi terbaik, pada ajang Specialty Coffee Association of Europe (SCAE).

Pada tahun 2016 penganugerahan tersebut berlangsung di Dublin, Irlandia. Sedangkan di tahun 2019 SCAE berlangsung di Berlin, Jerman. 

6. Pengalaman Wisata Kopi yang Unik

Berkunjung ke daerah Toraja tidak hanya menikmati rasa khas dari Kopi Toraja, tetapi juga pengalaman wisata kopi yang unik. 

Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengunjungi perkebunan kopi, hingga belajar tentang proses pengolahan, berwisata kopi di Toraja menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. 

Oleh karena itu, jangan lupa ketika singgah di Toraja, selain dapat menikmati kopi yang lezat, pengunjung dapat menambah pengalaman yang unik melalui wisata kopi.  

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #fakta #menarik #tentang #kopi #toraja #mengenal #lebih #dalam #rasa #khas #salah #satu #jenis #kopi #nusantara

KOMENTAR