Ketahui 4 Jenis Chili Oil, Nikmati Sensasi Hidangan Rasa Pedas yang Luar Biasa dari Minyak Cabai
Ilustrasi Chili Oil / Sumber : Freepik
09:44
21 Januari 2024

Ketahui 4 Jenis Chili Oil, Nikmati Sensasi Hidangan Rasa Pedas yang Luar Biasa dari Minyak Cabai

– Pecinta makanan pedas jika ingin menikmati hidangan pedas lain yang unik disarankan untuk mencoba chili oil atau minyak cabai.

Minyak cabai semakin populer belakangan ini karena memberikan rasa pedas yang dapat meningkatkan pengalaman rasa pedas.

Chili oil adalah sebuah kondimen populer yang dibuat dengan mencampurkan minyak dengan cabai dan bahan lain seperti bawang putih, bawang, dan rempah-rempah.

Minyak tersebut memberikan rasa pedas dan umumnya digunakan dalam masakan Asia untuk menambahkan kepedasan dan kedalaman rasa pada hidangan.

Bahan-bahan dalam pembuatan chili oil dapat bervariasi, tetapi cabai kering merah, lada Sichuan, dan cabai rawit adalah cabai yang paling umum digunakan. Cabai-cabai ini biasanya digoreng sebentar dalam minyak.

Kemudian cabai-cabai tersebut dicampur dengan bahan lain untuk meningkatkan rasa.

Kecap, cuka, dan gula juga sering ditambahkan ke chili oil untuk memberikan kedalaman rasa pedas.

Dilansir dari laman Chefd, terdapat berbagai jenis yang menawarkan berbagai rasa dan tingkat kepedasan dari chili oil atau minyak cabai.

1. Traditional Chinese Chili Oil

Minyak cabai tradisional jenis ini biasanya ada dalam masakan Tiongkok. Minyak ini terbuat dari kombinasi cabai kering, bawang putih, dan rempah-rempah aromatik.

Minyak cabai ini memiliki rasa yang kaya dan dalam dengan memberikan kepedasan yang lembut dan meningkatkan cita rasa banyak hidangan.

Umumnya digunakan dalam stir-fry, mie, dan dumpling. Minyak cabai ini memberikan sentuhan nikmat pada hidangan tersebut dengan rasa yang dalam dan kepedasan yang lembut.

2. Sichuan Spicy Chili Oil

Minyak cabai pedas ini berasal dari sesuai Namanya yakni di Provinsi Sichuan, Tiongkok.

Minyak cabai ini dikenal karena kepedasan yang berani dan sensasi kesemutan yang khas. Jenis chili oil ini terbuat dari campuran cabai, lada Sichuan, bawang putih, dan kacang hitam Tiongkok.

Campuran unik dari bahan tersebut menciptakan sensasi pedas yang kuat dan memberikan kesemutan pada lidah.

Minyak cabai ini biasanya cocok digunakan untuk memberikan kepedasan dan rasa pada hidangan hot pot dan tahu pedas.

3. Italian-Infused Chili Oil

Jika ingin mendapatkan sentuhan rasa Mediterania pada hidangan, disarankan menambahkan jenis minyak cabai ini.

Minyak cabai ini terbuat dari serpihan cabai kering, rempah-rempah seperti oregano dan basil, serta minyak zaitun berkualitas tinggi.

Proses infus dari minyak ini menciptakan perpaduan rasa pedas yang harmonis. Rasa dari minyak ini cocok dipadukan dengan hidangan seperti pasta, pizza, dan sayuran panggang.

4. Japanese Rayu

Japanese Rayu merupakan minyak cabai yang populer di Jepang. Minyak ini terbuat dari campuran cabai, bawang putih, jahe, dan minyak wijen.

Kombinasi unik yang dihasilkan Japanese rayu memberikan kepedasan yang seimbang.

Menawarkan rasa gurih yang lezat. Biasanya minyak ini sering digunakan sebagai saus celup untuk gyoza (dumpling). Serta, berfungsi sebagai penguat rasa untuk ramen dan nasi goreng.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #ketahui #jenis #chili #nikmati #sensasi #hidangan #rasa #pedas #yang #luar #biasa #dari #minyak #cabai

KOMENTAR