Perang Rusia-Ukraina Hari ke-897: Kyiv Post Puji Penunjukan Tim Walz Jadi Cawapres Kamala Harris
Tim Walz. Media Ukraina, Kyiv Post mengatakan penunjukan Tim Walz sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) Kamala Harris merupakan kabar baik bagi Ukraina. Berikut ini sejumlah peristiwa yang berlangsung dalam perang Rusia-Ukraina pada Kamis (8/8/2024) ini telah memasuki hari ke-897. 
08:30
8 Agustus 2024

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-897: Kyiv Post Puji Penunjukan Tim Walz Jadi Cawapres Kamala Harris

Berikut ini sejumlah peristiwa yang berlangsung dalam perang Rusia-Ukraina pada Kamis (8/8/2024) ini telah memasuki hari ke-897.

Media Ukraina, Kyiv Post mengatakan penunjukan Tim Walz sebagai calon wakil presiden (cawapres) Kamala Harris merupakan kabar baik bagi Ukraina.

"Sejak dimulainya invasi besar-besaran, Walz telah menjadi pendukung vokal Ukraina dalam perjuangannya melawan Rusia," papar Kyiv Post.

Calon Presiden (capres) Amerika Serikat (AS), Kamala Harris menggandeng Gubernur Minnesota Tim Walz sebagai cawapres dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) AS November mendatang, CNN melaporkan.

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-897:

*) Sekretaris Pers Gedung Putih, Karine Jean-Pierre mengatakan Washington, D.C menghubungi Ukraina untuk mengetahui "tujuan" dari serangan besar melintasi perbatasan ke Rusia pada Rabu (7/8/2024).

"Amerika mendukung tindakan akal sehat oleh Ukraina untuk menghentikan serangan oleh pasukan Rusia," kata Jean-Pierre.

"Kami akan menghubungi militer Ukraina untuk mengetahui lebih lanjut tentang tujuan mereka," imbuhnya.

Dikutip dari ABC News, Ukraina melancarkan serangan besar-besaran dengan pasukannya ke Rusia, dalam apa yang tampaknya menjadi serangan terbesar dan paling serius ke negara itu sejak invasi skala penuh Moskow dimulai pada Februari 2022. 

Pasukan Ukraina yang berjumlah ratusan yang didukung dengan kendaraan lapis baja maju pada hari Selasa (6/8/2024) melintasi perbatasan ke wilayah Kursk Rusia, menurut sumber resmi dan tidak resmi Rusia, meskipun rincian pastinya masih sangat belum jelas.

Pasukan Ukraina tampaknya telah merebut sejumlah permukiman di daerah perbatasan sekitar Desa Sudzha dan mungkin maju sejauh 15 km ke dalam Rusia.

Demikian menurut para blogger militer Rusia yang pro-Kremlin.

Ppertempuran sengit dilaporkan masih berlanjut untuk hari kedua.

*) Sementara itu, Presiden Rusia, Vladimir Putin menggambarkannya sebagai "provokasi berskala besar" karena pejabat Ukraina tetap bungkam mengenai cakupan operasi tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Matthew Milles menepis kecaman Moskow, The Guardian melaporkan.

"Saya telah melihat pernyataan dari pemerintah Rusia. Agak berlebihan, mereka menyebutnya sebagai provokasi, mengingat Rusia melanggar integritas dan kedaulatan teritorial Ukraina," tegasnya.

*) Kepala staf umum Rusia, Valery Gerasimov, mengatakan sekitar 1.000 kombatan dari Ukraina terlibat.

Beberapa blogger militer Rusia melaporkan pasukan Ukraina telah mencapai kota Sudzha, yang merupakan lokasi stasiun pengukuran Sudzha, titik transit utama terakhir untuk gas pipa Rusia yang menuju Eropa melalui Ukraina.

Evakuasi warga sipil dilakukan di Kursk dan di oblast Sumy di sisi perbatasan Ukraina.

*) Propagandis Rusia Yevgeny Poddubny selamat dari serangan pesawat nirawak Ukraina di wilayah Kursk, Rusia, pada hari Rabu dan dirawat intensif, kata saluran berita milik negara Rossiya-24 tempat ia bekerja.

Negara-negara termasuk Inggris dan Australia telah menjatuhkan sanksi kepada Poddubny sejak tahun 2022 .

*) Boeing mengatakan tengah menggenjot produksi pencari PAC-3 yang digunakan dalam sistem pertahanan rudal Patriot.

Perusahaan itu mengatakan tengah berupaya memecahkan rekor produksi pencari tahunannya hingga lebih dari 20 persen pada akhir tahun.

Lebih banyak pencari dibutuhkan karena AS berencana menggenjot produksi Patriot dengan bantuan Mitsubishi Heavy Industries di Jepang .

*) Warga negara Rusia-Amerika, Ksenia Karelina mengaku bersalah di pengadilan Rusia atas tuduhan pengkhianatan, kantor berita negara RIA mengutip pernyataan pengacaranya pada hari Rabu.

Karelina didakwa atas sumbangan yang diberikannya pada tahun 2022 untuk badan amal yang mendukung Ukraina.

RIA mengatakan jaksa penuntut dan pembela akan menyimpulkan argumen mereka pada hari Kamis dan putusan akan diumumkan pada hari yang sama.

*) Pihak berwenang Prancis mengizinkan kapal layar Rusia Shtandart berlabuh di La Rochelle untuk mengambil makanan dan bahan bakar meskipun ada sanksi atas perang Moskow melawan Ukraina, kata seorang sumber pelabuhan pada hari Rabu.

Kapal bertiang tiga sepanjang 34 meter (112 kaki) itu, yang dibangun pada tahun 1999 dan merupakan replika persis kapal layar milik Tsar Peter yang Agung, dilarang memasuki Brest dan ikut serta dalam festival maritimnya pada bulan Juli.

Kapal itu pernah menjadi favorit festival maritim Eropa dan digunakan secara luas untuk pelayaran dan pelatihan.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Sri Juliati

Tag:  #perang #rusia #ukraina #hari #kyiv #post #puji #penunjukan #walz #jadi #cawapres #kamala #harris

KOMENTAR