Inggris Ngaku Butuh Waktu 3 Tahun untuk Mempersiapkan Diri Hadapi Kemungkinan Perang Dunia Ketiga
Pasukan tentara Inggris (Dok. Grtty)
18:16
24 Juli 2024

Inggris Ngaku Butuh Waktu 3 Tahun untuk Mempersiapkan Diri Hadapi Kemungkinan Perang Dunia Ketiga

Kepala staf jenderal baru Britania Raya, Jenderal Sir Roly Walker mengingatkan bahwa negaranya butuh waktu selama tiga tahun untuk memperkuat kekuatan tempur militer dalam menghadapi ancaman Perang Dunia III, termasuk ancaman dari Rusia dan Tiongkok.

Sir Roly mengatakan bahwa waktu yang ada cukup untuk membangun kembali kekuatan darat yang kredibel untuk mencegah negara-negara musuh mengambil langkah perang melawan Barat. Dia menilai beberapa negara seperti Rusia, Tiongkok, Korea Utara, dan Iran sebagai ancaman potensial.

Menurut The Times, jenderal yang sebelumnya bertugas di pasukan khusus ini mengungkapkan bahwa penting untuk meningkatkan kredibelitas pasukan bersenjata Britania Raya agar dapat menghadapi kekuatan yang tiga kali lipat lebih besar. Namun demikian, dia juga menyadari bahwa kemungkinan besar tentara harus menggunakan peralatan lama karena kendaraan dan artileri baru mungkin tidak siap tepat waktu.

Foto seorang tentara Inggris (Dok.GettyImage)Foto seorang tentara Inggris (Dok.GettyImage)

"Kita hanya punya cukup waktu … untuk mempersiapkan, bertindak, dan memastikan pembentukan kembali pasukan darat yang kredibel untuk mendukung strategi pencegahan." katanya.

Baca Juga: Sambangi Sekolah Amora dan Kellen Lemos, Bahasa Inggris Kris Dayanti Tuai Decak Kagum

Sir Roly, dalam konferensi perang darat di Royal United Services Institute, menyatakan bahwa Britania Raya memiliki waktu hingga tahun 2027 atau 2028 untuk meningkatkan kemampuan militer dan ingin menggandakan kemampuan tempur angkatan darat.

Dia memperingatkan bahwa invasi potensial Tiongkok terhadap Taiwan dapat mengundang Amerika Serikat dan Britania Raya ke dalam Perang Dunia III.

Sir Roly juga memperingatkan bahwa Rusia bisa saja kembali menguat dengan bantuan dari Tiongkok, Iran, dan Korea Utara, dan Vladimir Putin mungkin akan merasa marah dan meresahkan pada saat itu, yang bisa meledakkan gelombang konflik baru.

"Ketika Anda mengira mereka kalah, mereka [Rusia] akan bangkit kembali untuk membalas dendam," katanya.

Sir Roly juga menyampaikan bahwa Rusia bertekad tidak hanya untuk aneksasi wilayah Ukraina tetapi juga untuk memecah arsitektur keamanan Euro-Atlantik. Pernyataannya mengikuti peringatan yang serupa dari Jenderal Sir Patrick Sanders, kepala Angkatan Darat Britania Raya sejak 2022, yang sebelumnya mengatakan bahwa Barat tidak pernah se-dekat ini dengan perang sejak tahun 1945.

Baca Juga: Situasi Darurat Selamatkan Posisi Elkan Baggott di Ipswich Town! Debut di Liga Inggris Kian Dekat

Sir Patrick juga telah mengingatkan bahwa kekuatan bersenjata Britania Raya tidak hanya kekurangan dana tetapi juga terlalu terpencar. Ancaman invasi potensial Tiongkok terhadap Taiwan juga menurut Sir Patrick, akan menjadi ancaman besar bagi stabilitas global, meskipun Britania Raya memiliki kekuatan yang kuat dalam bidang keamanan cyber, masih ada kelemahan di bidang lain seperti pertahanan udara.

Editor: Bella

Tag:  #inggris #ngaku #butuh #waktu #tahun #untuk #mempersiapkan #diri #hadapi #kemungkinan #perang #dunia #ketiga

KOMENTAR