Penyebaran Cacar Monyet Meresahkan, WHO Beri Sinyal Keadaan Darurat
Ilustrasi Penyakit Cacar Monyet (Monkey pox). (unsplash/rodney james)
15:36
9 Agustus 2024

Penyebaran Cacar Monyet Meresahkan, WHO Beri Sinyal Keadaan Darurat

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada hari Rabu bahwa ia telah mengadakan komite darurat untuk memberi tahu apakah wabah mpox atau cacar monyet merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional di tengah penyebarannya baru-baru ini.

"Mengingat penyebaran mpox di luar (Republik Demokratik Kongo) DRC, dan potensi penyebaran internasional lebih lanjut di dalam dan luar Afrika, saya telah memutuskan untuk mengadakan Komite Darurat berdasarkan Peraturan Kesehatan Internasional untuk memberi tahu saya apakah wabah tersebut merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional," kata Tedros Adhanom Ghebreyesus pada X.

Ilustrasi gejala cacar monyet (Unplash/Usman Yousaf)Ilustrasi gejala cacar monyet (Unplash/Usman Yousaf)

Tedros mencatat bahwa komite tersebut akan bertemu "sesegera mungkin" dan akan terdiri dari para ahli independen dari berbagai disiplin ilmu yang relevan dari seluruh dunia.

Berbicara dalam jumpa pers, ia mengatakan bahwa DRC melaporkan 14.000 kasus dan 511 kematian sejak awal tahun, menambahkan bahwa sekitar 50 kasus yang dikonfirmasi dan lebih banyak kasus yang diduga telah dilaporkan di empat negara tetangganya – Burundi, Kenya, Rwanda, dan Uganda.

Baca Juga: Jimin BTS Mencari Belahan Jiwa di Video Musik Solo Terbaru Bertajuk Who

Mpox, yang sebelumnya dikenal sebagai cacar monyet, adalah penyakit langka yang disebabkan oleh berbagai virus yang disebut klade. Menurut WHO, penyakit ini menyebabkan ruam dan gejala seperti flu.

Klade 1 telah beredar di DRC selama bertahun-tahun, sementara klade 2 bertanggung jawab atas wabah global yang dimulai pada tahun 2022.

Ilustrasi Seseorang Terkena Cacar Monyet (unsplash/new foundation)Ilustrasi Seseorang Terkena Cacar Monyet (unsplash/new foundation)

Wabah saat ini di DRC timur disebabkan oleh cabang baru klade 1, yang disebut klade 1b, yang menyebabkan "penyakit yang lebih parah daripada klade 2," kata Tedros.

Ia mengatakan bahwa klade 1b telah dikonfirmasi di Kenya, Rwanda, dan Uganda, sementara klade di Burundi masih dianalisis.

Kasus klade 1a telah dilaporkan tahun ini di DRC, Republik Afrika Tengah, dan Republik Kongo, sementara klade 2 telah dilaporkan di Kamerun, Pantai Gading, Liberia, Nigeria, dan Afrika Selatan, kata kepala WHO.

Baca Juga: Seru dan Kocaknya Penipu Ulung di Film Seondal: The Man Who Sells the River

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #penyebaran #cacar #monyet #meresahkan #beri #sinyal #keadaan #darurat

KOMENTAR