Karyawan Baru Merapat, Ini 7 Rekomendasi Topik untuk DIbicarakan dengan Rekan Kerja di Kantor
Ilustrasi rekan kerja./Pexels
07:56
28 September 2024

Karyawan Baru Merapat, Ini 7 Rekomendasi Topik untuk DIbicarakan dengan Rekan Kerja di Kantor

Mendapatkan pekerjaan baru selalu jadi hal yang baik bagi seseorang.

Perasaan diterima dan menjalani kehidupan baru sebagai pekerja adalah sesuatu yang menegangkan sekaligus menyenangkan.

Sebagai pekerja baru di kantor, kamu akan dihadapkan pada banyak permasalahan. Mulai dari cakupan pekerjaan yang benar-benar baru, ilmu yang tidak akan didapatkan dimanapun, sampai bagaimana berkomunikasi dengan rekan kerja lain.

Salah satu hal yang paling penting dalam menjadi karyawan baru di kantor adalah bagaimana relasimu dengan rekan kerja. Berbeda usia dan latar belakang, bersosialisasi dengan rekan kerja merupakan tantangan tersendiri bagi seseorang.

Dalam berbincang dengan rekan kerja, topik yang diangkat merupakan hal yang penting. Ada beberapa topik yang bisa diangkat dalam pembicaraan. dan ada juga yang tidak.

Bagi kamu yang bingung harus bicara apa di perbincangan dalam kantor, kamu bisa menyimak artikel ini.

DIkutip dari Idealist dan Tandym Group, berikut ini adalah 7 rekomendasi topik untuk dibicarakan dengan rekan kerja di kantor:

1. Puji Rekan Kerja

Topik pertama yang bisa kamu katakan ketika berbincang dengan rekan kerja baru di kantor adalah dengan memuji rekan kerja.

Apabila kamu terlalu malu memulai percakapa dengan menyapa atau menanyakan sesuatu, kamu bsai melontarkan pujian sederhana pada rekan kerja tersebut.

Pujian sederhana bisa kamu katakan tentang baju, sepatu, atau bagaimana rekan kerja terlihat sangat cantik atau wangi di hari itu.

Hal ini bsai berlanjut dengan percakapan misalnya jenis parfum atau baju yang dikenakan.

Lebih jauh, pujian juga bsai membuat impresi bagus yang akan melekat pada rekan kerja tersebut padamu.

2. Tanyakan Bantuan

Topik kedua yang juga bisa kamu lontarkan sebagai pembicaraan dengan rekan kerja adalah mengenai bantuan. Kamu bsia menawarkan bantuan pada rekan kerja atau menanyakan apakah ada yang perlu dibantu dari rekan kerja.

Pastikan kamu punya wakktu luang dan juga kemampuan untuk bsia mengerjakan hal tersebut.

Sebagai rekomendasi topik, menanyakan bantuan bsia jadi awal hubungan baik antara rekan kerja dan kamu di kantor.

3. Hiburan Populer

Salah satu topik yang tentu paling bisa dijadikan pembuka pembicaraan adalah tetang hiburan populer. Kamu bisa mulai berbicara tentang film, artis, drama, podcast, acara TV mana yang menarik.

Apabila kamu menemukan rekan kerja dengan selera yang sama, kamu bisa berbincang lebih jauh. Apabila rekan kerja memiliki selera yang jauh berbeda, kamu bsia menanyakan hal lebih jauh tentang kesukaannya.

4. Hobi & Kesenangan

Topik lain yang bisa kamu tanyakan adalah membahas mengenai hobi dan kesenangan. Kamu bsai menanyakan apakah rekan kerja memiliki hobi atau aktivitas kesenangan apa yang akan dilakukan nanti di akhir pekan.

Lebih jauh, kamu bisa menggali lebih dalma tentang hobi tersebut. Misanya, sejak kapan rekan kerja tersebut mulai naik gunung, atau hal apa yang paling susah dan jadi tantangan dalam naik gunung.

5. Tempat Sekitar

Bekerja di kantor sebagai karyawan baru berarti belum terlalu familiar. Sekali dayung dua pulau terlampaui, kamu bia mengangkat topik dengan menanyaan lingkungan sekitar.

Seperti rekomendasi warung atau restoran, adakah tempat menarik yang bsai dikunjungi dan masih banyak lagi.

Percakapan seperti ini bahkan bsai berujung pada janji makan siang bersama, atau pertemuan di akhir pekan untuk bermain bola bowling bersama. Dengan menanyakan ini, kamu juga bisa jadi tahu tempat-tempat menarik di sekitar kantor.

6. Tentang Pekerjaan

Meski dirasa kurang menarik, nyatanya kamu bisa menjadikan pekerjaan jadi topik untuk dibicarakan pertama kali kepada rekan kerja.

Bukan tentang cakupan pekerjaan, kamu bsai menggali lebih jauh soal rekan kerja dan pekerjana yang dipegang.

Kamu bsia menanyakan sejak kapan rekan kerja bekerja, dan mengapa tertarik bekerja di bidang ini.

Apabila rekan kerja ternyata berubah haluan karir dair karir sebelumnya, kamu juga bia menanyakan hal tersebut. Kamu bia menanyakan apa yang membuatnya tertarik pada pekerjaan ini.

7. Mimpi dan Aspirasi

Terakhir, kamu bisa menanyakan terkait mimpi dan aspirasi. Hal ini memang bukan jadi topik yang lazim diangkat, namun kamu tetap bsia membawanya ke dalma pembicaraan dengan rekan kerja untuk pertama kali.

Misalnya, kamu bisa bertanya aspirasi yang ingin dicapai dalam pekerjaan ini. Bagaimana proses pengembangan diri d perusahaan, atau apakah rekan kerja punya mimpi yang belum atau sudah berhaisl ia capai.

Tidak semua ornag memang mau menjawab rencana hidup karirnya, namun ada juga yang bersedia menjawab hal ini.

Ketujuh poin diatas merupakan beberapa rekomendasi topik yang bisa kamu angkat dalam pembicaraan dengan rekan kerja di kantor.

Selain menyiapkan rekomendasi topik di kepala, pastikan untuk mengisi kepercayaan diri untuk membuka mulut dan ikut masuk dalampembicaraan meski sebagai karyawan baru.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #karyawan #baru #merapat #rekomendasi #topik #untuk #dibicarakan #dengan #rekan #kerja #kantor

KOMENTAR