Apa Itu Pallubasa? Ini Perbedananya dengan Coto Makassar
Sajian pallubasa khas Makassar - Apa Itu Pallubasa? Ini Perbedananya Dengan Coto (YouTube/Andins Kitchen)
21:18
28 September 2024

Apa Itu Pallubasa? Ini Perbedananya dengan Coto Makassar

Apa itu pallubasa dan perbedananya dengan coto? Mungkin masih ada sebagian orang yang masih belum tahu apa perbedaannya karena kedua makanan ini hampir sama tampilannya dan sama-sama berasal dari Makassar.

Baru- baru ini makanan pallubasa sedang jadi sorotan publik usai owner Restoran Pallubasa Srigala mengalami kecelakaan mobil hingga memakan korban jiwa dua orang.  Kecelakaan tersebut terjadi di Jalan Tol Layang Makassar, Sulawesi Selatan.

Dalam Insiden tersebut mobil owner restoran Pallubasa Serigala menghantam truck container sehingga terjadi kecelakaan.  Dalam kecelakaan tersebut, dua orang tewas yakni istri dan anak owner Pallubasa Serigala.

Terlepas dari ramainya pemberitaan owner Pallubasa Serigala yang mengalami kecelakaan, mungkin ada yang belum tahu apa itu pallubasa. Seperti yang telah disebutkan di atas, pallubasa ini merupakan makanan dari Makasar yang tampilannya mirip coto.

Baca Juga: Kronologi Tragedi Tol Layang Renggut Nyawa Pemilik Pallubasa Serigala

Nah untuk lebih jelasnya, mari simak berikut ini penjelasan apa itu pallubasa dan perbedananya dengan coto yang dilansir dari berbagai sumber.

Apa Itu Pallubasa Dan Perbedananya Dengan Coto

Pallubasa dan coro ini merupakan kuliner khas Makkasar  yang cukup popular bagi wisatawan. Penyajian kedua makanan khas ini sama-sama menggunakan kuah hangat, ada potongan daging, dan memiliki cita rasa gurih.

Sekilas, pallubasa dan coto ini tampilannya tampak  sama, padahal kondimen dan bumbunya berbeda.  Adapun pallubasa ini makanan berkuah yang bahan dasarnya menggunakan jeroan sapi dan daging serta ada kelapa parut sangria dan kuning telur ayam kampung.

Sedangkan coto ini merupakan makanan yang kuahnya berwarna coklat dengan bahan dasarnya  jeroan sapid an daging. Coto ini menggunakan banyak rempah khas Makassar. Perbedaan pyang menonjol dengan pallubasa yaitu pada kedua kondimennya.

Pada penyajiannya, Pallubasa ada tambahan kuning telur dan parutan kelapa sangria, sedangkan coto tidak. Kuning telur pada pallubasa menggunakan kuning telur ayam kampung mentah sehingga kuahnya jadi lebih kental karena tercampun kuning telur mentah.

Baca Juga: Pallubasa Serigala: Kenikmatan Kuliner Legendaris Makassar Kini Tengah Berduka Usai Sang Owner Tewas Kecelakaan

Dari segi bumbu, pallubasa menggunakan bumbu seperti cengkeh, merica, ketumbar, cabai merah besar,  lengkuas, bawah merah, pala, serai, dan kayu manis. Sedangkan coto menggunakan bumbu seperti  lengkuas, ketumbar, jahe, bawang putih, serai, daun salamm kacang tanah, dan jintan.

Demikian penjelasan mengenai apa itu pallubasa dan perbedananya dengan coto yang menarik untuk diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #pallubasa #perbedananya #dengan #coto #makassar

KOMENTAR