Insting Liar Tak Terbendung, Penghuni Kebun Binatang Jerman Direlakan Kembali ke Alam
Lynx (Pexels/David Selbert)
16:16
26 Juli 2024

Insting Liar Tak Terbendung, Penghuni Kebun Binatang Jerman Direlakan Kembali ke Alam

Seekor lynx Carpathian muda bernama Chapo terlahir liar meski dilahirkadi sebuah kebun binatang.

Menghargai keinginannya, penjaga kebun binatang Jerman membatalkan niat mereka untuk membesarkannya dan akhirnya menyumbangkan gennya untuk program penangkaran yang penting dan melepaskannya ke alam liar Jerman.

Kini tinggal di hutan Saxony, ia bergabung dengan populasi lynx liar yang terus bertambah di Jerman dan Swiss yang menyelinap kembali melintasi areal tempat mereka mencari mangsa di masa lalu.

Lynx Carpathian adalah subspesies dari lynx Eurasia, yang meskipun terdaftar sebagai hewan terancam punah dalam Daftar Merah IUCN, namun telah punah di sebagian besar habitat aslinya.

Baca Juga: Karyawan Museum Jerman Menukar Lukisan Asli dengan Palsu, Jual untuk Gaya Hidup Mewah

Lynx (Pexels/Vincent M.A. Janssen)Lynx (Pexels/Vincent M.A. Janssen)

Subspesies selanjutnya, lynx Iberia, tumbuh subur di Portugal dan Spanyol setelah 2 dekade melakukan upaya konservasi yang heroik dan intens. Namun di Jerman, hanya ada 190 lynx yang berkeliaran terutama di Pegunungan Harz, Bavaria, dan Rhineland-Pfalz.

Chapo berusia satu tahun, ketika, sebagai kucing yang lahir di penangkaran, dia dibawa ke fasilitas penangkaran di Pegunungan Harz. Hal pertama yang dilakukannya, meski tumbuh besar di kebun binatang, adalah melompati pagar kandang.

Dia segera ditangkap tetapi nafsu berkelananya terlihat jelas, lapor Sunday Times.

“Dia terus mencari jalan keluar dari kandangnya dan merasa sulit untuk menetap,” kata otoritas satwa liar Saxony dalam sebuah pernyataan. “Hal ini menunjukkan bahwa lynx muda lebih cocok untuk dilepaskan ke alam liar.”

Menurut Times, para ahli dari jaringan Linking Lynx telah mengidentifikasi Chapo sebagai hewan pemalu dan cocok untuk dilepasliarkan ketika dia berada di Nuremberg, sehingga para penjaga menjaga kontak minimal dengannya, hanya memberinya makan daging buruan, dan menempatkannya di kandang terbesar.

Baca Juga: Khawatir Akan Terjadi Perang Dingin Lagi, Jerman Dorong Negara Besar Bikin Perundingan Tentang Pengendalian Senjata

Dua minggu yang lalu, dia keluar dari kandangnya, berhenti untuk mengendus angin dan melihat arahnya, lalu menghilang ke dalam hutan dengan kerah GPS terpasang erat di lehernya.

Dia bergabung dengan tiga lynx lainnya yang akan diperkenalkan kembali tahun ini, semuanya telah “lulus” dari berburu kelinci, berburu rubah, hingga berburu rusa. Meskipun merupakan predator darat terbesar ketiga di Eropa, lynx jarang terlihat dan tidak menimbulkan ancaman terhadap ternak.

Baru-baru ini, pemerintah Saxon merinci bahwa Nova dan Luna tercatat hanya berjarak sekitar seratus meter, dan “tidak dapat dikesampingkan bahwa mereka bertemu.”

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #insting #liar #terbendung #penghuni #kebun #binatang #jerman #direlakan #kembali #alam

KOMENTAR