Prestasi Memukau Diwarnai Keraguan, Gadis Jenius Matematika Asal Pedesaan Dituduh Menyontek
Ilustrasi Prestasi Memukau Diwarnai Keraguan, Gadis Jenius Matematika Asal Pedesaan Dituduh Menyontek (ThisisEngineering RAEng/Unsplash)
22:24
10 Juli 2024

Prestasi Memukau Diwarnai Keraguan, Gadis Jenius Matematika Asal Pedesaan Dituduh Menyontek

Nasib malang menimpa seorang gadis berusia 17 tahun dari sekolah kejuruan pedesaan di Tiongkok, yang berhasil memukau negaranya sendiri kini mendapatkan tuduhan kurang mengenakkan.

Pasalnya, gadis jenius itu membuat kejutan negaranya dengan menempati peringkat 12 di antara 802 peserta dalam kontes Matematika elit kini harus berhadapan dengan tuduhan menyontek.

Informasi yang didapat dari media luar negeri, bahwa kontes Matematika merupakan hal yang penting di Tiongkok. Namun, sangat jarang jika kompetisi itu mengundang perhatian banyak pihak.

Apalagi kompetisi itu menarik perhatian seluruh negara seperti Kompetisi Matematika Global Alibaba tahun ini, yang diselenggarakan oleh DAMO Academy Alibaba dan Alibaba Foundation.

Baca Juga: Bikin Merinding, Pasangan Ini Makan Romantis di Lokasi yang Mengancam Nyawa

Kontes ini dapat diikuti secara gratis bagi para penggemar matematika dari seluruh dunia, namun biasanya didominasi oleh jurusan Matematika dari institusi bergengsi seperti Harvard, Oxford, dan MIT.
Namun, pada tahun ini, sesuatu yang luar biasa terjadi. Jiang Ping yang berusia 17 tahun bukan hanya satu-satunya gadis yang masuk 30 besar setelah putaran pertama kompetisi, tapi dia juga satu-satunya yang studinya tidak berfokus pada Matematika.

Jenius matematika yang tidak terduga ini mempelajari desain fesyen di sekolah kejuruan pedesaan di Provinsi Jiangsu, dan hanya mempelajari Matematika tingkat lanjut sebagai hobi.

Kisah Jiang Ping saat ini tengah menginspirasi seluruh bangsa. Pasalnya, seorang gadis miskin dari pedesaan Tiongkok dengan latar belakang pendidikan sederhana yang kecerdasan dan hasratnya yang luar biasa terhadap Matematika membantunya menduduki peringkat ke-12 di antara 802 penggemar matematika.

Semua orang menyukainya, dan tak lama kemudian, reporter berita dan influencer Tiongkok berbondong-bondong mengunjungi desa asal gadis tersebut untuk mengetahui lebih banyak tentang dirinya.

Menurut orang tua Jiang Ping, dia unggul dalam Matematika sejak sekolah menengah, tetapi karena ini adalah satu-satunya mata pelajaran yang tampaknya dia minati, nilai-nilai lainnya buruk, dan karena keluarganya tidak mampu mengeluarkan uang.

Baca Juga: Aksi Brutal Suami Kaya, Bakar Rumah Mewah Sendiri Demi Sakiti Istri

Dalam rangka mempersiapkannya menghadapi ujian masuk yang kompetitif di sekolah bergengsi, satu-satunya pilihannya adalah sekolah kejuruan, atau yang oleh banyak orang di Tiongkok disebut sebagai 'jalan buntu pendidikan'.

Jiang Ping mungkin tidak pernah bermimpi untuk mendaftar ke Kompetisi Matematika Global Alibaba jika bukan karena guru matematika sekolah kejuruannya, Wang Runqiu, yang pernah berpartisipasi dalam kontes tersebut, tetapi tidak pernah masuk 100 besar.

Dia diduga melihat potensi gadis itu dan mengenalkannya pada Matematika tingkat lanjut. Dia mempelajari bidang tersebut bersamaan dengan kurikulum desain fesyennya, dan ketika Wang bercerita tentang kompetisi matematika elit gratis ini, dia memutuskan untuk mengambil risiko.

Ilustrasi matematika. [Pixabay]Ilustrasi matematika. [Pixabay]

Masyarakat menyukai kisah gembira Jiang tentang bagaimana keluarganya baru saja mengajukan permohonan tunjangan rezeki dan bagaimana siswa berusia 17 tahun harus mengambil pekerjaan paruh waktu setiap musim panas untuk membantu orang tuanya memenuhi kebutuhan hidup.

Kisahnya yang luar biasa dibandingkan dengan film 'Good Will Hunting', di mana seorang jenius matematika otodidak yang bekerja sebagai petugas kebersihan di MIT dapat memecahkan masalah-masalah tingkat lanjut. Tapi kemudian, segalanya mulai menurun.

Pada tanggal 18 Juni, pelatih kompetisi Matematika terkenal Zhao Bin, yang telah berpartisipasi dalam kontes matematika Alibaba tiga kali dan berhasil mencapai final pada ketiga kesempatan tersebut, memposting di WeChat bahwa hasil luar biasa Jiang Ping dalam kontes tahun ini adalah 99,99% 'dibuat-buat'.

Dia begitu yakin dengan tuduhannya sehingga dia berjanji akan membayar sendiri biaya sekolah Jiang Ping jika dia terbukti jenius matematika sejati dan berhasil masuk universitas. Postingan Zhao menjadi viral dan membayangi citra cemerlang remaja berusia 17 tahun itu. Tapi itu hanyalah permulaan.

Dalam tuduhannya, Zhao Bin merujuk pada video di mana Jiang Ping menulis solusi soal matematika di papan tulis dari kertas coretan.

Pelatih matematika menunjukkan beberapa masalah dalam proses penyelesaian siswa berusia 17 tahun, termasuk 'domain definisi salah' dan 'simbol diferensiasi ditulis di tempat yang salah,' yang menurutnya menunjukkan bahwa dia tidak begitu familiar. dengan matematika dan dia baru saja menyalin solusinya.

Keesokan harinya, 39 peserta lain dalam Kompetisi Matematika Global Alibaba meluncurkan petisi yang meminta penyelenggara untuk menyelidiki kinerja Jiang Ping, merujuk pada beberapa masalah yang dikutip oleh Zhao Bin, serta penguasaan sempurna gadis berusia 17 tahun tersebut.

LaTex, sistem penyusunan huruf yang kompleks untuk dokumen ilmiah. Kemahirannya dalam LaTex bertentangan dengan kinerja buruknya dalam video saat dia memecahkan masalah di papan tulis dan menimbulkan pertanyaan tentang hasil kompetisinya. Ke-39 pemohon meminta penyelenggara untuk menyerahkan lembar jawaban gadis tersebut untuk ditinjau oleh finalis dan membuka penyelidikan pihak ketiga.

Profesor Universitas Peking, Yuan Xinyi, memposting analisis panjang lebar yang menjelaskan bahwa seorang siswa sekolah kejuruan yang bahkan tidak belajar matematika tidak mungkin menguasai LaTex hingga tingkat yang ditunjukkan dalam hasil tes Jiang Ping.

Lebih buruk lagi, dokumen yang bocor menunjukkan tes matematika lama yang diduga diambil oleh Jiang Ping di mana dia mendapat nilai rata-rata 83 poin dari 150.

Kontroversi seputar penampilan Jiang Ping pada tahap pertama Kompetisi Matematika Global Alibaba telah berkembang selama beberapa minggu terakhir, sebagian besar disebabkan oleh kurangnya komunikasi dari pihak penyelenggara.

Pada tanggal 27 Juni, pemerintah daerah di Provinsi Jiangsu mengonfirmasi bahwa penyelidikan sedang dilakukan, namun tidak ada yang lain. Rumor mengenai kinerja Jiang dan keterlibatan pelatihnya, Wang Runqiu, dalam dugaan kecurangannya telah merajalela di media sosial Tiongkok, dan sejauh ini tidak ada pihak yang terkena dampak yang mengungkapkannya.

Jian Ping baru-baru ini berpartisipasi dalam kompetisi matematika global tahap kedua yang membuatnya terkenal, namun dengan hasilnya yang baru dirilis pada bulan Agustus, kontroversi seputar penampilannya masih ada dan seluruh Tiongkok masih gelisah.

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #prestasi #memukau #diwarnai #keraguan #gadis #jenius #matematika #asal #pedesaan #dituduh #menyontek

KOMENTAR