Mengetahui 4 Manfaat Kimchi: Kelezatan Makanan Khas Korea Kaya Nutrisi dan Disukai Semua Orang
ilustrasi kimchi. Sumber foto: Freepik
17:28
20 Januari 2024

Mengetahui 4 Manfaat Kimchi: Kelezatan Makanan Khas Korea Kaya Nutrisi dan Disukai Semua Orang

- Orang-orang menyukai masakan Korea karena berbagai alasan, namun salah satu paling populer adalah kimchi karena memiliki rasa yang kaya dan tekstur renyah.

Kimchi merupakan lauk populer dan lezat yang biasa dikonsumsi di Korea. Tidak hanya rasanya yang lezat, tetapi juga menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan.

Hidangan tradisional Korea ini terbuat dari sayuran yang difermentasi seperti daun bawang, kubis, dan lobak, serta bahan lain seperti gula, garam, bawang merah, jahe, bawang putih, dan cabai.

Beberapa sayuran ini bersifat musiman, karenanya orang Korea mengawetkan makanan mereka sehingga bisa mengkonsumsi kimchi sepanjang tahun. Proses fermentasi memberi kimchi beraroma dan rasa yang berbeda.

Kimchi mengandung berbagai vitamin seperti A, B, dan C, serta mineral seperti zat besi dan kalsium yang berkontribusi terhadap nilai gizi secara keseluruhan, seperti dikutip JawaPos.com dari Healthshots, Sabtu (20/1).

Lantas, apa saja manfaat dari mengkonsumsi hidangan fermentasi tradisional Korea tersebut untuk kesehatan? Simak uraiannya di bawah ini.

1. Membantu pencernaan

Kimchi kaya akan bakteri baik (probiotik) yang meningkatkan mikrobioma usus sehat, membantu pencernaan, dan mendukung sistem kekebalan tubuh, kata ahli gizi Deepti Khatuja.

2. Membantu penurunan berat badan

Kimchi biasanya rendah kalori, menjadikannya tambahan makanan yang sehat bagi mereka yang memperhatikan asupan kalorinya. Mengonsumsi makanan fermentasi seperti kimchi dikaitkan dengan pengelolaan berat badan dan penurunan risiko obesitas.

3. Melawan peradangan

Bahan-bahan dalam kimchi seperti bawang putih, jahe, dan cabai kaya akan antioksidan yang membantu melawan stres oksidatif dan peradangan.

4. Manfaat fermentasi

Proses fermentasi meningkatkan bioavailabilitas nutrisi sehingga lebih mudah diserap tubuh.

Ingat, meskipun kimchi memiliki banyak manfaat kesehatan, namun konsumsi secukupnya menjadi kunci karena kandungan natriumnya yang tinggi, ungkap Khatuja.

Khatuja menyebut makan kimchi setiap hari umumnya dianggap aman bagi kebanyakan orang, namun perlu diperhatikan untuk menghindari asupan garam berlebihan dan potensi masalah pencernaan.

Kimchi memiliki berbagai manfaat kesehatan, tetapi mungkin memiliki beberapa efek samping bagi individu tertentu.

  • Kandungan natrium yang tinggi: Kimchi seringkali mengandung natrium tinggi dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Penderita hipertensi sebaiknya mengkonsumsi kimchi dalam jumlah sedang.
  • Bahan pedas: Sifat pedas kimchi mungkin tidak cocok untuk orang dengan perut sensitif atau mereka yang mengalami refluks asam, jelas Khatuja.
  • Gas fermentasi: Beberapa orang mungkin mengalami kembung atau gas akibat proses fermentasi yang menghasilkan gas seperti karbon dioksida. Hal ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi individu yang memiliki masalah pencernaan.

  • Kandungan histamin: Makanan fermentasi seperti kimchi mengandung histamin dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang atau memperburuk gejala pada mereka yang memiliki intoleransi histamin.
  • Potensi allergen: Bahan-bahan seperti kerang atau kecap ikan yang digunakan dalam beberapa resep kimchi dapat menimbulkan risiko alergi bagi individu dengan alergi tertentu.

Seperti halnya makanan apa pun, penting untuk memperhatikan kepekaan individu dan berkonsultasi dengan ahli kesehatan jika dirasa memiliki kekhawatiran.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #mengetahui #manfaat #kimchi #kelezatan #makanan #khas #korea #kaya #nutrisi #disukai #semua #orang

KOMENTAR