Adu Pendidikan Hotman Paris vs Mahfud MD, Menkopolhukam Kena Lemparan Sindiran Pengacara Nyentrik
Kolase Mahfud MD dan Hotman Paris (Istimewa)
19:42
27 Januari 2024

Adu Pendidikan Hotman Paris vs Mahfud MD, Menkopolhukam Kena Lemparan Sindiran Pengacara Nyentrik

Tak dapat dipungkiri bahwa Mahfud MD dan Hotman Paris sama-sama menjadi tokoh besar di dunia penegakan hukum di Tanah Air.

Kendati demikian, Pilpres 2024 membuat keduanya kini berseberangan dalam menentukan sikap politik.

Bahkan, Hotman Paris kini diduga melayangkan sindiran pedas terhadap sosok Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) sekaligus cawapres dari Ganjar Pranowo itu.

Hotman menyayangkan ada sosok yang kerap menyerang etika dari sosok cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka dalam debat keempat pilpres 2024 pada Minggu (21/1/2024) lalu.

Padahal, sosok tersebut juga dinilai tak beretika. Sebab, sosok tersebut kerap menentang Presiden Joko Widodo alias Jokowi sebelum ia mendapatkan jabatan mentereng.

Sosok tersebut kini menjadi 'lunak' dan bersahabat dengan Jokowi seusai mendapat kursi sebagai menteri. Diduga, sosok tersebut adalah Mahfud MD.

"Ada Menteri yang masih duduk di kabinetnya Presiden, akan tetapi telah memilih jalur haluan Politik yang berbeda bahkan menyerang kesuksesan dari kabinet Jokowi tapi dia masih duduk sampai hari ini sebegai Menteri," kata Hotman dalam videonya.

Lantas, seperti apa pendidikan Hotman Paris yang berani menyindir Mahfud MD yang bergelar professor tersebut? Berikut adu pendidikan Hotman Paris vs Mahfud MD.

Pendidikan Hotman Paris: Lulusan Negeri Kangguru

Meski bukan seorang guru besar seperti Mahfud, Hotman Paris memiliki pendidikan yang tak kaleng-kaleng.

Sebab, ia merupakan lulusan perguruan tinggi luar negeri.

Hotman Paris memulai perjalanan pendidikan tingginya di Fakultas Hukum Universitas Parahyangan, Bandung

Tak puas dengan gelar sarjana, Hotman terbang ke Australia dan mengambil program Ilmu Hukum University of Technology, Sydney.

Ia kembali ke Tanah Air dan kuliah Ilmu Hukum Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Terakhir, ia mengakhiri perjalanan pendidikannya dengan mengambil program doktor di Fakultas Hukum Universitas Padjajaran, Bandung.

Pendidikan Mahfud MD: Guru besar hukum

Hotman Paris terbilang nekat mengkritik sosok Mahfud MD yang bergelar guru besar hukum.

Ternyata, Mahfud juga merupakan seorang santri yang belajar di Pondok Pesantren al Mardhiyyah. Ia juga mengambil studi tingkat SMA di Sekolah Pendidikan Guru Agama (PGA) Negeri dan Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN).

Usai tamat SMA, Mahfud kuliah di S1 di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia. Pria hernama asli Mohammad Mahfud Mahmodin ini juga mengejar double degree di Jurusan Sastra Arab di Universitas Gadjah Mada namun tak selesai.

Ia melanjutkan pendidikan mengambil jurusan Ilmu Politik, Universitas Gajah Mada.

Politisi berdarah Madura ini menuntaskan pendidikannya di Program Doktoral S3, Ilmu Hukum Tata Negara, Universitas Gajah Mada.

Sebagai informasi, Mahfud juga mengabdi sebagai dosen dan Guru Besar di Universitas Islam Indonesia.

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #pendidikan #hotman #paris #mahfud #menkopolhukam #kena #lemparan #sindiran #pengacara #nyentrik

KOMENTAR