Dampak Taifun No.7 Jepang Menghantam Area Kanto Jumat Ini
Pohon besar ambruk di Hiroo Shibuyaku Tokyo Jumat ini (16/8/2024) 
00:20
17 Agustus 2024

Dampak Taifun No.7 Jepang Menghantam Area Kanto Jumat Ini

- Berbagai dampak taifun No.7 yang menghantam Kanto khususnya Tokyo dan Chiba Jumat ini (16/8/2024).

Tokyo Disneyland dan DisneySea ditutup pada pukul 3 sore yang biasanya sampai sekitar jam 20.00 waktu Jepang.

Layanan kurir paket dan atau pos penjemputan dan pengiriman ditangguhkan di beberapa daerah.

Kereta peluru Shinkansen dihentikan seharian kecuali jadwal terpagi hingga jam 11.00 waktu Jepang. Ferry di Kanto juga dibatalkan.

Ada pembatalan dan penundaan penerbangan dan feri, dan penundaan pengiriman paket antara prefektur Hokkaido, Tohoku, Kanto-Koshinetsu, Tokai, dan Okinawa diperkirakan akan terjadi pada tanggal 16 hingga 17 Agustus 2024.

Sedikitnya 600 penerbangan dibatalkan hari Jumat ini.

Sedikitnya 389 kantor pos di Chiba dan Tokyo telah menangguhkan operasi konter mereka pada tanggal 16 karena terkait taifun dan transportasi yang berhenti pula.

Beberapa toko serba ada dan supermarket tutup di daerah Tokyo dan Chiba.

Sebanyak 43 restoran di Prefektur Chiba, termasuk "Jaringan Restoran Besar" Skylark Holdings, Gusto, Zensho holdings, Sukiya, tidak sedikit yang tutup di Chiba dan sebagian di Ibaraki.

Pada sore hari tanggal 16 Agustus di Kota Mito, kaca jendela sebuah bangunan di pusat kota pecah dan jatuh di trotoar, tetapi tidak ada yang terluka.

Sekitar pukul 3 sore pada tanggal 16 Agustus, pecahan kaca berserakan di trotoar arcade jalan perbelanjaan di Minamimachi, Kota Mito, dan polisi membatasi akses ke bagian trotoar.

Menurut seseorang di sebuah toko di dekat tempat kejadian, pecahan kaca itu menembus langit-langit arcade dan jatuh, tetapi tidak ada orang yang lewat dan tidak ada yang terluka pada saat itu.

Seorang pria yang bekerja di dekatnya berkata, "Ada suatu saat ketika angin bertiup kencang hari ini, dan saya pikir ada beberapa bangunan tua di daerah ini karena ini adalah jalan perbelanjaan bersejarah."

Ota-ku, Tokyo tiang telepon beton rusak terpengaruh oleh angin kencang tepat sebelum pukul 11:30 pagi pada tanggal 16 Agustus.

Tiang telepon beton rusak sekitar 3 hingga 4 meter di atas tanah di Nishirokugo, Ota-ku, Tokyo, telah dikonfirmasi pihak kepolisian dan menjaga daerah kerusakan tersebut hingga sore tadi.

Tiang telepon tingginya sekitar 7 meter dan diameter sekitar 20 sentimeter, dan berdiri di dekat hamparan bunga antara jalan dan trotoar, tetapi putus di sisi trotoar dan bersandar pada kabel listrik di dekatnya.

Menurut NTT East Japan yang sedang menyelidiki kemungkinan bahwa tiang listrik yang rusak mungkin telah patah karena angin kencang.

Letaknya berjarak sekitar 1 km di selatan Stasiun JR Kamata di daerah perumahan padat penduduk.

Selain itu Pohon tumbang di Hiroo, Distrik Shibuya, Tokyo dan tumbang menghalangi jalan raya.

Di daerah pemukiman Hiroo, Shibuya-ku, Tokyo, sebuah pohon yang ditanam di antara jalan raya dan trotoar patah dari akarnya dan tumbang, menghalangi jalan raya.

Langsung ditangani dan para pekerja memotong cabang pohon yang tumbang.

Menurut Distrik Shibuya, tidak ada yang terluka, dan penyebab pohon tumbang sedang diselidiki.

Seorang pria berusia 50-an yang tinggal di dekatnya berkata, "Setelah pukul 1 siang, saya mendengar suara keras seperti guntur dan melihat ke luar dan melihat sebuah pohon tumbang."

Di Prefektur Chiba, kabel listrik terputus dan percikan api muncul, apakah karena angin kencang?

Menurut departemen pemadam kebakaran dari Serikat Administratif Wilayah Luas Kota Yamatake-gun di Prefektur Chiba, sekitar pukul 10:50 pagi pada tanggal 16 Agustus, seorang penduduk terdekat melaporkan bahwa "api dan asap keluar dari kabel listrik" di Kimi no Mori Minami, Kota Oami Shirato.

Seorang petugas pemadam kebakaran yang bergegas ke tempat kejadian melihat bahwa saluran listrik telah terputus dan percikan api dipancarkan, dan dia menghubungi perusahaan listrik.

Selain itu, tepat setelah pukul 11 pagi, Kota Togane juga melaporkan bahwa "api keluar dari kabel listrik," yang keduanya diyakini dipengaruhi oleh angin kencang.

Kantor Cabang TEPCO Power Grid Chiba mendesak masyarakat untuk menjauhi kabel yang putus dan benda yang bersentuhan dengan kabel listrik karena risiko sengatan listrik.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: [email protected] Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Editor: Eko Sutriyanto

Tag:  #dampak #taifun #jepang #menghantam #area #kanto #jumat

KOMENTAR