Apa Arti Ujub Dalam Islam? Hati-hati, Sifat yang Dibenci Allah SWT
Apa Arti Ujub Dalam Islam? Hati-hati, Sifat yang Dibenci Allah SWT (Freepik)
19:45
28 September 2024

Apa Arti Ujub Dalam Islam? Hati-hati, Sifat yang Dibenci Allah SWT

Mungkin kamu pernah mendengat kata ujub namun belum tahu apa artinya. Nah bagi yang ingin mengetahuinya, mari simak penjelasanya berikut ini mengenai apa arti ujub dalam Islam lengkap dengan cara menghindarinya.

Diketahui bahwa setiap manusia yang hidup di bumi memiliki sifat bermacam-macam, salah satunya sifat ujub. Sebenarnya ujub ini termasuk sifat yang harus dihindari oleh manusia. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan apa arti ujub dalam Islam.

Arti Kata Ujub dalam Islam

Melansir dari berbagai sumber, ujub merupakan sifat  pada diri seseorang yang melihat dirinya dengan rasanya penuh kebanggaan dengan apa yang telah dicapainya. Ujub bisa diartikan juga memuji diri sendiri atas pekerjaan yang telah Ia lakukan.

Menurut pandangan Islam, ujub termasuk sifat tercela. Karena Islam mengarjakan betapa pentinga sifat rendah hati atau tawadhu. Sifat rendah hati atau tawadhu ini bertentangan dengan sifat ujub, yang mana ujub ini menjurus ke sifat sombong atau merasa tinggi dari yang lain.

Baca Juga: Happy Weekend Artinya Apa? Ini Contoh Pemakaiannya

Sifat ujub ini merupakan sifat yang tidak disukai oleh Allah SWT karena menganggap diri sendiri lebih baik dan lebih suci dibanding yang  lain. Ini tercantum dalam Al quran surat An-Najm ayat 32 yang bunyia ayatnya sebagai berikut:

اَلَّذِيْنَ يَجْتَنِبُوْنَ كَبٰۤىِٕرَ الْاِثْمِ وَالْفَوَاحِشَ اِلَّا اللَّمَمَۙ اِنَّ رَبَّكَ وَاسِعُ الْمَغْفِرَةِۗ هُوَ اَعْلَمُ بِكُمْ اِذْ اَنْشَاَكُمْ مِّنَ الْاَرْضِ وَاِذْ اَنْتُمْ اَجِنَّةٌ فِيْ بُطُوْنِ اُمَّهٰتِكُمْۗ فَلَا تُزَكُّوْٓا اَنْفُسَكُمْۗ هُوَ اَعْلَمُ بِمَنِ اتَّقٰى ࣖ ٣٢

Artinya: "(Mereka adalah) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji. Akan tetapi, mereka (memang) melakukan dosa-dosa kecil. Sesungguhnya Tuhanmu Mahaluas ampunan-Nya. Dia lebih mengetahui dirimu sejak Dia menjadikanmu dari tanah dan ketika kamu masih berupa janin dalam perut ibumu. Maka, janganlah kamu menganggap dirimu suci. Dia lebih mengetahui siapa yang bertakwa."

Cara Menghindari Sifat Ujub

Ada beberapa cara untuk menghindari ujub menurut pandangan Islam. Mengutif dari buku Menjadi Bijak dan Bijaksana 4 karya Ibnu Basyar, berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menghindari sifat ujub dalam Islam.

- Perbanyak dzikir dan istighfar

Baca Juga: Fafafa Itu Apa Artinya? Viral di Media Sosial Usai Fufufafa dan Fufufu

- Muhasabah setiap harinya sebelum tidur

 - Senantiasa mengingat kebesaran Allah SWT

- Senantiasa bersyukur

- Tawadhu'

- Selalu berbuat baik pada sesama manusia

Demikian ulasan mengenai apa apa arti ujub dalam Islam lengkap dengan cara menghindarinya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #arti #ujub #dalam #islam #hati #hati #sifat #yang #dibenci #allah

KOMENTAR