Terbunuhnya Haniyeh oleh Israel Beri Pesan Mengerikan: Pemimpin Tertinggi Iran 'Rentan' akan Serangan
Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memimpin doa di depan peti jenazah mendiang pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dan pengawalnya, selama prosesi pemakamannya di Teheran, Iran, Kamis (1/8/2024). [IRANIAN SUPREME LEADER'S WEBSITE / AFP]
02:20
5 Agustus 2024

Terbunuhnya Haniyeh oleh Israel Beri Pesan Mengerikan: Pemimpin Tertinggi Iran 'Rentan' akan Serangan

Pembunuhan Ismail Haniyeh yang dilakukan Israel bertujuan untuk menyampaikan pesan bahwa Pemimpin Tertinggi Iran “rentan” terhadap serangan di mana pun dia berada di Iran, kata para ahli tadi malam.

Ketegangan meningkat tadi malam ketika dunia menunggu untuk melihat apakah Iran akan melancarkan serangan balasan terhadap Israel, yang mungkin akan memicu perang habis-habisan.

Haniyeh, seorang Palestina yang mengepalai biro politik Hamas, membantu merencanakan pembantaian tanggal 7 Oktober yang menewaskan 1.200 warga Israel dan termasuk dalam daftar sasaran Israel. Dia juga bertanggung jawab atas hubungan organisasi teror tersebut dengan sponsor militer dan keuangan terbesarnya, Iran.

Menurut sumber, pemimpin Hamas itu terbunuh di zona keamanan tinggi di luar Teheran, hanya tiga mil dari kediaman Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei – yang baru saja dia temui.

Baca Juga: Serangan Udara Israel Tewaskan Komandan Hamas di Tepi Barat

Pria berusia 62 tahun itu tinggal di kabin resmi di Istana Hijau yang bersejarah, tempat dia pernah tinggal sebelumnya dan di mana perlindungan diberikan oleh unit khusus Garda Revolusi Islam yang dipimpin oleh putra Pemimpin Tertinggi Khamenei, Mojtaba.

Sumber-sumber Timur Tengah mengungkapkan bahwa Haniyeh dan seorang pengawalnya tewas ketika sebuah perangkat diledakkan dari jarak jauh.

Yang memalukan bagi rezim tersebut, perangkat tersebut dikatakan telah ditanam oleh agen Mossad lebih dari dua bulan lalu, dalam sebuah operasi yang bertepatan dengan pelantikan presiden baru Masoud Pezeshkian.

Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memimpin doa di depan peti jenazah mendiang pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dan pengawalnya, selama prosesi pemakamannya di Teheran, Iran, Kamis (1/8/2024). [IRANIAN SUPREME LEADER'S WEBSITE / AFP]Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memimpin doa di depan peti jenazah mendiang pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dan pengawalnya, selama prosesi pemakamannya di Teheran, Iran, Kamis (1/8/2024). [IRANIAN SUPREME LEADER'S WEBSITE / AFP]

Rezim telah membantah versi kejadian ini, dan mengklaim kemarin bahwa Haniyeh telah terbunuh oleh “proyektil jarak pendek dengan hulu ledak 7kg”. Namun teori ini menyatakan bahwa proyektil tersebut ditembakkan dari dalam negeri Iran sendiri dan dari jarak dekat.

Khamenei bersumpah untuk membalas kematian tersebut, menyerukan Iran untuk melakukan serangan langsung terhadap Israel setelah pertemuan dengan Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran.

Baca Juga: Aksi Bela Palestina di Depan Kedubes AS, Massa Bentangkan Bendera Raksasa

Ancaman itu menyebabkan Prancis mendesak seluruh warganya untuk meninggalkan Iran.

Dan pada hari Jumat, para komandan AS mengerahkan kembali kelompok kapal induk, satu skuadron tempur, dan kapal perang tambahan untuk membantu membela Israel ketika kawasan itu bersiap menghadapi pembalasan Iran.

Ini mungkin merupakan pergerakan terbesar pasukan AS ke wilayah tersebut sejak hari-hari awal perang Gaza, ketika Pentagon mengirimkan dua kelompok kapal induk menuju Timur Tengah sebagai peringatan publik kepada kelompok militan regional agar tidak memperluas pertempuran.

“Orang-orang terkemuka seperti Haniyeh datang ke Iran karena mereka mendapat perlindungan dari unit pengawal khusus IRGC yang dikendalikan oleh Mojtaba Khamenei, putra Pemimpin Tertinggi. Mampu melewati hal ini berarti ada seseorang dari dalam yang membantu Israel. Ini memalukan bagi rezim,'' kata pakar Catherine Perez-Shakdam.

“Serangan ini merupakan indikator yang jelas bahwa Mossad kembali, setelah kegagalannya mendeteksi serangan 7 Oktober, dan ini merupakan pesan kepada Khamenei bahwa dia tidak aman di mana pun.”

Dia menambahkan: "Benjamin Netanyahu telah membuat perhitungan - dia yakin Israel siap menahan serangan Iran apa pun. Israel siap berperang."

Iran hanya tinggal dua hari lagi untuk memperoleh cukup bahan fisil untuk membuat senjata nuklir, menurut peringatan intelijen AS, meskipun dibutuhkan setidaknya 18 bulan sebelum negara itu dapat mengembangkan sistem pengiriman balistik yang sukses.

“Ambisi nuklir Iran selalu menjadi perhatian Israel dan Barat,” kata Megan Sutcliffe dari kelompok risiko strategis Sibylline.

“Serangan ini mengirimkan pesan kepada Pemimpin Tertinggi secara pribadi, dan kepada masyarakat domestik bahwa Iran tidak dapat melindungi tamu-tamu penting di wilayah Iran.”

Hal ini juga sedang dinilai oleh anggota poros perlawanan Iran – proksi yang mereka kendalikan, katanya, seraya menambahkan: “Jika Iran tidak dapat menjamin keamanan di perbatasannya sendiri, ada risiko bahwa beberapa kelompok ini akan mulai menunjukkan sikap yang lebih otonom. coretan."

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #terbunuhnya #haniyeh #oleh #israel #beri #pesan #mengerikan #pemimpin #tertinggi #iran #rentan #akan #serangan

KOMENTAR