Daftar Cawapres Kamala Harris Mengerucut, Gubernur Pennsylvania atau Minnesota?
Kamala Harris (Instagram/kamalaharris)
04:16
7 Agustus 2024

Daftar Cawapres Kamala Harris Mengerucut, Gubernur Pennsylvania atau Minnesota?

Kandidat presiden dari Partai Demokrat Kamala Harris telah mempersempit pencariannya untuk calon wakil presiden menjadi dua finalis, Gubernur Pennsylvania Josh Shapiro dan Gubernur Minnesota Tim Walz merupakan nama yang disebutkan oleh sumber tepercaya.

Kamala Harris, wakil presiden AS, diperkirakan akan mengumumkan pilihannya pada hari Selasa, sebelum jadwal penampilan publik pertamanya bersama pasangannya malam itu di Temple University di Philadelphia.

Tidak jelas apakah keputusan akhir telah dibuat, kata sumber tersebut. Demonstrasi ini akan mengawali tur selama lima hari di tujuh kota di negara-negara bagian yang kemungkinan akan menentukan pemilu pada 5 November.

Kamala Harris dan Joe Biden (Instagram/kamalaharris)Kamala Harris dan Joe Biden (Instagram/kamalaharris)

Pemilihan calon wakil presiden adalah salah satu keputusan paling penting dalam karier politik Kamala Harris, ketika ia dengan tergesa-gesa menyusun kampanye untuk menantang calon presiden dari Partai Republik Donald Trump dan Senator AS JD Vance, wakil presiden pilihannya, pada pemilu 5 November. pemilihan. Vance juga akan menghentikan kampanyenya di Philadelphia Selatan pada hari Selasa.

Baca Juga: Kontras dengan Tudingan Aliran Dana 3 Milyar untuk 34 Wanita: Begini Ngenesnya Isi Garasi AGK Eks Gubernur Malut

Josh Shapiro, 51, adalah bintang baru partai tersebut dengan peringkat persetujuan yang kuat di Pennsylvania, yang memiliki 19 suara elektoral menjadikannya negara bagian yang harus dimenangkan oleh Kamala Harris dan Trump.

Seorang mantan jaksa agung negara bagian, Josh Shapiro akan menambah signifikansi historis tiket tersebut; dia akan menjadi wakil presiden Yahudi pertama di AS, sementara Kamala Harris berupaya menjadi perempuan Amerika kulit hitam dan Asia Selatan pertama yang terpilih sebagai presiden AS.

Dukungan kuat Josh Shapiro terhadap Israel dapat mengasingkan sebagian pemilih progresif, meskipun hal ini juga dapat menarik pemilih moderat dan melemahkan upaya Partai Republik untuk mengubah perang Israel-Gaza menjadi isu yang mengganggu bagi Partai Demokrat.

Tim Walz, 60, adalah mantan anggota Garda Nasional Angkatan Darat AS dan mantan guru yang dalam beberapa pekan terakhir menonjolkan profilnya sebagai pendukung efektif Kamala Harris. Dia telah menyerang Trump dan Vance sebagai sesuatu yang "aneh," sebuah penghinaan yang viral yang dilakukan oleh tim kampanye Kamala Harris.

Tim Walz, mantan anggota Kongres dari distrik yang condong ke Partai Republik, telah terbukti menarik bagi pemilih kulit putih di pedesaan, meskipun ia juga memperjuangkan kebijakan progresif sebagai gubernur, seperti makanan sekolah gratis dan perluasan cuti pekerja berbayar. Meskipun Minnesota merupakan negara bagian yang sangat demokratis, Minnesota juga dekat dengan Wisconsin dan Michigan, yang merupakan dua medan pertempuran penting.

Baca Juga: Cek Fakta: Prabowo Paksa Gibran Mundur jadi Cawapres, Benarkah?

Spekulasi terfokus pada enam finalis – empat gubernur, seorang senator dan seorang sekretaris kabinet di pemerintahan Biden, semuanya orang kulit putih dengan rekor memenangkan pemilih di pedesaan, kulit putih atau independen.

Selain Josh Shapiro dan Tim Walz, pesaingnya termasuk Senator AS Mark Kelly dari Arizona, Menteri Transportasi Pete Buttigieg, Gubernur Kentucky Andy Beshear dan Gubernur Illinois J.B. Pritzker.

Para kandidat akan diberitahu pada Senin malam atau Selasa pagi apakah mereka terpilih, kata sumber kepada Reuters. Tim kampanye Kamala Harris merencanakan pengumuman media sosial yang menampilkan keduanya, kata pejabat kampanye yang mengetahui pengaturan tersebut.

Douglas Emhoff, suami Kamala Harris. (Instagram/@douglasemhoff)Douglas Emhoff, suami Kamala Harris. (Instagram/@douglasemhoff)

Pencarian Kamala Harris untuk calon wakil presiden dimulai dengan sungguh-sungguh dua minggu lalu, tak lama setelah Presiden Joe Biden mengundurkan diri dari pencalonan dan mendukungnya untuk menggantikannya.

Tidak ada indikasi langsung bahwa aksi jual pasar pada hari Senin akan berdampak pada waktu pengumuman Kamala Harris. Trump, yang berusaha memanfaatkan penurunan ini, merujuk pada "keruntuhan Kamala" dalam sebuah postingan di situs media sosialnya, Truth Social.

Selama akhir pekan, Kamala Harris bertemu dengan tim pemeriksaannya, termasuk mantan jaksa agung Eric Holder, yang firma hukumnya Covington & Burling LLP meneliti keuangan dan latar belakang calon wakil presiden. Holder dan kantornya melakukan presentasi mendalam tentang masing-masing finalis, menurut berbagai sumber yang mengetahui proses tersebut.

Kamala Harris sedang mempertimbangkan keputusan tersebut bersama suaminya, Doug Emhoff, saudara iparnya Tony West, dan sejumlah kecil pembantu dan penasihat, kata sumber tersebut.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #daftar #cawapres #kamala #harris #mengerucut #gubernur #pennsylvania #atau #minnesota

KOMENTAR