Elon Musk dan JK Rowling Digugat Petinju Olimpiade atas Pelecehan Daring
JK Rowling. (Facebook/JK Rowling)
13:08
14 Agustus 2024

Elon Musk dan JK Rowling Digugat Petinju Olimpiade atas Pelecehan Daring

Miliarder dan pemilik X (sebelumnya Twitter) Elon Musk dan penulis JK Rowling telah disebutkan dalam pengaduan pidana oleh peraih medali emas tinju Olimpiade Paris Imane Khelif, yang menjadi pusat pertikaian kelayakan gender.

Badai melanda Olimpiade Paris 2024 atas keikutsertaan Khelif setelah lawannya dari Italia, Angela Carini, menarik diri dari pertarungan mereka kurang dari satu menit setelah menerima rentetan pukulan. Carini terlihat terisak-isak dan juga menolak berjabat tangan dengan Khelif.

Khelif, yang didiskualifikasi dari kejuaraan dunia tahun lalu setelah gagal dalam uji kelayakan gender, kemudian diolok-olok secara daring.

Elon Musk diduga sindir Mark Zuckerberg (Instagram/elonmusk)Elon Musk diduga sindir Mark Zuckerberg (Instagram/elonmusk)

Pengaduan hukum terhadap Musk dan Rowling telah diajukan atas pelecehan daring, majalah Amerika Variety melaporkan pada hari Selasa.

Baca Juga: Donald Trump Puji Elon Musk setelah PHK Karyawan: Anda 'Pemotong' yang Hebat!

"JK Rowling dan Elon Musk disebutkan dalam gugatan tersebut, antara lain," Nabil Boudi, pengacara Khelif yang berbasis di Paris, mengatakan kepada Variety.

Ia juga mengatakan bahwa mantan presiden AS Donald Trump akan menjadi bagian dari penyelidikan.

"Trump mencuit, jadi apakah ia disebutkan dalam gugatan kami atau tidak, ia pasti akan diselidiki sebagai bagian dari penuntutan," kata Boudi.

Elon Musk telah me-retweet posting X oleh perenang Amerika Riley Gaines yang menulis, "Pria tidak cocok dalam olahraga wanita #IStandWithAngelaCarini."

"Benar sekali," tulisnya dalam retweet pesan awal Gaines.

Baca Juga: Bicara soal Putin dan Kim Jong Un saat Live X, Donald Trump Sebut Biden 'Joe yang Mengantuk'

Pencipta Harry Potter JK Rowling menyebut petinju Aljazair itu sebagai pria.

"Lihat ini (seluruh utas), lalu jelaskan mengapa Anda setuju dengan seorang pria yang memukuli wanita di depan umum untuk hiburan Anda. Ini bukan olahraga. Dari penipu yang suka menindas dengan baju merah hingga penyelenggara yang membiarkan ini terjadi, ini adalah pria yang bersenang-senang dengan kekuasaan mereka atas wanita," tulisnya di X setelah pertarungan Carini-Khelif.

JK Rowling. (Shutterstocks)JK Rowling. (Shutterstocks)

Di posting lain, Rowling membagikan foto Carini yang sedang menangis dan Khelif yang menatapnya.

"Dapatkah gambar apa pun merangkum gerakan hak-hak pria baru kita dengan lebih baik? Senyuman seorang pria yang tahu bahwa ia dilindungi oleh lembaga olahraga misoginis yang menikmati penderitaan seorang wanita yang baru saja dipukulnya di kepala, dan yang ambisi hidupnya baru saja ia hancurkan," tulisnya.

Khelif juga menuai kecaman dari Donald Trump, yang mengatakan bahwa ia akan menjauhkan pria dari olahraga wanita.

Pengacara Imane Khelif pada hari Sabtu mengonfirmasi bahwa ia telah mengajukan gugatan hukum di Prancis atas pelecehan daring.

"Petinju Imane Khelif telah memutuskan untuk memulai pertarungan baru, pertarungan untuk keadilan, martabat, dan kehormatan," kata Boudi dalam sebuah pernyataan, dengan mengatakan bahwa Khelif telah mengajukan gugatan atas pelecehan daring yang parah kepada jaksa penuntut Paris.

"Penyelidikan akan menentukan siapa yang berada di balik kampanye misoginis, rasis, dan seksis ini, tetapi juga harus memperhatikan mereka yang mendukung hukuman mati tanpa pengadilan secara daring," tambahnya.

"Pelecehan yang tidak adil yang dialami juara tinju itu akan tetap menjadi noda terbesar di Olimpiade ini", kata Boudi.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #elon #musk #rowling #digugat #petinju #olimpiade #atas #pelecehan #daring

KOMENTAR