Pria yang Rencanakan Penyerangan Konser Taylor Swift Terpengaruh Ceramah Radikal di Tiktok
Ilustrasi penyerangan (Pixabay)
07:32
11 Agustus 2024

Pria yang Rencanakan Penyerangan Konser Taylor Swift Terpengaruh Ceramah Radikal di Tiktok

Tersangka utama yang ditangkap karena merencanakan serangan teror terkait ISIS di konser Taylor Swift di Austria diyakini telah diradikalisasi secara daring oleh seorang pengkhotbah kebencian Jerman dan influencer Islamis yang memiliki banyak pengikut di TikTok dan Instagram.

Pria Austria berusia 19 tahun yang masih berdarah Makedonia Utara, yang diduga mengakui rencana jahatnya setelah penangkapannya pada hari Selasa, diduga dipengaruhi oleh pengkhotbah yang berbasis di Berlin, Abul Baraa, menurut media Jerman Bild, mengutip sumber intelijen.

Baraa, yang nama aslinya adalah Ahmad Armih, tidak asing dengan pejabat Jerman, menurut media tersebut.

Dia biasa berkhotbah di masjid As-Sahaba yang sekarang ditutup di distrik Wedding Berlin, yang dilaporkan telah sering dikunjungi oleh pejuang ISIS Jerman yang terkenal selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Rencana Penyerangan Konser Taylor Swift Bikin Heboh, Ada Materi ISIS dan Al-Qaeda di Rumah Tersangka

Ilustrasi radikalisme. [Shutterstock]Ilustrasi radikalisme. [Shutterstock]

Masjid tersebut digerebek oleh polisi Jerman pada tahun 2018 karena dicurigai digunakan untuk mentransfer dana kepada seorang pejuang Islamis di Suriah dalam upaya untuk melakukan "tindakan kriminal teroris," kata jaksa saat itu.

Ketika masjid tersebut akhirnya ditutup pada tahun 2020 selama pandemi COVID, Baraa menyampaikan khotbahnya ke media sosial, di mana pengikutnya di kalangan generasi muda pun meroket.

Baraa, yang kini memiliki puluhan ribu pengikut di Instagram dan TikTok, secara rutin mengunggah klip khotbah pendek yang sering kali mencela Barat dan orang-orang kafir.

Ia juga diduga memiliki hubungan dengan Salafisme, cabang Islam ultra-konservatif yang sebagian dikaitkan dengan para jihadis.

Pejabat Jerman khawatir tentang "TikTok-isasi Salafisme" yang tampak jelas, kata media tersebut.

Baca Juga: Kelompok ISIS dan Al-Qaeda Akan Lakukan Bom di Konser Taylor Swift

Sementara itu, beberapa Salafi, yang merupakan Muslim Sunni yang ketat, termasuk mereka yang ingin menerapkan hukum Syariah dan militan yang menganjurkan kekerasan untuk mendirikan negara yang mereka anggap mewakili Islam sejati, Reuters melaporkan.

Tidak segera jelas seberapa besar pengaruh Baraa, yang tidak terkait dengan rencana Swift, terhadap tersangka berusia 19 tahun itu menjelang penangkapannya. Dalang yang diduga, yang ditangkap bersama dua remaja lainnya, baru-baru ini bersumpah setia kepada ISIS dalam sebuah video daring, kata pejabat keamanan.

Pejabat Austria yang menangani penyelidikan tersebut mengatakan radikalisasi daring terhadap remaja tersebut berlangsung cepat.

Selain bersumpah, tersangka remaja tersebut diduga memberi tahu orang-orang bahwa ia memiliki "sesuatu yang besar" yang direncanakan setelah berhenti dari pekerjaannya pada tanggal 25 Juli.

Mereka yang mengenalnya juga mengatakan bahwa ia baru-baru ini mulai menunjukkan tanda-tanda radikalisasi untuk melakukan tindakan kekerasan.

Beberapa orang mengatakan bahwa ia telah menumbuhkan jenggot panjang dan menjadi lebih serius menjelang rencana yang digagalkan.

Sementara itu, para penyelidik mengatakan bahwa remaja tersebut telah membuat pengakuan penuh setelah ia ditangkap selama operasi polisi di rumahnya di Ternitz, sebuah kota kecil dekat perbatasan Hungaria, Selasa malam.

Ia diduga merinci keinginannya untuk melakukan serangan bunuh diri di Stadion Ernst Happel, Wina minggu ini dengan menggunakan bahan peledak dan pisau rakitan dalam upaya untuk membunuh sebanyak mungkin penggemar "Swiftie".

Para penyidik menemukan bahan-bahan pembuat bom di rumah tersangka utama dan setidaknya satu alat peledak sudah dalam proses pembuatan, menurut para pejabat.

Seorang warga negara Austria berusia 17 tahun dengan akar Turki dan Kroasia dan seorang warga negara Irak berusia 18 tahun juga telah ditangkap atas rencana yang digagalkan tersebut.

Seperti yang diduga dalang, kedua tersangka yang lebih muda keduanya telah menunjukkan hubungan dengan ISIS.

Para penyidik sedang meneliti "jaringan" para tersangka sebagai bagian dari penyelidikan, kata para pejabat.

Seorang anak laki-laki berusia 15 tahun diinterogasi pada hari Rabu tetapi kemudian dibebaskan dan dilaporkan sedang diperlakukan sebagai saksi, kata pihak berwenang.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #pria #yang #rencanakan #penyerangan #konser #taylor #swift #terpengaruh #ceramah #radikal #tiktok

KOMENTAR