Mark Zuckerberg Puji Semangat Trump Pasca Percobaan Pembunuhan
Direktur eksekutif Facebook, Mark Zuckerberg (Shutterstock).
10:32
21 Juli 2024

Mark Zuckerberg Puji Semangat Trump Pasca Percobaan Pembunuhan

Mark Zuckerberg memuji reaksi mantan Presiden Donald Trump terhadap percobaan pembunuhannya di rapat umum di Pennsylvania akhir pekan lalu.

CEO Meta – dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan Emily Chang dari Bloomberg – mengenang bagaimana calon presiden dari Partai Republik itu bangkit setelah dia ditembak sebelum mengacungkan tangan kanannya ke udara, momen-momen yang terlihat dalam foto-foto yang dibagikan secara luas dari penembakan yang menewaskan seorang peserta rapat umum.

Zuckerberg menggambarkan adegan rapat umum Trump, yang menampilkan bendera Amerika berkibar di langit, sebagai “salah satu hal paling buruk” yang pernah dilihatnya dalam hidupnya.

“Pada tingkat tertentu sebagai orang Amerika, sulit untuk tidak menjadi emosional tentang semangat dan perjuangan itu, dan saya pikir itulah sebabnya banyak orang menyukai pria tersebut,” kata Zuckerberg.

Baca Juga: Peserta RNC Pakai Perban Palsu Agar Serupa Trump, Ortu Korban Penembakan Sakit Hati: Sangat Menjijikkan

Pendiri dan bos Facebook, Mark Zuckerberg (Shutterstock).Pendiri dan bos Facebook, Mark Zuckerberg (Shutterstock).

CEO Meta, yang pernah mengkritik Trump atas perintah eksekutifnya mengenai imigrasi pada tahun 2017, belum mendukung calon dari Partai Republik atau Presiden Joe Biden karena mereka ingin memenangkan masa jabatan Gedung Putih kedua pada bulan November.

“Saya pribadi telah melakukan beberapa hal di masa lalu, saya tidak berencana melakukan hal itu kali ini,” kata Zuckerberg, yang menyatakan bahwa dia tidak ingin mendukung calon presiden dalam pemilu.

Pernyataan Zuckerberg muncul setelah sesama multi-miliuner dan orang terkaya di dunia Elon Musk mendukung Trump menyusul upaya pembunuhannya.

Musk dilaporkan telah berjanji untuk menyumbangkan $45 juta per bulan ke America PAC, sebuah komite aksi politik yang bekerja untuk memilih Trump.

Zuckerberg, di tempat lain dalam wawancaranya dengan Chang, mengklaim bahwa pengguna platform Meta “sebenarnya ingin” melihat lebih sedikit konten politik dan mereka berharap menggunakan situs tersebut untuk “terhubung dengan orang-orang.”

Baca Juga: Biden Positif COVID-19, Pertanyaan Muncul Tentang Pencalonan Ulang

Instagram Meta mengumumkan awal tahun ini bahwa platform tersebut tidak akan “secara proaktif merekomendasikan” konten politik dari akun yang tidak diikuti pengguna.

“Saya pikir Anda akan melihat layanan kami kurang berperan dalam pemilu ini dibandingkan di masa lalu,” kata Zuckerberg.

Trump – yang akun Facebook dan Instagramnya ditangguhkan setelah serangan 6 Januari 2021 sebelum diaktifkan kembali tahun lalu – menyebut Facebook sebagai “musuh rakyat” dan tampaknya memperingatkan Zuckerberg bahwa dia akan mengirimnya ke penjara jika dia akan kembali ke Ruang Oval.

Mantan Presiden AS, Donald Trump. [Dok.Antara]Mantan Presiden AS, Donald Trump. [Dok.Antara]

Trump, dalam komentarnya di TikTok, baru-baru ini mengatakan kepada Bloomberg Businessweek bahwa dia menentang pelarangan platform milik Tiongkok tersebut karena “Anda membutuhkan persaingan.” sebelum meledakkan Facebook dan Instagram.

“Itu, Anda tahu, itulah Zuckerberg,” kata mantan presiden tersebut.

Biden juga mengklaim bahwa dia “tidak pernah menjadi penggemar berat Zuckerberg” pada tahun 2020 dan menyebut CEO Meta pada saat itu sebagai “masalah nyata.”

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #mark #zuckerberg #puji #semangat #trump #pasca #percobaan #pembunuhan

KOMENTAR