Amerika Serikat Memperingatkan Turki tentang ‘Konsekuensi’ atas Perdagangan Militer dengan Rusia
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menghadiri upacara peluncuran pipa gas TurkStream, di Istanbul, Turki pada 8 Januari 2020. 
21:10
7 Agustus 2024

Amerika Serikat Memperingatkan Turki tentang ‘Konsekuensi’ atas Perdagangan Militer dengan Rusia

AS memperingatkan Turki tentang ‘konsekuensi’ atas perdagangan militer dengan Rusia.

Washington telah berulang kali memperingatkan sekutu NATO-nya atas peningkatan kerja sama dan koordinasi dengan Moskow

Washington telah memperingatkan Ankara bahwa mereka akan menghadapi “konsekuensi” jika tidak membatasi ekspor perangkat keras militer AS ke Rusia.

Asisten Menteri Perdagangan AS, Matthew Axelrod, baru-baru ini bertemu dengan para pejabat di Turkiye untuk membahas upaya menghentikan “perdagangan gelap” Ankara dengan Moskow, Financial Times (FT) melaporkan pada 7 Agustus.

Dia memperingatkan Turki bahwa mereka harus bekerja lebih keras untuk mencegah aliran microchip dan komponen apa pun ke Rusia yang dapat digunakan dalam perang di Ukraina.

“Kami membutuhkan Turki untuk membantu kami menghentikan aliran gelap teknologi AS ke Rusia. Kita perlu melihat kemajuan, dan dengan cepat, oleh otoritas dan industri Turki atau kita tidak punya pilihan selain menerapkan konsekuensi pada mereka yang menghindari kontrol ekspor kita,” kata Axelrod kepada FT.

Dia menyebut masalah ini sebagai “masalah mendesak,” dan mendesak pemerintah Turki untuk “mengadopsi dan menegakkan larangan pengiriman barang-barang yang dikendalikan AS ke Rusia.” Dia juga menuduh Moskow “mencoba mengeksploitasi kebijakan perdagangan Turki” untuk mendapatkan akses terhadap perangkat keras buatan AS.

Menurut pejabat tersebut, 18 perusahaan Turki telah ditambahkan ke daftar entitas departemen perdagangan, yang berarti perusahaan-perusahaan AS harus mendapatkan izin yang sulit diperoleh untuk menjual suku cadang tersebut kepada mereka.

“Anda dapat berharap untuk melihat lebih banyak hal seperti itu di masa depan kecuali dan sampai ada kemajuan,” tambah Axelrod.

AS khawatir bahwa Turkiye telah menjadi pusat di mana barang-barang elektronik buatan Barat digunakan untuk memproduksi rudal dan drone Rusia, yang merupakan pelanggaran terhadap upaya penegakan sanksi.

FT melaporkan bahwa “Arus barang-barang sensitif terkait perang dari Turki ke negara-negara di sekitar Rusia tetap tinggi.”

Ini bukan pertama kalinya AS memperingatkan Turki tentang ekspornya ke Rusia. Peringatan ini muncul ketika Ankara dan Moskow terus meningkatkan hubungan perdagangan dan keamanan meskipun sanksi Barat terhadap Rusia terus berlanjut.

Turkiye juga telah meningkatkan dialog dengan kelompok negara berkembang BRICS, yang mana Rusia merupakan bagian integralnya.

Setelah Rusia menjadi negara yang paling terkena sanksi di dunia setelah dimulainya perang di Ukraina pada tahun 2022, blok BRICS mulai secara serius mengupayakan pembentukan mata uang bersama untuk mendedolarisasi perdagangan dan menghindari sanksi Barat.

“Hal yang berbeda dan indah tentang BRICS dibandingkan dengan UE adalah bahwa BRICS mencakup semua peradaban dan ras. Jika hal ini bisa menjadi lebih institusional, hal ini akan menghasilkan manfaat yang serius,” kata Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan pada akhir Juni lalu.

Awal bulan itu, Fidan mengatakan bahwa ia melihat BRICS sebagai “alternatif yang baik” terhadap UE, dan bahwa blok tersebut memiliki “potensi.”

SUMBER: THE CRADLE

Editor: Muhammad Barir

Tag:  #amerika #serikat #memperingatkan #turki #tentang #konsekuensi #atas #perdagangan #militer #dengan #rusia

KOMENTAR