Mahasiswa Yahudi Diblokir di Kampus Amerika oleh Kelompok Pro-Palestina, Hakim Federal Beri Putusan
Ilustrasi universitas (Pixabay)
10:16
15 Agustus 2024

Mahasiswa Yahudi Diblokir di Kampus Amerika oleh Kelompok Pro-Palestina, Hakim Federal Beri Putusan

Universitas California di Los Angeles tidak bisa membiarkan pengunjuk rasa pro-Palestina menghalangi mahasiswa Yahudi mengakses gedung kampus, kelas dan layanan, demikian keputusan hakim federal.

Perintah Hakim Distrik AS Mark Scarsi tampaknya merupakan keputusan pertama terhadap sebuah universitas AS terkait dengan demonstrasi yang memprotes konflik Israel-Gaza yang meletus di ratusan kampus awal tahun ini.

Keputusan untuk mengeluarkan perintah awal terhadap universitas bergengsi tersebut, yang dikeluarkan pada hari Selasa, muncul sebagai bagian dari tuntutan hukum yang diajukan pada bulan Juni oleh tiga mahasiswa Yahudi, yang mengatakan bahwa pengunjuk rasa pro-Palestina memblokir mereka dari kampus karena keyakinan mereka.

“Pada tahun 2024, di Amerika Serikat, di Negara Bagian California, di Kota Los Angeles, mahasiswa Yahudi dikeluarkan dari sebagian kampus UCLA karena mereka menolak untuk mencela keyakinan mereka,” tulis Scarsi, menyebutnya sebagai "tak terbayangkan" dan "menjijikkan".

Baca Juga: Pelanggaran Perjanjian 1967, Ben-Gvir Izinkan Yahudi Beribadah di Al-Aqsa

Dia melarang sekolah menawarkan program, aktivitas, atau akses apa pun ke gedung kampus jika sekolah mengetahui ada di antara program tersebut yang tidak tersedia bagi siswa Yahudi.

Ilustrasi Orang Yahudi (BBC News Indonesia)Ilustrasi Orang Yahudi (BBC News Indonesia)

Dalam dokumen pengadilan, pihak sekolah berargumentasi bahwa mereka tidak dapat dimintai pertanggungjawaban secara hukum atas dugaan diskriminasi yang dilakukan oleh pihak ketiga. Universitas juga mengatakan pihaknya bekerja sama dengan penegak hukum untuk membongkar perkemahan dan telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan respons terhadap protes di masa depan, termasuk mendirikan kantor keamanan kampus baru dan memblokir setidaknya tiga upaya baru untuk menduduki beberapa bagian kampus.

Wakil rektor sekolah untuk komunikasi strategis, Mary Osako, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa UCLA sedang mempertimbangkan “semua pilihan kami” dalam menanggapi keputusan tersebut.

“UCLA berkomitmen untuk menumbuhkan budaya kampus di mana setiap orang merasa diterima dan bebas dari intimidasi, diskriminasi, dan pelecehan,” ujarnya. “Putusan pengadilan distrik akan menghambat kemampuan kami untuk merespons kejadian di lapangan dan memenuhi kebutuhan komunitas Bruin.”

Salah satu mahasiswa yang mengajukan gugatan, mahasiswa hukum Yitzchok Frankel, mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Tidak ada mahasiswa yang perlu takut diblokir dari kampusnya karena mereka adalah orang Yahudi."

Baca Juga: Peluang Usaha Baru, Kukerta MBKM UNRI Hasilkan Inovasi Nugget dari Tutut

UCLA menjadi sorotan nasional ketika penyerang bertopeng menyerang perkemahan pro-Palestina pada tanggal 30 April dengan pentungan dan tiang, memicu perkelahian yang menyebabkan kedua belah pihak saling bertukar pukulan dan semprotan merica.

Malam berikutnya, polisi membongkar paksa perkemahan dan menangkap lebih dari 200 orang.

Para aktivis mengkritik polisi karena bereaksi terlalu lambat terhadap serangan tersebut dan kemudian bergerak terlalu agresif untuk merobohkan tenda kemah sehari kemudian. Kepala departemen kepolisian kampus ditugaskan kembali sambil menunggu tinjauan dari luar.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #mahasiswa #yahudi #diblokir #kampus #amerika #oleh #kelompok #palestina #hakim #federal #beri #putusan

KOMENTAR