Muhammad Yunus, Penerima Nobel, Diusulkan Pimpin Bangladesh Pasca Mundurnya Sheikh Hasina
Muhammad Yunus (nobelprize.org)
15:44
6 Agustus 2024

Muhammad Yunus, Penerima Nobel, Diusulkan Pimpin Bangladesh Pasca Mundurnya Sheikh Hasina

Seorang penyelenggara utama protes mahasiswa Bangladesh pada hari Selasa menyerukan agar penerima Hadiah Nobel Perdamaian Muhammad Yunus ditunjuk sebagai kepala pemerintahan sementara yang baru, sehari setelah Perdana Menteri Sheikh Hasina mengundurkan diri dan meninggalkan negara itu setelah berminggu-minggu terjadi kerusuhan yang mematikan.

Nahid Islam, penyelenggara, dalam sebuah postingan video di media sosial mengatakan para pemimpin protes mahasiswa telah berbicara dengan Yunus, yang setuju untuk mengambil alih mempertimbangkan situasi negara saat ini. Presiden Bangladesh dan komandan militer tertingginya mengatakan pada hari Senin bahwa pemerintahan sementara akan segera dibentuk.

Yunus, yang menyebut pengunduran diri Hasina sebagai “hari pembebasan kedua negara”, menghadapi sejumlah tuduhan korupsi dan diadili pada masa pemerintahan mantan perdana menteri tersebut. Ia menerima Nobel pada tahun 2006 setelah ia memelopori pinjaman mikro, dan ia mengatakan tuduhan korupsi terhadap dirinya dimotivasi oleh balas dendam.

Muhammad Yunus (nobelprize.org)Muhammad Yunus (nobelprize.org)

Islam mengatakan para pengunjuk rasa mahasiswa akan mengumumkan lebih banyak nama untuk pemerintah, dan akan menjadi tantangan yang sulit bagi kepemimpinan saat ini untuk mengabaikan pilihan mereka.

Baca Juga: Jumlah Korban Terus Bertambah, Hampir 100 Orang Tewas dalam Bentrokan antara Mahasiswa dan Aparat di Bangladesh

Hasina mengundurkan diri dan meninggalkan negara itu pada hari Senin setelah berminggu-minggu protes terhadap sistem kuota pekerjaan pemerintah berubah menjadi kekerasan dan berkembang menjadi tantangan yang lebih luas terhadap pemerintahannya yang telah berlangsung selama 15 tahun. Ribuan demonstran menyerbu kediaman resminya dan bangunan lain yang terkait dengan partai dan keluarganya.

Kepergiannya mengancam akan menciptakan lebih banyak ketidakstabilan di negara berpenduduk padat di Asia Selatan yang sudah menghadapi serangkaian krisis, mulai dari tingginya angka pengangguran, korupsi, hingga perubahan iklim. Di tengah kekhawatiran keamanan, bandara utama di ibu kota Dhaka, menghentikan operasinya.

Jalan-jalan di Dhaka tampak lebih tenang pada hari Selasa, tanpa ada laporan kekerasan baru. Para pengunjuk rasa yang gembira masih memadati kediaman pemimpin terguling itu. Beberapa bahkan berfoto selfie dengan tentara yang menjaga gedung tersebut, tempat sehari sebelumnya para pengunjuk rasa yang marah menjarah perabotan, lukisan, dan bahkan pot bunga dan ayam milik mantan perdana menteri.

Pada hari Selasa, operasi di Bandara Internasional Hazrat Shahjalal utama Dhaka dilanjutkan setelah delapan jam ditangguhkan.

Kekerasan yang terjadi sebelum dan setelah pengunduran dirinya menyebabkan sedikitnya 109 orang tewas dan ratusan lainnya terluka, menurut laporan media, yang tidak dapat dikonfirmasi secara independen. Lebih dari selusin dilaporkan tewas ketika pengunjuk rasa membakar sebuah hotel milik seorang pemimpin partai Hasina di kota barat daya Jashore. Lebih banyak kekerasan terjadi di Savar, di luar Dhaka, sedikitnya 25 orang tewas, kata laporan tersebut. 10 orang lainnya tewas di lingkungan Uttara di Dhaka.

Baca Juga: Internet di Bangladesh Terputus Jelang Long March Anti Pemerintah ke Dhaka

Di distrik barat daya Satkhira, total 596 tahanan dan tahanan melarikan diri dari penjara setelah terjadi serangan terhadap fasilitas tersebut, lapor kantor berita United News of Bangladesh.

Dikatakan bahwa pembobolan penjara tersebut terjadi pada Senin malam di tengah kekacauan yang melanda negara tersebut, ketika kantor polisi dan petugas keamanan diserang di seluruh negeri.

Polisi di Dhaka sebagian besar meninggalkan pos mereka dan berkumpul di barak pusat karena takut akan serangan setelah beberapa pos dibakar atau dirusak.

Panglima militer, Jenderal Waker-uz-Zamam mengatakan dia untuk sementara waktu mengambil kendali negara, dan tentara berusaha membendung kerusuhan yang semakin meningkat. Mohammed Shahabuddin, presiden utama negara itu, mengumumkan pada Senin malam setelah bertemu dengan Waker-uz-Zamam dan politisi oposisi bahwa Parlemen akan dibubarkan dan pemerintahan nasional akan dibentuk sesegera mungkin, yang akan mengarah pada pemilihan umum baru.

Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina Wajed. (AFP)Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina Wajed. (AFP)

Berbicara setelah pemimpin yang diperangi itu terlihat dalam tayangan televisi menaiki helikopter militer bersama saudara perempuannya, Waker-uz-Zaman berusaha meyakinkan negara yang gelisah itu bahwa ketertiban akan dipulihkan. Namun, para ahli memperingatkan bahwa perjalanan ke depan masih panjang.

Oposisi utama Partai Nasionalis Bangladesh pada hari Selasa mendesak masyarakat untuk menahan diri dalam apa yang dikatakannya sebagai “momen transisi dalam jalur demokrasi kita.”

“Ini akan mengalahkan semangat revolusi yang menggulingkan rezim Sheikh Hasina yang tidak sah dan otokratis jika masyarakat memutuskan untuk mengambil tindakan sendiri tanpa proses hukum,” Tarique Rahman, penjabat ketua partai tersebut, menulis di platform media sosial X. .

Dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, kepala hak asasi manusia PBB, Volker Türk, mengatakan peralihan kekuasaan di Bangladesh harus “sejalan dengan kewajiban internasional negara tersebut” dan “inklusif serta terbuka bagi partisipasi yang berarti dari seluruh warga Bangladesh.”

Ratusan ribu orang turun ke jalan sambil mengibarkan bendera dan bersorak merayakan pengunduran diri Hasina. Namun beberapa perayaan segera berubah menjadi kekerasan, dengan para pengunjuk rasa menyerang simbol-simbol pemerintahan dan partainya, melakukan penggeledahan dan membakar beberapa bangunan.

“Ini bukan hanya akhir dari tiran Sheikh Hasina, dengan ini kita mengakhiri negara mafia yang ia ciptakan,” kata Sairaj Salekin, seorang mahasiswa pengunjuk rasa, di jalan-jalan Dhaka.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #muhammad #yunus #penerima #nobel #diusulkan #pimpin #bangladesh #pasca #mundurnya #sheikh #hasina

KOMENTAR