11 Daftar Hewan Ini Pernah Pergi ke Luar Angkasa, Berikut Sejarah Eksplorasi Luar Angkasa oleh Astronaut Hewan
Gambar Felicite kucing pertama dan Laika anjing pertama di luar angkasa. (rmg.co.uk )
21:21
19 Januari 2024

11 Daftar Hewan Ini Pernah Pergi ke Luar Angkasa, Berikut Sejarah Eksplorasi Luar Angkasa oleh Astronaut Hewan

Hewan merupakan pelopor dalam perjalanan awal ke luar angkasa. Ada beberapa hewan pernah ke luar angkasa, yang disebut sebagai astronaut hewan. 

Dilansir dari a-z-animals.com, eksperimen astronaut hewan adalah upaya untuk memahami cara kerja penerbangan luar angkasa, dalam mengeksplorasi dampak yang terjadi kepada makhluk hidup. Astronaut hewan telah menyumbang besar bagi dunia, khususnya dalam menjelajahi luar angkasa.

Berikut 11 daftar hewan yang pernah pergi ke luar angkasa sebagai astronaut hewan, dikutip dari beberapa sumber.

  1. Lalat Buah

Lalat buah merupakan hewan pertama yang menjelajahi luar angkasa. Astronaut hewan pertama itu, terbang menggunakan roket Va pada 20 Februari 1947.  

Dilansir dari rmg.co.uk, alasan percobaan lalat buah karena, hewan tersebut memiliki susunan genetik yang mirip dengan manusia, sehingga dapat menjadi subjek awal untuk menjelajahi luar angkasa.  

  1. Anjing Laika

Berbeda dengan lalat buah, anjing Laika merupakan hewan pertama yang melakukan penerbangan luar angkasa orbital mengelilingi Bumi. Laika terbang pada 3 November 1957 menggunakan pesawat ruang angkasa Soviet, Sputnik 2.   

Laika adalah seekor anjing yang ditemukan tersesat di Moskow. Laika dipilih karena kondisinya yang tidak sempurna, dan para ilmuwan Soviet percaya bahwa hewan dengan keterbatasan tersebut, akan lebih kuat dalam cuaca dingin.

Namun, dalam perjalanannya Lalika mati akibat persediaan oksigen dan makanan yang tidak mencukupi.

  1. Monyet

Pada 4 Juni 1949, monyet bernama Albert II menjelajahi luar angkasa. Namun, pada saat kembali mengalami kecelakaan akibat parasut kapsulnya gagal terbuka.

Selain itu, dua monyet bernama Albert III dan Albert IV juga meninggal karena roket yang gagal. 

  1. Tikus

Penerbangan tikus ke luar angkasa pada 15 Agustus 1950 yang mengalami kecelakaan pada saat perjalanan pulang.

  1. Simpanse Ham

Pada 31 Januari 1961, seekor simpanse bernama Ham termasuk dalam program luar angkasa Merkurius dan Amerika Serikat sebagai pemimpin waktu itu.

Dilansir dari discovermagazine.com, Ham menjadi simpanse pertama yang mengorbit Bumi dan kembali dalam kondisi baik. Keberhasilan misi primata di luar angkasa, telah menunjukkan jalan bagi penerbang luar angkasa manusia.   

  • Kucing

Kucing merupakan salah satu hewan yang pernah jelajahi luar angkasa. Berlangsung pada 18 Oktober 1963, Prancis mengirimkan hewan pertama kali, yaitu kucing.

Di bagian kepala kucing bernama Felicette itu, terpasang elektroda untuk mengetahui kondisi setelah menghabiskan lima menit waktunya dalam keadaan ruang hampa udara.

Perjalanan Felicette kembali dan mendarat dengan selamat, setelah mencapai ketinggian hingga 100 mil.

  • Kura-Kura

Rusia pernah mengirimkan kura-kura ke luar angkasa dan berhasil mengorbit bulan, hingga kembali lagi ke Bumi. Peluncuran kura-kura itu berlangsung pada 15 September 1968.

Terdapat dua kura-kura yang meluncur bersama tanaman, benih, dan bakteri, mengelilingi bulan. Setelah perjalanan selama tujuh hari itu, dapat kembali dengan selamat ke Bumi.    

  • Katak

Perjalanan katak ke luar angkasa dimulai dari pada 1950-an menjadi subjek uji coba untuk mempertimbangkan keberlangsungan hidup penerbang luar angkasa. Pada 1970, berlangsung pengiriman dua katak ke luar angkasa untuk mengamati dampak yang terjadi di ruang hampa udara.

Para ilmuwan melakukan pengiriman katak ke luar angkasa, bertujuan untuk melihat kondisi telinga bagian dalam katak dan reaksi yang terjadi pada gaya berat mikro. 

  • Kelinci Marfusha

Kelinci bernama Marfusha bersama beberapa hewan lain, terbang ke luar angkasa menggunakan roket R2-A milik Uni Soviet pada 1959. Kelinci menjadi bahan percobaan dari beberapa jenis hewan lain, dalam upaya memahami hewan apa yang mampu bertahan dalam penerbangan ke luar angkasa.

  • Ikan 

Peluncuran ikan ke luar angkasa yaitu sebagai uji coba kemampuan kawin, dampak kesehatan secara umum di luar angkasa, hingga perkembangan jaringan.

Selain itu, ikan juga ikut serta pada misi Skylab yang berlangsung pada 1973, jumlah ikan yang pada saat itu dua ekor dan puluhan telur ikan. 

Kondisi awal ikan menunjukkan tanda-tanda mabuk luar angkasa dan hilang keseimbangan. Tetapi, setelah lama kondisi ikan menjadi stabil. Sedangkan ikan yang baru menetas dari telurnya, lebih cepat belajar berenang dengan normal.  

  • Laba-Laba

Pada akhir-akhir program Apollo, laba–laba menjadi hewan yang pergi ke luar angkasa. Pada saat itu, laba-laba sebagai bahan uji coba untuk mengetahui kemampuan dalam membuat jaring di luar angkasa. 

Selain itu, dua laba-laba lain ke luar angkasa dalam penerbangan Endeavour yang terakhir. Jenis laba-laba bola emas dibawa pada saat itu, untuk mempelajari efek dalam gaya berat mikro. 

Selain beberapa hewan yang memang sengaja dikirimkan ke luar angkasa, secara tidak sengaja membawa bakteri dan kehidupan lain.  

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #daftar #hewan #pernah #pergi #luar #angkasa #berikut #sejarah #eksplorasi #luar #angkasa #oleh #astronaut #hewan

KOMENTAR