Kerusuhan Makin Meluas, Pemerintah Inggris Kerahkan 6.000 Polisi untuk Tangani Kekacauan
Aksi demonstrasi usai insiden penusukan massal di Inggris (Foto/Dok:PA)
20:08
6 Agustus 2024

Kerusuhan Makin Meluas, Pemerintah Inggris Kerahkan 6.000 Polisi untuk Tangani Kekacauan

Sebanyak 6.000 petugas polisi spesialis siap dikerahkan untuk menangani kerusuhan yang dipicu oleh kelompok sayap kanan setelah pembunuhan tiga anak di Inggris.

Kerusuhan ini telah berlangsung selama tujuh hari berturut-turut. Eenam orang ditangkap dan beberapa petugas polisi terluka ketika mereka diserang oleh perusuh yang melemparkan batu bata dan kembang api di Plymouth, Inggris selatan pada Senin.

Polisi di Belfast, Irlandia Utara, juga diserang saat perusuh mencoba membakar sebuah toko milik warga negara asing.

Kerusuhan di Inggris (Foto/Dok.Sky News)Kerusuhan di Inggris (Foto/Dok.Sky News)

Kerusuhan pecah pada hari Selasa lalu setelah tiga anak tewas dalam serangan penusukan di kelas dansa bertema Taylor Swift di Southport, Inggris barat laut. Sejak itu, kerusuhan telah terjadi di beberapa kota dan kota kecil, menyebabkan ratusan penangkapan.

Baca Juga: Habis Turun Kasta, Berapa Besar Peluang Elkan Baggott Membawa Blackpool Promosi ke Premiere League?

Rumor palsu awalnya menyebar di media sosial yang menyatakan pelaku adalah seorang pencari suaka Muslim. Tersangka kemudian diidentifikasi sebagai Axel Rudakubana, seorang remaja 17 tahun yang lahir di Wales.

Media Inggris melaporkan bahwa orang tuanya berasal dari Rwanda, yang memiliki populasi Muslim yang sangat sedikit. Namun, hal tersebut tidak menghentikan para perusuh untuk menargetkan masjid.

Terkait hal itu, pemerintah telah menawarkan keamanan darurat baru untuk tempat ibadah Islam. Sementara di Burnley, Inggris barat laut, investigasi kejahatan kebencian sedang dilakukan setelah batu nisan di bagian pemakaman Muslim dirusak dengan cat abu-abu.

"Apa jenis individu jahat yang melakukan tindakan keji seperti ini, di tempat sakral untuk refleksi, tempat orang-orang tercinta dimakamkan, semata-mata untuk memprovokasi ketegangan rasial?" kata anggota dewan lokal Afrasiab Anwar.

Sementara itu, sekelompok pria yang berkumpul di Birmingham, Inggris tengah, untuk melawan demonstrasi sayap kanan yang dikabarkan, memaksa seorang reporter Sky News berhenti siaran sambil meneriakkan "Bebaskan Palestina". Dia kemudian diikuti oleh seorang pria berbalaclava yang membawa pisau.

Baca Juga: Jejak Kriminal The Muckers Hooligan Klub Anyar Elkan Baggott: Pendukung Neo Nazi

Kerusuhan di Inggris (X/king_body_art)Kerusuhan di Inggris (X/king_body_art)

Seorang reporter lain mengatakan dia dikejar oleh anggota kelompok dengan sesuatu yang tampak seperti senjata, sementara polisi mengatakan telah terjadi insiden kerusakan kriminal terhadap sebuah pub dan mobil.

Menteri Kehakiman Heidi Alexander mengatakan kepada BBC Radio 4 pada hari Selasa bahwa pemerintah telah menyediakan 500 tempat penjara tambahan dan merekrut 6.000 petugas polisi spesialis untuk menangani kekerasan yang sedang berlangsung.

“Kami akan memastikan bahwa siapa pun yang dijatuhi hukuman penjara akibat kerusuhan dan kekacauan ini, akan ada tempat penjara menunggu mereka,” katanya.

Massa melempar batu bata dan suar, menyerang polisi, membakar dan menjarah toko, menghancurkan jendela mobil dan rumah, serta menargetkan setidaknya dua hotel yang menampung pencari suaka di sejumlah kota pada akhir pekan.

Editor: Bella

Tag:  #kerusuhan #makin #meluas #pemerintah #inggris #kerahkan #6000 #polisi #untuk #tangani #kekacauan

KOMENTAR