Hosting Fee Belum Dibayar, Kapan MotoGP Mandalika 2024 Digelar?
Arsip - Sejumlah pembalap melaju saat balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/foc.
11:55
18 September 2024

Hosting Fee Belum Dibayar, Kapan MotoGP Mandalika 2024 Digelar?

Pertanyaan seputar kapan MotoGp diselenggarakan di Mandalika semakin mencuat di tengah kabar bahwa dana penyelenggaraannya kian seret.

Kabar kurang menyenangkan tersebut terdengar dari Lucy Wiryono selaku pengelola sirkuit Mandalika. Pasalnya, pendanaan tahun ini tampaknya berasal dari pihak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Seperti diketahui, biaya pendanaan sirkuit Mandalika untuk MotoGP bisa mencapai Rp231 miliar.

“Hosting fee Mandalika yang harus dibayar ke Dorna Rp231 miliar. Deadline tanggal 27 September 2024 dan belum dibayar. Menteri Pariwisata sudah menyatakan tidak akan memberi subsidi berupa hosting fee lagi,"

Lantas, apakah kekhawatiran tersebut bisa berdampak pada keberlangsungan MotoGP yang akan segera dimulai? Berikut informasinya.

Baca Juga: Pantas Banyak yang Pilih ke Malaysia, Segini Beda Harga Tiket Nonton MotoGP di Mandalika vs Sepang

Kapan MotoGP 2024 Mandalika Digelar?

Berdasarkan siaran pers dari Kemenparekraf dan Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) akan digelar pada tanggal 27–29 September 2024. Itu artinya, Mandalika harus siap dalam kurun waktu kurang lebih 10 hari.

Indonesia kembali terpilih menjadi tuan rumah MotoGP untuk ketiga kalinya. Sebelumnya, MotoGP pada tahun 2023 juga diselenggarakan di Mandalika.

Sebelum digunakan untuk bertanding, sirkuit sepanjang 4,3 kilometer ini juga akan dipakai untuk latihan para peserta.

Sementara itu, penjualan tiket MotoGP di Mandalika telah dimulai sejak beberapa bulan lalu. Anda bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp700 ribu.

Baca Juga: Karut Marut MotoGP Mandalika: Terancam Gagal Gegara Hosting Fee Belum Dibayar

Dorna belum mencoret Mandalika

Di balik berbagai kabar buruk yang menerpa selama proses persiapan, Dorma selaku salah satu pemegang MotoGP masih mempertahankan Mandalika sebagai sirkuit tempat balapan.

Sebelumnya, Dorna sempat membatalkan agenda balap di Argentina dan Kazakhstan.

Sebagai solusi dari pembayaran yang masih tersendat, Lucy menyebut bahwa Indonesia Tourism Development Center akan bernegosiasi dengan Dorna untuk memundurkan tenggat pelunasan.

“Katanta ITDC akan minta ke Dorna untuk boleh mundur pembayarannya. Jadi, akan tetap race,” ujar Lucy.

Lucy juga menambahkan bahwa kecil kemungkinan MotoGP di mandalika akan dibatalkan karena pihak Dorna bisa mengalami kerugian.

“Mereka juga nggak bisa batalin sih. Karena kalau kurang dari 20 race, mereka mesti bayar penalti juga ke TV yang udah beli hak siar,” pungkas Lucy Wiryono.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #hosting #belum #dibayar #kapan #motogp #mandalika #2024 #digelar

KOMENTAR