Israel Mengaku Hancurkan Lebih dari 50 Terowongan di Koridor Philadelphi, Unggah Videonya di X
Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menghancurkan terowongan di Koridor Philadelphi. 
12:50
16 Agustus 2024

Israel Mengaku Hancurkan Lebih dari 50 Terowongan di Koridor Philadelphi, Unggah Videonya di X

– Pasukan Pertahanan Israel (IDF) pada hari Kamis, (15/8/2024), mengklaim telah menghancurkan lebih dari 50 terowongan di Koridor Philadelphi selama sepekan kemarin.

Puluhan terowongan di sepanjang perbatasan Mesir-Jalur Gaza itu dihancurkan oleh satuan zeni Israel.

IDF tidak memberikan rincian tentang jumlah terowongan yang menembus hingga Mesir.

Israel meyakini terowongan di Koridor Philadelphi itu digunakan Hamas untuk menyelundupkan senjata ke Gaza.

“Tentara dari Satuan Yahalom dan Batalion Ke-605 sudah beroperasi selama sebulan kemarin di Koridor Philadelphia di Rafah,” kata IDF dikutip dari Yedioth Ahronoth.

IDF juga mengunggah video proses penghancuran terowongan itu di akun media sosial X @IDF.

Israel mengunggah video penghancuran terowongan di Koridor Philadelphi. Israel mengunggah video penghancuran terowongan di Koridor Philadelphi. (X/IDF)

Pada bulan Mei lalu, IDF mengumumkan telah mengambil alih Koridor Philadelphi.

IDF mengaku sudah menemukan 200 pintu masuk terowongan dan 35 jalur bawah tanah. Beberapa di antara jalur itu menembus ke Mesir.

Namun, dua pekan kemudian seorang pejabat senior berkata bahwa diperkirakan ada sekitar 20 terowongan di Koridor Philadelphi yang belum ditemukan.

Sementara itu, dua minggu lalu seorang juru bicara satuan IDF mengumumkan penemuan terowong setinggi 3 meter. Terowongan itu bisa dilewati kendaraan.

“Pasukan terus melanjutkan penyelidikan dan netralisasi jalur terowongan bawah tanah serta jalur besar lainnya yang ditemukan,” kata juru bicara itu.

“IDF akan terus menghancurkan seluruh infrastruktur bawah tana di Koridor Philadelphi dan bertindak dengan sungguh-sungguh untuk mencegah pembangunan terowongan pada masa mendatang.”

Ini bukan pertama kalinya IDF menemukan terowongan di Gaza yang bisa dilalui oleh kendaraan.

Pada bulan Desember 2023 Israel menemukan kompleks terowongan besar yang dimulai dari Jabaliya dan memanjang hingga 4 km ke arah perbatasan Israel.

The New Arab melaporkan Koridor Philadelphi berfungsi sebagai zona penyangga atau buffer zone antara Mesir dan Gaza.

Tempat itu juga menjadi hal penting yang dibicarakan dalam kesepakatan gencatan senjata dan pembebasan sandera.

Hamas meminta IDF menarik diri sepenuhnya dari Gaza. Sementara itu, Mesir memperingatkan Israel agar tidak mendekati Koridor Philadelphi sejak perang di Gaza meletus.

Kepala Dinas Informasi Mesir, Diaa Rashwan menegaskan negaranya sudah menghancurkan lebih dari 1.500 terowongan dan menguatkan perbatasan Mesir-Gaza.

Rashwan juga menyebut pembatas di antara Sinai dan Rafah tidak memungkinkan adanya penyelundupan di atas maupun di bawah tanah.

Pada bulan Februari lalu citra satelit menunjukkan bahwa Mesir sedang membangun tembok di sepanjang perbatasan dengan Gaza selatan.

Video yang diunggah oleh Yayasan Sinai untuk HAM juga memperlihatkan pembangunan tembok itu. Yayasan tersebut mengklaim tembok itu akan memiliki tinggi 5 meter.

Korban jiwa tembus 40.000

Kementerian Kesehatan Gaza pada hari Kamis menyebut sudah ada lebih dari 40.000 warga Palestina yang tewas karena serangan Israel. Adapun jumlah korban luka mencapai 92.401 orang.

Menurut Associated Press, pejabat kesehatan Gaza kesusahan mengidentifikasi jasad korban karena jumlah jasad sangat banyak dan membanjiri rumah sakit.

Diperkirakan jumlah korban tewas akan bertambah banyak karena ada masih ada banyak yang tertimbun di bawah puing-puing.

Serangan udara dan darat Israel di Gaza menjadi salah satu serangan militer paling besar dalam periode belakangan ini.

Sementara itu, pada hari yang sama juru bicara IDF Daniel Hagari mengklaim militer Israel sudah membunuh lebih dari 17.000 pejuang Hamas sejak perang di Gaza meletus.

Namun, belum ada konfirmasi dari pihak Hamas mengenai jumlah pejuangnya yang tewas.

(Tribunnews/Febri)

Editor: Whiesa Daniswara

Tag:  #israel #mengaku #hancurkan #lebih #dari #terowongan #koridor #philadelphi #unggah #videonya

KOMENTAR