10 Tips Ringan untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa Perlu Melakukan Diet Ekstrim
Ilustrasi 10 tips ringan untuk menurunkan berat badan tanpa diet ekstrim dengan makanan. (Pexels)
21:36
10 September 2024

10 Tips Ringan untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa Perlu Melakukan Diet Ekstrim

– Berat badan yang berlebihan dapat meningkatkan resiko masalah Kesehatan tubuh, seperti penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes. Pola diet yang ekstrim tidaklah menjadi Solusi yang tepat bagi para obesitas, namun masih banyak yang menjalankan diet ekstrim untuk menurunkan berat badan.

Dalam proses menurunkan berat badan dengan aman dan ringan perlu ada perubahan dalam gaya hidup secara bertahap, permanen, dan bermanfaat. Proses menurunkan berat badan juga tidak lepas dari mempertahankan berat badan yang ideal agar kebiasaan pola hidup sehat tetap terjaga.

Dikutip dari medicalnewstoday.com terdapat sepuluh tips untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya dengan beberapa Langkah-langkah berikut:

Makanan yang Bervariasi, Berwarna, dan Kaya akan Gizi

Menurunkan berat badan bisa dimulai dari makanan dan camilan yang sehat untuk tubuh. Tips sederhana yaitu dengan membuat daftar makanan dengan memastikan bahwa asupan gizi dapat terpenuhi. Terdiri dari 50 persen buah dan sayur, 25 persen biji-bijian, dan 25 persen protein.

Dalam menjaga pola makan perlu menghilangkan asupan lemak jenuh, dan meminimalisir karbohidrat yang berlebihan yang memiliki resiko penyebab penyakit jantung koroner. Sebagai gantinya, pola makan sehat dapat mengkonsumsi asam lemak tak jenuh Tunggal (MUFA) atau asam lemak tak jenuh ganda (PUFA).

Berikut makanan yang menyehatkan dan kaya akan nutrisi:

· Buah dan sayur segar

· Ikan

· Kacang-kacangan

· Biji-bijian

· Gandum utuh, seperti beras merah dan oatmeal

Berikut Makanan yang harus dihindari:

· Makanan dengan tambahan lemak, seperti minyak, mentega, dan gula

· Daging berlemak atau olahan

· Makanan panggang

· Roti putih

· Semua jenis makanan olahan

Untuk beberapa kasus, menghilangkan makanan tertentu dari pola makan sehat dapat menyebabkan seseorang kekurangan beberapa vitamin dan mineral yang penting. Maka perlu adanya saran atau masukan dari ahli gizi, ahli diet, atau ahli dalam pola makan sehat dan bergizi supaya mendapatkan cukup nutrisi saat program menurunkan berat badan.

Jaga Pola Makan dan Catat Progres Penurunan Berat Badan

Pentingnya memantau diri dalam program menurunkan berat badan agar dapat mengukur keberhasilan yang sudah dijalankan dalam pola hidup sehat. Setiap orang dapat menggunakan catatan kertas, aplikasi, atau web khusus yang dapat mencatat jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Hasil yang mereka peroleh dari memantau program penurunan berat badan dapat mengukur kemajuan mereka setiap minggu hingga bulan berat badan yang sudah turun. Mereka yang mencatat keberhasilan dapat mengidentifikasikan perubahan fisik yang dirasakan dari program menurunkan berat badan dengan kalkulator IMT.

Lakukan Aktivitas Fisik dan Olahraga Secara Teratur

Olahraga teratur sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental. Meningkatkan kuantitas aktivitas fisik secara disiplin dan bertahap sering kali penting untuk keberhasilan menurunkan berat badan. Aktivitas bisa dilakukan selama satu jam perhari, seperti jalan cepat dan aktivitas fisik yang tidak memberatkan tubuh.

Jika aktivitas fisik satu jam per hari tidak memungkinkan, menurut Mayo Klinik seseorang dapat berusaha untuk berolahraga 150 menit setiap minggunya. Orang yang tidak terbiasa dengan aktivitas fisik harus perlahan-lahan meningkatkan intensitas olahraga secara bertahap.

Sama seperti mencatat pola makan dapat membantu menurunkan berat badan secara psikologis. Mereka juga dapat memperoleh manfaat dengan melacak perolehan aktivitas fisik mereka secara bertahap. Pencatatan aktivitas fisik banyak didukung aplikasi seluler gratis untuk mencatat keseimbangan kalori setelah mereka mencatat asupan makanan dan olahraga.

Berikut aktivitas yang dapat meningkatkan latihan fisik mereka agar dapat menurunkan berat badan:

· Naik turun tangga

· Berjalan-jalan secara rutin

· Berkebun

· Menari

· Bermain diluar ruangan

· Parkir lebih jauh dari destinasi

Program latihan tidak perlu pemeriksaan medis apabila mereka memiliki resiko rendah terkena jantung koroner. Namun, pemeriksaan sebelumnya lebih disarankan, termasuk mereka yang menderita diabetes. Untuk lebih amannya konsultasi dengan pakar kesehatan dapat mengurangi resiko dari tingkat latihan yang dilakukan.

Hindari Kalori Cair

Konsumsi ratusan kalori sehari dengan minum soda, teh, jus, atau alkohol yang ditambahkan dengan gula. Makanan ini dikenal dengan “kalori kosong” karena menyediakan kandungan energi ekstrak tanpa memberikan manfaat nutrisi apapun.

Pengecualian dalam kasus lain, mereka yang mengkonsumsi smoothie untuk mengganti makanan, harus tetap minum air putih atau teh dan kopi tanpa gula. Dengan alternatif memberikan perasan lemon atau jeruk segar ke dalam air putih dapat memberikan rasa. Jangan salah artikan dehidrasi sebagai rasa lapar, sehingga mereka seringkali menambahkan jadwal makan dan minum.

Mengukur Porsi dan Mengontrol Porsi

Makan terlalu banyak, bahkan sayuran rendah kalori dapat mengakibatkan penambahan berat badan. Memperkirakan porsi makan lebih baik menggunakan gelas ukur agar tidak menebak-nebak yang membuat kelebihan porsi makan.

Pedoman singkat pengukuran makanan, seperti satu cangkir adalah bola bisbol, satu ons adalah segenggam, satu sendok teh adalah satu dadu, satu sendok makan adalah ujung ibu jari, tiga ons daging adalah setumpuk kartu, dan satu potong adalah ukuran satu DVD. Ukuran berikut mungkin kurang tepat, tetapi dapat dijadikan pedoman.

Makan dengan Penuh Kesadaran

Banyak orang dapat memperoleh manfaat dari makan dengan penuh kesadaran. Kesadaran tersebut dapat membuat pilihan makanan yang lebih sehat dan selaras dengan program menurunkan berat badan. Orang yang makan dengan kesadaran penuh dapat mencoba dengan makan perlahan dengan menikmati makanan.

Makan dengan durasi 20 menit lebih membuat sinyal rasa kenyang pada tubuh. Pentingnya untuk fokus pada rasa puas setelah makan daripada rasa kenyang dapat memperoleh manfaat alami atau menurunkan konsumsi lemak yang berlebihan, sehingga menjadi pilihan yang sehat.

Stimulus dan Isyarat Mengontrol Pola Hidup Sehat

Isyarat sosial dan lingkungan yang dapat mendorong makan yang tidak perlu. Seperti, sebagian orang cenderung makan berlebihan saat menonton televisi. Enggan dalam berbagi makanan dapat memberikan isyarat bahwa mereka mampu mengurangi makan kalori kosong. Dan isyarat yang dapat memberikan dorongan menjaga pola hidup sehat adalah menyesuaikan rutinitas makan dengan membatasi pemicu mengkonsumsi kalori berlebihan.

Rencanakan Lebih Awal

Menyediakan makanan dengan program diet di dapur dan membuat rencana yang terstruktur akan menghasilkan penurunan berat badan yang lebih signifikan. Mereka yang menurunkan berat badan dan mempertahankan agar tetap menjaga pola makan yang sehat dapat dilakukan dengan membersihkan dapur dari makanan olahan dan cepat saji.

Mencari Dukungan Sosial

Memperoleh dukungan dari orang-orang terdekat merupakan bagian penting dari proses penurunan berat badan yang sukses. Sebagian orang mungkin ingin mengajak teman atau anggota keluarga untuk bergabung.

Sementara yang lain mungkin lebih suka menggunakan media sosial untuk berbagi kemajuan mereka. Cara dukungan lainnya, seperti lingkungan sosial yang positif, konsultasi dengan kelompok atau seseorang, mengikuti klub atau golongan olahraga, dan program Kesehatan di lingkungan kerja.

Tetap Berpikir Positif

Penurunan berat badan adalah proses yang bertahap, mereka yang menjalankan program ini mungkin merasa putus asa jika program yang dijalankan tidak mendapat progres. Program menurunkan berat badan yang berhasil mewajibkan mereka untuk disiplin dan tidak menyerah saat proses perubahan pola hidup.

Beberapa orang mungkin perlu membiasakan diri untuk berubah yang hidup yang sehat, salah satunya dengan menyesuaikan jumlah kalori yang ingin mereka makan atau mengubah pola olahraga mereka. Satu hal penting adalah menjaga pandangan positif dan semangat dalam mengatasi hambatan untuk memperoleh progres penurunan berat badan.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #tips #ringan #untuk #menurunkan #berat #badan #tanpa #perlu #melakukan #diet #ekstrim

KOMENTAR