Untuk Menyalurkan Bantuan, Pasukan AS Memulai Pembangunan di Gaza
Warga Palestina membawa balok-balok semen ke dermaga yang dapat digunakan untuk membawa bantuan kemanusiaan ke Gaza pada bulan Maret. Sumber Foto: Fatima Shbair/AP
11:48
26 April 2024

Untuk Menyalurkan Bantuan, Pasukan AS Memulai Pembangunan di Gaza

 - Mempercepat aliran bantuan kemanusiaan, pasukan Amerika Serikat (AS) telah memulai pembangunan dermaga maritim di lepas Pantai di wilayah Gaza.

“Saya dapat memastikan bahwa kapal militer AS, termasuk USNS Benavidez, telah mulai membangun tahap awal dermaga sementara dan jalan lintas di laut,” kata Mayjen Patrick Ryder kepada wartawan di kutip The Guardian.

Untuk diketahui, Patrick S. Ryder sendiri adalah seorang perwira militer Amerika dan mayor jenderal Angkatan Udara Amerika Serikat yang menjabat sebagai Sekretaris Pers Pentagon sejak 4 Agustus 2022.

Dilansir dari The Guardian, Jumat (26/4), sekitar 1.000 tentara AS akan mendukung upaya militer tersebut, termasuk di sel koordinasi di Siprus dan Israel.

Presiden AS, Joe Biden, telah memerintahkan pasukan untuk tidak menginjakkan kaki di pantai Gaza, pihak ketiga akan mengemudikan truk menyusuri dermaga menuju pantai.

Kekhawatiran mengenai risiko pasukan Amerika terjebak dalam konflik tersebut semakin ditekankan pada hari Kamis ketika muncul berita tentang serangan mortir di dekat daerah di mana dermaga tersebut akhirnya akan mendarat.

Tidak ada pasukan AS yang hadir, namun tim PBB yang memeriksa lokasi tersebut terpaksa berlindung.

Dalam sebuah pernyataan, militer Israel mengatakan akan memberikan dukungan keamanan dan logistik untuk dermaga tersebut dan brigade militer Israel, yang mencakup ribuan tantara.

Mereka akan bersama dengan kapal Angkatan Laut dan angkatan udara Israel, bekerja untuk melindungi pasukan AS yang sedang menyiapkan kapal.

Seorang pejabat senior militer AS mengatakan kepada wartawan bahwa AS berada di jalur yang tepat untuk mulai mengirimkan bantuan menggunakan pelabuhan dan dermaga baru pada awal Mei.

Pejabat tersebut mengatakan pengiriman melalui jalur laut pada awalnya akan berjumlah sekitar 90 truk per hari dan dapat dengan cepat meningkat menjadi sekitar 150 truk setiap hari.

 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #untuk #menyalurkan #bantuan #pasukan #memulai #pembangunan #gaza

KOMENTAR