Jumat Taifun Datang, Rak-rak Kosong karena Makanan Diborong Masyarakat Tokyo
Rak dengan isi berbagai roti habis diborong masyarakat Jepang sore ini (15/8/2024) di sebuah supermarket besar Jepang di Tokyo 
04:30
16 Agustus 2024

Jumat Taifun Datang, Rak-rak Kosong karena Makanan Diborong Masyarakat Tokyo

- Taifun No.7 yang kuat besok dipastikan berkunjung ke Tokyo dan daerah Tohoku. Menyambut datangnya taifun tersebut sore ini berbagai makanan terutama roti banyak yang habis di berbagai supermarket di Tokyo Jepang, persediaan makanan untuk besok-besok.

"Seperti biasa kalau datangnya taifun, pasti keluarga memborong roti karena bisa tahan lama untuk makanan kita sekeluarga beberapa hari ke depan," papar Yuko Nishiyama seorang warga Tokyo kepada Tribunnews.com di sebuah supermarket besar Jepang Kamis ini (15/8/2024).

Taifun No. 7 diperkirakan akan mendekati wilayah Kanto dan Tohoku dengan intensitas yang sangat kuat dan disertai dengan daerah hujan badai. Cuaca akan sangat buruk mulai besok (Jumat), dan itu akan sangat mempengaruhi liburan Obon.

"Penting untuk waspada tinggi terhadap badai, gelombang tinggi, dan bencana hujan lebat. Pada pukul 17.00 Kamis ini, informasi terbaru lembaga Meteorologi Jepang telah mengumumkan perkiraan terjadinya pita curah hujan linier di wilayah Kanto-Koshin selain Kepulauan Izu.

Suhu laut akan meninggi, yang merupakan sumber energi topan, topan akan terus meningkat.

"Ini adalah kekuatan yang sangat kuat yang disertai dengan daerah badai, dan ada risiko akan mendekati wilayah Kanto pada (Jumat) besok dan wilayah Tohoku pada (Sabtu) besok. Jalurnya lebih ke timur dari yang sesuai diperkirakan semula. Kita semua tidak boleh lengah."

Waspada terhadap badai angin. Di Kepulauan Izu, dari fajar hingga sore hari pada hari Jumat besok, angin kencang akan bertiup yang dapat menyebabkan beberapa bangunan runtuh.

Bahkan di darat di wilayah Tohoku dan Kanto, kemungkinan akan menjadi badai yang akan menyulitkan perjalanan dengan mobil dengan jarak 35 hingga 45 meter.

Diperkirakan akan ada beberapa orang yang pulang atau bepergian selama liburan Obon. Jangan memaksakan diri untuk bergerak. Selain itu, laut akan ganas di beberapa tempat, tambah lembaga meteorologi Jepang.

Di wilayah Kanto pada (Jumat) besok, hujan dan angin hanya akan meningkat sejak pagi hari. Karena topan tidak bergerak sangat cepat, badai diperkirakan akan berlangsung lama hingga malam hari.

Di wilayah Tohoku, hujan kemungkinan akan menjadi lebih deras karena angin dari laut dari timur bahkan sebelum angin menguat. Hujan lebat akan berlangsung lama besok dan Sabtu.

Dalam satu hari besok, tampaknya jumlah hujan yang turun dalam rata-rata sebulan pada saat ini akan melebihi jumlah hujan dari biasanya.

Waspada terhadap tanah longsor, genangan tanah dataran rendah, serta pembengkakan daerah aliran sungai kemungkinan banjir akibat hujan lebat. Selain itu, pita curah hujan linier akan terjadi di Kepulauan Izu dan Kanto-Koshin, dan ada risiko curah hujan akan melebihi secara lokal.

"Harap ambil tindakan sesegera mungkin. Singkirkan barang-barang yang mudah terbang. Ada juga risiko pemadaman listrik, jadi ada baiknya untuk mengisi daya ponsel Anda dan menyimpan air secukupnya. Ini juga merupakan ide yang baik untuk memikirkan langkah-langkah melawan serangan panas ketika AC tidak dapat digunakan."

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: [email protected] Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Editor: Eko Sutriyanto

Tag:  #jumat #taifun #datang #kosong #karena #makanan #diborong #masyarakat #tokyo

KOMENTAR