Buron Pembunuhan AS Tertangkap Setelah 20 Tahun, Ternyata Menyamar Jadi Polisi di Meksiko
Ilustrasi buronan atau DPO kepolisian. [shutterstock]
18:20
18 Agustus 2024

Buron Pembunuhan AS Tertangkap Setelah 20 Tahun, Ternyata Menyamar Jadi Polisi di Meksiko

Antonio 'El Diablo' Riano, seorang buron yang dicari oleh otoritas AS selama hampir dua dekade sehubungan dengan penembakan fatal di Cincinnati, baru -baru ini ditemukan bekerja sebagai seorang polisi di Meksiko.

Pada bulan Desember 2004, empat hari sebelum Natal, Antonion Riano berdebat dengan seorang pria berusia 25 tahun di sebuah bar di Cincinnati, Ohio. Pertengkaran mereka berlanjut di luar lubang air di mana kamera pengintai menangkap Riano mengeluarkan pistol dan kemudian menembak wajah pria lain itu, membunuhnya.

Pria itu dijuluki 'El Diablo' (Spanyol untuk 'Iblis') kemudian melanjutkan dan berhasil melarikan diri dari pihak berwenang meskipun perburuan nasional. Riano pergi mengunjungi saudara perempuannya di New Jersey sebelum menghilang lagi, kali ini selama hampir 20 tahun.

Dia tetap dalam daftar penjahat yang paling dicari di AS, tetapi para penyelidik berhenti secara aktif mencarinya setelah beberapa tahun, sampai baru -baru ini ketika seorang detektif menemukan El Diablo melalui media sosial.

Baca Juga: Dibalik Topeng Kemajuan Ternyata ada Krisis Pernikahan Anak di Negeri Paman Sam

Tidak ada Facebook ketika Antonio Riano melakukan pembunuhan hampir dua dekade yang lalu, tetapi ketika Paul Newton, seorang mantan wakil pada kasus 2004 yang sekarang bekerja untuk kantor Kejaksaan Wilayah Butler, mencari namanya di jejaring sosial populer, ia terkejut melihat The Foto pria yang sama yang dia impikan untuk menangkap, hanya bekerja sebagai petugas polisi di negara bagian Mexcian di Oaxaca.

"Aku suka, 'Ya Tuhan, itu dia!'" Newton memberi tahu WKRC. "Sedikit kelabu, sedikit lebih tua, tapi itu dia."

Penyelidik AS menghubungi pihak berwenang Meksiko dan mereka mengkonfirmasi bahwa Riano memang bekerja sebagai petugas polisi di Departemen Kepolisian Zapotitlan Palmas. Meksiko sepakat untuk menyerahkan Riano kepada Marshals AS setelah menangkapnya, dan ia kemudian diterbangkan ke Ohio untuk dipesan dengan pembunuhan, hukuman yang dapat membawa hukuman seumur hidup di negara bagian AS.

Terlepas dari bukti video tentang dia menembak Benjamin Beccera di Bar Roundhouse di Hamilton, Ohio. Dua dekade lalu, Antonio Riano terus menyangkal kejahatannya, tetapi jaksa mengklaim bahwa mereka tidak membutuhkan pengakuannya.

"Kami memiliki semua bukti yang kami butuhkan berkumpul," kata Mark Henson, seorang detektif pada kasus ini pada tahun 2004, mengatakan. “Kami sudah memiliki dakwaan langsung terhadapnya. Itu hanya masalah menunggu untuk menemukannya."

Baca Juga: Survei Terbaru Pilpres AS: Kamala Harris Atau Donald Trump Yang Menang?

Ditanya mengapa ia menjadi petugas polisi di Meksiko, pria berusia 72 tahun itu mengatakan bahwa ia ingin membantu orang-orang Meksiko. Bicara tentang bersembunyi di depan mata, eh?

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #buron #pembunuhan #tertangkap #setelah #tahun #ternyata #menyamar #jadi #polisi #meksiko

KOMENTAR