Curah Hujan Tinggi Picu Banjir Bandang di Jepang, 2 Tewas dan Beberapa Hilang
Ilustrasi banjir. [kaltimtoday.co]
20:28
26 Juli 2024

Curah Hujan Tinggi Picu Banjir Bandang di Jepang, 2 Tewas dan Beberapa Hilang

Setidaknya dua orang dilaporkan tewas dan beberapa lainnya belum ditemukan setelah hujan lebat mengguyur wilayah timur laut Jepang, memicu banjir sungai dan tanah longsor, kata pemerintah setempat pada Jumat.

Yoshio Sato, 86, diyakini terbawa banjir Sungai Omono di Prefektur Akita dan ditemukan tewas, sementara seorang pria lainnya dilaporkan hilang di lokasi konstruksi di Yuzawa di prefektur yang sama.

Dua petugas polisi berusia 20-an di Prefektur Yamagata yang berdekatan belum ditemukan setelah tersapu mobil polisi, namun satu orang telah ditemukan dan dipastikan tewas.

Polisi prefektur Yamagata mengatakan mereka menerima panggilan darurat sekitar pukul 23.45. pada hari Kamis dari salah satu petugas yang hilang di kota Shinjo, yang keluar untuk menanggapi permintaan bantuan, mengatakan bahwa mobil yang mereka tumpangi terbawa air. Kendaraan itu kemudian ditemukan setengah tenggelam.

Baca Juga: Review 'Butterly Sleep', Film Perpaduan Unsur Korea Jepang yang Unik

Ilustrasi banjir (Unsplash.com/ Chris Gallagher)Ilustrasi banjir (Unsplash.com/ Chris Gallagher)

"Kami akan menggunakan seluruh kekuatan kami dalam misi pencarian dan penyelamatan,” kata kepala polisi prefektur Yamagata Kunio Suzuki kepada wartawan.

Pasangan tersebut tampaknya tidak membawa jaket pelampung, dan kendaraan terpisah yang mengantarkan mereka terjebak dalam tanah longsor, katanya.

Polisi Prefektur Yamagata mengatakan orang-orang yang meminta bantuan telah diselamatkan.

Di Tozawa, Yamagata, sekitar selusin orang diselamatkan oleh Pasukan Bela Diri dan otoritas prefektur setelah desa tersebut tenggelam dan terputus, menurut otoritas setempat.

Badan Meteorologi Jepang menurunkan peringatan hujan lebat di enam kota di Yamagata tetapi terus memperingatkan adanya banjir dan tanah longsor.

Baca Juga: Tanah Longsor Mematikan di Gofa Etiopia, Renggut Nyawa 146 Orang

Ilustrasi banjir [shuterstock]Ilustrasi banjir [shuterstock]

“Kami telah mengirimkan SDF untuk operasi bantuan bencana. Kami akan terus mengumpulkan informasi dan menerapkan segala tindakan yang mungkin dilakukan,” kata Perdana Menteri Fumio Kishida pada pertemuan para pejabat pemerintah.

Badan Kepolisian Nasional mendirikan kantor tanggap darurat pada Jumat dini hari.

Layanan kereta peluru Yamagata Shinkansen antara stasiun Yamagata dan Shinjo telah ditangguhkan karena hujan lebat, dengan operasi dijadwalkan akan dihentikan hingga hari Sabtu.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #curah #hujan #tinggi #picu #banjir #bandang #jepang #tewas #beberapa #hilang

KOMENTAR