Ismail Haniyeh Telah Berjuang di Jalan Allah, Dubes Iran: Dia Seorang Pejuang Kemerdekaan Palestina
Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memimpin doa di depan peti jenazah mendiang pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dan pengawalnya, selama prosesi pemakamannya di Teheran, Iran, Kamis (1/8/2024). [IRANIAN SUPREME LEADER'S WEBSITE / AFP]
03:24
3 Agustus 2024

Ismail Haniyeh Telah Berjuang di Jalan Allah, Dubes Iran: Dia Seorang Pejuang Kemerdekaan Palestina

Tewasnya petinggi kelompok perjuangan Palestina, Hamas, Ismail Haniyeh oleh Israel masih menjadi sorotan dunia hingga detik ini, seperti dari Duta Besar Iran untuk Indonesia Mohammad Boroujerdi.

Menurutnya, Ismail Haniyeh telah berjuang di jalan Allah SWT demi memperjuangkan kemerdekaan Palestina dari penjajahan Israel.

"Almarhum syahid Ismail Haniyeh adalah seorang pejuang yang telah mempersembahkan segalanya, usianya, keluarganya di jalan Allah SWT untuk kemerdekaan bangsa Palestina," kata Boroujerdi usai mengikuti salat gaib di Masjid Istiqlal Jakarta pada Jumat.

Boroujerdi menjelaskan bahwa sekitar 65 orang dari keluarga Ismail Haniyeh telah gugur dan pada akhirnya kepala biro politik Hamas itu juga menyusul 60 orang dari keluarganya yang telah meninggal.

Baca Juga: Fadli Zon Kecam Pembunuhan Pimpinan Hamas Ismail Haniyeh oleh Israel: Tindakan yang Menghambat Dialog Damai

Pada kesempatan itu, Boroujerdi juga menyampaikan bela sungkawa yang mendalam atas gugurnya Ismail Haniyeh kepada Dubes Palestina dan umat Islam di seluruh dunia serta bangsa-bangsa yang tertindas.

"Mudah-mudahan Allah memberikan kemudahan kepada kita semua dan InsyaAllah syahada tokoh-tokoh besar ini tidak akan sia-sia. Insya Allah akan menjadi mukadimah untuk kemerdekaan bangsa Palestina," katanya.

Menurutnya, Iran akan membalas atas apa yang telah dilakukan terhadap Ismail Haniyeh dan akan memberikan balasan yang setimpal dan bahkan lebih keras dari itu.

"Mudah-mudahan darahnya (Ismail Haniyeh) tidak akan sia-sia, apalagi peristiwa tersebut terjadi di wilayah Republik Islam Iran. Ismail Haniyeh adalah tamu Republik Islam Iran dan menyakiti tamu bahkan membuatnya syahid, merupakan sebuah penghinaan. Pelanggaran terhadap kehormatan Iran," katanya.

Sekitar 10 bulan terakhir, rezim zionis Israel telah melakukan berbagai aksi keji dan pembunuhan terhadap lebih dari 40.000 orang, yang 70 persen di antaranya adalah anak-anak dan kaum perempuan yang tidak berdosa.

Baca Juga: Ekspresi Jusuf Kalla dan Din Syamsudin Berdiri Langsung di Sisi Makam Ismail Haniyeh

Lebih lanjut Boroujerdi mengatakan bahwa resolusi PBB tidak ada gunanya bagi mereka. "Puluhan resolusi telah dikeluarkan oleh PBB, namun Israel telah melanggarnya dan berupaya memperluas perang di berbagai wilayah," ucapnya.

Boroujerdi menegaskan bahwa sampai hari kiamat pun Iran akan selalu membela Palestina dan akan terus berjuang untuk kemerdekaan Palestina. [Antara].

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #ismail #haniyeh #telah #berjuang #jalan #allah #dubes #iran #seorang #pejuang #kemerdekaan #palestina

KOMENTAR