Simak! 5 Tanda Perempuan Kesepian dan Tidak Bahagia, Salah Satunya Sering Online di Media Sosial
Salah satu tanda perempuan yang kesepian dan tidak Bahagia adalah sering online di media sosial (freepik)
14:30
24 September 2024

Simak! 5 Tanda Perempuan Kesepian dan Tidak Bahagia, Salah Satunya Sering Online di Media Sosial

Kesepian merupakan perasaan yang kita semua alami pada suatu waktu namun bagi sebagian orang, kesepian dapat menjadi teman yang terus-menerus.

Anda mungkin mendapati diri Anda menjalani hidup dengan perasaan seolah-olah Anda adalah orang luar yang melihat ke dalam, mempertanyakan mengapa Anda terus-menerus merasa kesendirian bahkan ketika dikelilingi oleh banyak orang.

Bagaimana Anda mengenali jika apa yang Anda alami lebih dari sekadar rasa rindu sekali untuk terhubung atau justru mencerminkan rasa kesepian dan ketidakbahagiaan Anda?

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai beberapa tanda perempuan kesepian dan tidak bahagia sebagaimana dilansir dari laman Global English Editing, Selasa (24/9) sebagai berikut :

1. Menyembunyikan emosi dengan kesibukan

Salah satu perilaku umum di kalangan perempuan yang kesepian dan tidak Bahagia adalah mengisi setiap menit hari mereka dengan berbagai kegiatan.

Anda mungkin mendapati diri Anda terus-menerus bepergian, mencentang item-item di daftar tugas atau mengerjakan beberapa proyek sekaligus. Intinya jadwal Anda jarang memiliki momen tenang atau waktu senggang.

Hal ini berpotensi menjadi tanda kesepian sebab dengan menyibukkan diri, kita sering kali terhindar dari perasaan terisolasi dan terputus yang mendalam akibat kesepian.

Intinya perilaku ini sebagai pengalihan dan cara untuk membuat pikiran kita tetap sibuk sehingga kita tidak harus menghadapi rasa sakit karena merasa sendirian.

Ironisnya, semakin sibuk kita maka semakin sedikit waktu yang kita miliki untuk hubungan yang bermakna dan koneksi yang tulus sehingga semakin memperdalam rasa kesepian kita.

2. Sering online di media sosial

Tanda lain perempuan kesepian dan tidak Bahagia adalah sering terhubung secara daring.

Anda mungkin saja menghabiskan waktu berjam-jam menelusuri feed media social, mengunggah pembaruan secara berkala atau terlibat dalam forum dan grup daring.

Ironisnya, dunia daring bisa memperparah perasaan kesepian. Pasalnya hubungan yang bermakna dibangun atas interaksi emosional yang mendalam dan pengalaman bersama sulit ditiru di balik layer.

3. Sering mengalami perubahan suasana hati

Perubahan suasana hati dapat menjadi gejala umum dari banyak kondisi emosional tetapi bisa juga menjadi indikasi kesepian yang mendasarinya.

Anda mungkin menyadari bahwa suasana hati Anda lebih sering berubah-ubah dari senang menjadi sedih atau mudah tersinggung.

Emosi-emosi ini mungkin tampak tidak beralasan namun kerap membuat Anda merasa bingung dan terkuras secara emosional. Kesepian sering kali dapat terwujud sebagai gejolak emosi yang tidak menentu.

Saat kita merasa terisolasi justru emosi kita meningkat. Kita menjadi lebih rentan terhadap pikiran dan perasaan negatif sehingga dapat memicu perubahan suasana hati.

4. Kritik diri yang berlebihan

Kita semua tentu mempunyai momen keraguan dan kritik terhadap diri sendiri tetapi jika menjadi berlebihan maka itu menunjukkan sesuatu yang lebih dalam kesepian.

Anda mungkin terus-menerus meragukan harga diri Anda, mengkritik setiap tindakan Anda dan merasa perlu untuk memperbaiki diri. Pasalnya kesendirian sering kali membuat kita menjadi pengkritik paling keras terhadap diri kita sendiri.

Keterasingan justru dapat memperbesar kelemahan dan kekurangan kita sehingga menyebabkan kita menjadi terlalu kritis terhadap diri kita sendiri.

5. Keinginan terus-menerus untuk membantu orang lain

Menjadi penolong dan peduli terhadap orang lain adalah sifat yang indah namun terkadang keinginan terus-menerus untuk menolong dapat menandakan kesepian.

Anda mungkin sering kali menjadi orang yang mengulurkan tangan, membantu, memberi saran atau berusaha keras untuk membuat orang lain merasa nyaman.

Ketika kita merasa kesepian dan tidak Bahagia biasanya kita akan mencari cara untuk merasa dihargai dan dibutuhkan.

Membantu orang lain dapat memenuhi kebutuhan itu dan mengalihkan perhatian kita dari perasaan terputus hubungan untuk sementara waktu.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #simak #tanda #perempuan #kesepian #tidak #bahagia #salah #satunya #sering #online #media #sosial

KOMENTAR