Polisi Tembak Wanita Kulit Hitam di Amerika Serikat, Joe Biden Sampaikan Belasungkawa
Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden. [Reuters]
21:40
23 Juli 2024

Polisi Tembak Wanita Kulit Hitam di Amerika Serikat, Joe Biden Sampaikan Belasungkawa

Seorang ibu tunggal dari Illinois, Sonya Massey tewas pada dini hari tanggal 6 Juli lalu setelah ditembak oleh Deputi Sean Grayson. Kejadian nahas itu menimpa Sonya Massey setelah polisi datang ke rumahnya ketika dia melaporkan adanya "penyusup" yang dicurigai di propertinya.

Korban yang ditembak tiga kali oleh Grayson dengan luka tembak fatal di kepalanya, memicu keprihatinan dan kemarahan nasional. Presiden Amerika Serikat, Joe Biden mengungkapkan kesedihannya atas kehilangan yang tak terbayangkan dan tanpa makna ini.

"Sonya Massey, seorang ibu, teman, putri, dan wanita kulit hitam muda yang tercinta, seharusnya masih hidup hari ini," tulis Biden.

Biden menambahkan bahwa keluarga Sonya layak mendapatkan keadilan dan ia bersama Ibu Negara bagian bergabung dengan bangsa ini (Amerika Serikat) untuk berduka atas kehilangannya.

Baca Juga: Mengenal Sosok Ella Emhoff Putri Tiri Kamala Harris, Punya Pengaruh Besar Untuk Pencalonan Presiden

"Saya sangat sedih untuk anak-anaknya dan seluruh keluarganya saat mereka menghadapi kehilangan yang tak terbayangkan dan tanpa makna ini," katanya sambil memuji upaya kantor Jaksa Negara Bagian Springfield.

Merujuk pada penembakan fatal lainnya yang melibatkan petugas terhadap orang kulit hitam, Presiden mendorong Kongres untuk segera melewati Undang-Undang Keadilan George Floyd di Bidang Kepolisian.

"Kematian Sonya oleh seorang petugas yang merespons mengingatkan kita bahwa terlalu sering warga Amerika kulit hitam menghadapi ketakutan atas keselamatan mereka dengan cara yang tidak dialami banyak dari kita," ungkapnya.

RUU reformasi polisi yang disusun pada tahun 2021 bertujuan untuk mempertanggungjawabkan polisi dan membangun hubungan antara penegak hukum dan komunitas lokal dengan mengatasi rasisme sistemik.

"Kongres harus segera melewati Undang-Undang Keadilan George Floyd di Bidang Kepolisian sekarang. Komitmen dasar kami terhadap keadilan sedang dipertaruhkan." tutupnya.

Baca Juga: Kontroversi dan Sepak Terjang Kamala Harris, Capres AS Pengganti Joe Biden

Editor: Bella

Tag:  #polisi #tembak #wanita #kulit #hitam #amerika #serikat #biden #sampaikan #belasungkawa

KOMENTAR