Riwayat Pendidikan dan Karier Zumi Zola, Diisukan Dekat dengan Putri Zulhas
Zumi Zola (Instagram/zumizolazulkiflinurdin)
20:38
18 September 2024

Riwayat Pendidikan dan Karier Zumi Zola, Diisukan Dekat dengan Putri Zulhas

Zumi Zola sedang ramai menjadi perbincangan di media sosial. Mantan Gubernur Jambi tersebut diisukan sedang dekat dengan Putri Zulkifli Hasan, anak Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas).

Isu kedekatan Zumi Zola dengan Putri Zulhas tersebut mencuat setelah akun Instagram @tiwihawari milik Pratiwi Annisa yang mengunggah kehadiran keduanya dalam sebuah acara pada 9 September 2024.

Dalam video yang kemudian diunggah ulang akun gosip di Instagram terlihat Zumi Zola berada di sebelah Putri Zulhas pada acara tersebut. Ada momen sang mantan aktor itu mencium tangan Ketua Umum PAN.

"Bismillah pak @zumizolazulkiflinurdin dan mba @putri_zulhas ..diberi segala berkah dan kemudahan..amin yra.." tulis Pratiwi Annisa yang kemudian dibagikan ulang oleh akun-akun gosip.

Baca Juga: Latar Belakang Terpandang Keluarga Zumi Zola, Kini Digosipkan Dekat dengan Putri Zulhas

Profil dan Pendidikan Zumi Zola

Pemilik nama lengkap Zumi Zola Zulkifli ini lahir pada 31 Maret 1980. Dia merupakan putra dari pengusaha sekaligu politikus Zulkifli Nurdin dan Harmina Djohar.

Mendiang ayah Zumi Zola tutup usia sejak 28 November 2018. Mendiang Zulkifli Nurdin juga pernah menjabat sebagai Gubernur Jambi selama 2 periode, yaitu 1999-2004 dan 2005-2010.

Tidak banyak yang menjelaskan mengenai masa kecil hingga remaja Zumi Zola. Namun, dia diketahui pernah bersekolah di SMAI Al-Izhar Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Lulus dari sekolah menengah atas, Zumi Zola melanjutkan pendidikan sarjana Institut Pertanian Bogor. Dia kemudian melanjutkan S2 di London Metropolitan University.

Baca Juga: Kisah Juliana, Gadis Suku Anak Dalam Peraih Gelar Sarjana Pertama yang Ingin Menjaga Hutan!

Karier Mentereng Zumi Zola

Sebelum terjun di dunia poltik, Zumi Zola lebih dulu berkarier di dunia modeling dan akting. Pada 2001, dia pernah mengikuti pemilihan Abang None, mewakili Jakarta Selatan.

Setelah itu, dia terjun di dunia akting dengan bermain di beberapa sinetron. Dia membintangi sejumlah sinetron, seperti Culunnya Pacarku, Julia Jadi Anak Gedongan. Kariernya semakin moncer dengan terlibat dalam beberapa film, di antaranya Di Sini Ada Setan the Movie, Kawin Laris, dan Merah Putih.

Moncer di entertainment, Zumi Zola memutuskan untuk terjun di politik. Dia maju sebagai Calon Bupati Tanjung Jabung Timur berpasangan dengan Ambo Tang pada 2011.

Belum selesai masa jabatannya sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur, dia maju sebagai Calon Gubernur Jambi berpasangan dengan Fachrori Umar dan terpilih.

Zumi Zola diketahui juga pernah enjadi Ketua DPW PAN Provinsi Jambi pada 2015–2018.

Editor: Baehaqi Almutoif

Tag:  #riwayat #pendidikan #karier #zumi #zola #diisukan #dekat #dengan #putri #zulhas

KOMENTAR