Lebih Manusiawi Mana? Ini Beda Gaji Pratama Arhan di Suwon FC dan Tokyo Verdy
Bek sayap Timnas Indonesia, Pratama Arhan, resmi diumumkan sebagai pemain baru klub kasta tertinggi Liga Korea Selatan (K League 1), Suwon FC, Selasa (16/1/2024). [Dok. Instagram/@suwonfc]
15:49
20 Januari 2024

Lebih Manusiawi Mana? Ini Beda Gaji Pratama Arhan di Suwon FC dan Tokyo Verdy

Pemain bertahan Timnas Indonesia, Pratama Arhan kini resmi berlaga di bawah naungan tim kenamaan Negeri Ginseng, Suwon FC. Publik sontak menduga bahwa gaji Pratama Arhan bakal lebih menggiurkan ketimbang saat ia bermain di Tokyo Verdy.

Suwon FC resmi merilis pengumuman bahwa Arhan akan membela klub kasta tertinggi Liga Korea Selatan (K League 1) itu via akun Instagram resmi.

"Suatu kehormatan bisa bersama Arhan! Selamat datang di Suwon FC!" tulis Suwon FC lewat akun Instagram, Selasa (16/1/2024).

Lantas, seperti apa perbandingan gaji Pratama Arhan saat bernaung di Tokyo Verdy dan di Suwon FC?

Gaji Pratama Arhan di Tokyo Verdy: Bikin pelatih Timnas miris?

Para penggemar sepak bola dalam negeri menduga bahwa Arhan angkat kaki dari Tokyo Verdy lantaran gaji yang minim. Bahkan, sosok pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sempat miris dengan kondisi Arhan di Tokyo Verdy. Pelatih asal Korea Selatan itu juga memberikan petunjuk halus bahwa gaji Arhan di tim tersebut sangat sedikit.

"Saya berharap pemain yang pindah kemanapun harus dapat bermain di timnya, dan dia (Pratama Arhan) hampir tidak main di Tokyo Verdy," ujar Shin Tae-yong.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari kanal pemberitaan Jepang Nenshuu.net, Pratama Arhan hanya menerima gaji sebesar 5 juta yen per musim yang setara dengan Rp500 juta sampai Rp600 juta. Gaji tersebut tak sebanyak kala ia masih berlaga di Tanah Air.

Gaji Pratama Arhan di Suwon FC: Pindah demi sang istri?

Arhan tak melanjutkan kontraknya di Tokyo Verdy dan kini berlabuh ke Suwon FC. Tentu sebagai suami, Pratama Arhan harus menafkahi istrinya, Azizah Salsha. Otomatis, gaji Pratama Arhan harus lebih banyak ketimbang sebelumnya.

Arhan beruntung ketika dirinya memilih untuk 'hijrah' ke Suwon FC. Sebab, gajinya di Suwon FC kini lebih layak ketimbang sebelumnya. Korean Times, memberitakan bahwa gaji pemain liga K League 1 idealnya senilai 282,1 juta won atau setara dengan Rp3,2 miliar. 

Jika Arhan menunjukkan performanya yang apik di K League 1, maka gajinya bisa sampai Rp 10 miliar. 

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #lebih #manusiawi #mana #beda #gaji #pratama #arhan #suwon #tokyo #verdy

KOMENTAR